Tiket Masuk Museum Angkut

Tiket Masuk Museum Angkut, Museum Transportasi Pertama di Asia 

Posted on

Harga tiket masuk Museum Angkut mungkin bisa dibilang cenderung mahal jika dibanding lokasi museum lain. namun, harga yang dibayarkan pengunjung tersebut, bisa dikatakan sepadang dengan apa yang bisa didapatkan. Ya, museum yang berlokasi di Kota Batu, Malang ini memang menawarkan pengalaman berkunjung ke museum yang berbeda dibanding lainnya.  

Review Sekilas Museum Angkut 

Museum Angkut Plus Movie Star Studio atau yang juga sering disebut sebagai Museum Angkut ini adalah museum transportasi modern yang memadukan seni budaya dengan konsep edukasi sekaligus hiburan. Tak salah jika kemudian tempat ini juga menjadi museum transportasi pertama di Indonesia bahkan di Asia sekalipun. Sejak pertama kali dibuka tahun 2014, lokasi ini pun langsung menarik minat banyak pengunjung.  

Museum seluas 3,8 hektar ini menyimpan sekitar 300 koleksi alat transportasi dari berbagai jenis. Mobil-mobil klasik menjadi objek yang paling banyak mengundang pengunjung. Namun koleksi di museum ini tak hanya sekedar alat transportasi jenis mobil saja, dan masih banyak alat transportasi tradisional dan modern lainnya. 

Soal fasilitas, museum ini menyediakan berbagai fasilitas yang bisa dimanfaatkan oleh para pengunjung. Sarana penunjang kenyamanan pengunjung di Museum Angkut Malang ini di antaranya adalah area parkir yang luas, shuttle car, tempat makan (zona Pasar Apung/ Food Court), ATM, loker, toilet, lift, musholla hingga Charging Station. Bisa dibilang, fasilitas yang disediakan pengelola untuk pengunjung di lokasi ini sangat lengkap. 

Hal Menarik di Museum Angkut 

Perlu Anda ketahui bahwa koleksi alat transportasi yang menjadi koleksi museum ini terbagi ke dalam beberapa zona berbeda. Berikut ini penjelasan tentang hal menarik yang ada di zona-zona tersebut: 

1. Ruangan Utama 

Zona dekat pintu utama ini memajang aneka koleksi alat transportasi dari waktu ke waktu. Di sini, pengunjung bisa melihat koleksi yang unik dan menarik mulai dari sepeda hingga aneka mobil dari mancanegara. Tak hanya itu, desain interior ruangan juga ikut membuat koleksi semakin menarik untuk disaksikan.  

2. Zona Sunda Kelapa dan Batavia 

Zona ini menampilkan pelabuhan Sunda Kelapa lengkap dengan miniatur kapal dari masa ke masa. Tak hanya itu, pengunjung juga dibawa merasakan suasana Batavia jaman dulu dengan detail yang layak diapresiasi. Dari sini, pengunjung pun bisa lebih mengenal seperti apa perjalanan sejarah ibukota.  

3. Zona Uni Eropa 

Koleksi di zona ini yang paling menarik adalah mobil-mobil klasik Inggris, salah satunya adalah jenis Land Rover yang pernah digunakan sebagai kendaraan utama parade Ratu Elizabeth II di Australia. Selain buatan Inggris, Zona Uni Eropa juga memuat sarana transportasi dari negara-negara seperti Jerman, Perancis dan Italia. Adanya miniatur Istana Buckingham juga menjadi hal yang paling menarik minat pengunjung di zona ini. 

4. Zona Gangster and Broadway 

Zona ini menampilkan tema gangster yang cukup mewakili bagaimana Chicago di Amerika Serikat pada tahun 1920-an. Di sini, pengunjung juga bisa menyimak bagaimana sepak terjang Al Capone yang menjadi salah satu gangster paling terkenal di masanya.   

5. Zona Hollywood 

Salah satu zona yang paling menarik adalah zona Hollywood yang memajang berbagai replika kendaraan box office. Yang paling populer salah satunya adalah Batmobile yang pastinya dikenal oleh pengunjung lintas generasi. Meskipun Batmobile sendiri ada banyak versi, namun menyaksikan dan berfoto bersama salah satunya tentu menjadi sebuah pengalaman berkesan. 

6. Zona Flight Training/ Simulator 

Jika dunia aviasi menjadi minat Anda, mungkin zona yang satu ini bisa jadi salah satu tempat yang wajib dikunjungi. Menariknya lagi, di sini pengunjung juga bisa menjajal simulasi atau training cara menerbangkan pesawat. Anda pun bisa merasakan bagaimana sensasi duduk di dalam kokpit pesawat. 

7. Zona Edukasi 

Museum juga menyediakan zona edukasi yang bisa dikunjung bersama keluarga dan anak-anak. Tenang saja, informasi edukatif disajikan dengan mudah dicerna sehingga pembelajaran terasa tetap menyenangkan bagi anak sekalipun. Ada pula zona Indonesian Heritage Museum yang memajang ribuan barang peninggalan dan koleksi senjata tradisional Indonesian 

8. Zona Pasar Apung Nusantara 

Bagi pengunjung yang memiliki minat kuliner, bisa masuk ke pasar Apung Museum Angkut Malang. Di sini, pengunjung dapat menyantap aneka kuliner khas Nusantara seperti bakso, gado-gado, nasi timbel bahkan rujak cingur. Tak hanya itu, pengujung juga bisa belanja souvenir hasil kerajinan khas yang ditawarkan mirip pasar atas air asli kota Balikpapan. 

Harga Tiket Masuk Museum Angkut 

Dengan pengalaman yang bisa didapatkan dari zona-zona di atas, sangat beralasan jika HTM ke museum ini sangat sepadan. Berikut ini rincian HTM Museum Angkut 

Jenis Tiket Weekday Weekend
Tiket Masuk Reguler Rp110.000 Rp110.000
Tiket Masuk Jatim Park 1+Museum Angkut Rp140.000 Rp160.000
Harga Tiket Masuk Periode 16 Desember 2022-5 Januari 2023
Tiket Masuk Reguler Rp110.000 Rp110.000
Tiket Masuk Jatim Park 1+Museum Angkut Rp160.000 Rp160.000

Perlu Anda ketahui bahwa meskipun Museum Angkut ini buka setiap hari, namun jam operasionalnya ada pada siang hari. Sehingga mungkin Anda perlu menyesuaikan jadwal kedatangan Anda terlebih dahulu. Museum Angkut Malang dibuka setiap hari mulai pukul 12.00 – 20.00 WIB 

Lokasi Museum Angkut 

Museum Angkut ini beralamat di Jl. Terusan Sultan Agung No.2, Batu, Kota Batu, Jawa Timur, Indonesia, 65314. Anda bisa menggunakan sarana angkutan umum maupun kendaraan pribadi untuk sampai ke alamat tersebut. Dari Terminal Batu, Anda bisa pilih angkutan umum yang berwarna merah jingga (kode BNK) untuk bisa langsung menuju ke Museum Angkut Malang. 

Akhir Kata 

Apakah harga tiket masuk Museum Angkut di atas mahal? Sepertinya, biaya yang harus Anda keluarkan untuk menyaksikan koleksi yang sedemikian banyak, museum transportasi pertama di Asia sekaligus sarana pembelajaran yang menyenangkan cukup layak ditebus dengan harga tiket masuk tersebut. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *