Tiket Masuk Museum Galeri Nasional Indonesia

Harga Tiket Masuk Museum Galeri Nasional Indonesia Ramah Kantong

Posted on

Bisa jadi, harga tiket masuk Museum Galeri Nasional Indonesia adalah informasi yang Anda butuhkan. Faktanya, masih ada banyak hal menarik lain yang perlu Anda tahu. Mulai dari lokasi, koleksi, serta apa saja kegiatan di sana.

Memang, banyak orang mengisi waktu libur dengan berwisata, seperti misalnya pergi ke pantai eksotis. Namun, tidak sedikit yang lebih suka wisata edukasi, contohnya dengan mengunjungi museum. Museum Galeri Nasional adalah salah satu tempat yang layak Anda masukkan dalam agenda liburan.

Mengenal Isi Dan Harga Tiket Masuk Museum Galeri Nasional Indonesia

Salah satu destinasi wisata edukasi yang sangat menarik adalah Museum Galeri Nasional di Jakarta. Tempat ini buka setiap hari pukul 09.00 – 16.00, kecuali hari senin. Lantas Apa saja yang perlu pengunjung ketahui?

1. Sejarah Bangunan Museum

Sebenarnya, bangunan museum telah berdiri sejak sekitar tahun 1900-an dan merupakan gedung sekolah dan asrama sebuah yayasan Belanda. Namun, kemudian muncul larangan segala sesuatu yang berkaitan dengan Belanda.

Wisata Lainnya:  Tiket Masuk Coban Rondo, Destinasi Wisata Hits Warga Malang

Berikutnya, sejarah bangunan ini pun berlanjut dan sempat berpindah pengelolaan beberapa kali. Sampai pada akhirnya menjadi museum galeri yang sekarang ini. 

2. Beberapa Koleksi Yang Memikat

Sebagai sebuah museum sekaligus galeri, tentu saja isinya adalah berbagai karya seni dua dimensi, tiga dimensi, hingga instalasi. Adapun beberapa koleksi yang ikonik yaitu:

  • Loro Blonyo yang merupakan patung karya Hendrawan Riyanto.
  • Anungga Rungga, yaitu suatu bentuk karya instalasi unik perpaduan wayang dan seni abstraksi.
  • Pasangan, ini juga merupakan karya seni patung. Pembuatnya adalah Wiyoso Yudoseputro.
  • Kapal Karam Dilanda Badai, sebuah lukisan karya Raden Saleh.
  • Istriku, yang juga merupakan sebuah bentuk seni lukis. Pelukisnya yaitu Dullah yang terkenal dengan karya romantis.
  • Potret Diri, yaitu lukisan karya Hariadi Selobinangun.

Tentu saja masih banyak karya seni lain yang melengkapi museum galeri ini. bahkan tercatat jumlahnya mencapai sekitar 1875 item. Banyak, bukan? Kesemuanya secara artistik menghiasi berbagai ruangan yang ada.

3. Ruangan Yang Ada

Museum ini memiliki beberapa ruangan dengan fungsi yang berbeda. Adapun beberapa di antaranya adalah:

  • Ruang untuk pameran tetap, yang memajang berbagai karya seni.
  • Museum ini juga memiliki ruangan yang berfungsi untuk mengadakan seminar. Ruangan tersebut cukup luas, bahkan bisa menampung 200-an orang.
  • Ada juga ruang pameran temporer yang berguna ketika mengadakan berbagai kegiatan berkala.
  • Selain itu, museum galeri ini juga memiliki ruangan perpustakaan dan laboratorium.
Wisata Lainnya:  Tiket Masuk Museum Geologi Bandung Wisata Sejarah Rekomendasi

4. Aktivitas Museum

Melihat berbagai ruangan yang ada, tampak bahwa museum ini memiliki kegiatan yang aktif dan dinamis. Adapun berbagai kegiatan yang ada adalah:

  • Mengadakan pameran tetap, yaitu memajang berbagai hasil seni, di antaranya 109 karya yang disahkan menjadi koleksi negara.
  • Pameran temporer, yaitu sebuah sajian berbagai seni secara tematis dan hanya berlangsung dalam kurun waktu tertentu.
  • Selanjutnya, ada juga kegiatan workshop sebagai sebuah bentuk edukasi masyarakat terhadap seni. Biasanya peserta workshop akan belajar membuat sebuah karya.
  • Museum juga mengadakan pameran keliling secara berkala. Adapun pameran ini biasanya berpindah dari daerah satu ke lainnya.
  • Berikutnya adalah kegiatan berbagai seminar serta diskusi yang terkait dengan seni. Tentru menarik jika sudah bosan liburan di rumah saja.

5. Lokasi Dan Rute

Museum Galeri ini bertempat di Jl. Medan Merdeka Tim Nomor 14, Gambir, Jakarta Pusat. Atau bisa melihat peta ini. Adapun rute perjalanan menuju ke sana adalah:

Jika menggunakan KRL, turunlah di Stasiun Gondangdia. Kemudian teruskan perjalanan menggunakan Kopaja P20, jurusan Pasar Senen. Lanjutkan perjalanan hingga jembatan penyeberangan di Stasiun Gambir.

Wisata Lainnya:  Tiket Masuk Kebun Raya Bedugul, Objek Wisata Keluarga di Bali

Ada juga pilihan menggunakan busway, yaitu dengan menggunakan Transjakarta jurusan kampung melayu-harmoni dan turun ketika sampai di Halte Gambir. Dari sana cukup berjalan kaki menuju museum Galeri.

6. Harga Tiket Masuk Museum Galeri Nasional Indonesia

Sudah memutuskan untuk berkunjung? Mungkin harga tiketnya menjadi pertanyaan. Tidak perlu khawatir, karena pihak pengelola tidak memungut biaya tiket, alias gratis. Hanya saja ada biaya parkir, yaitu:

  • Parkir untuk motor seharga Rp 4.000
  • Tarif parkir untuk mobil Rp 8.000

7. Tips Saat Berkunjung

Mengunjungi museum galeri ini pasti menyenangkan, karena ada berbagai karya seni artistik di sana. Namun agar nyaman, perhatikan beberapa hal di bawah ini.

  • Jika ingin lebih leluasa, datanglah pada hari kerja, karena biasanya pengunjung lebih sedikit daripada ketika weekend.
  • Jagalah ketenangan, karena para penikmat seni lebih menyukai suasana tenang.
  • Jangan sampai anak-anak lepas dari pengawasan.

Akhir Kata

Harga tiket masuk Museum Galeri Nasional Indonesia adalah salah satu hal yang tidak perlu Anda khawatirkan ketika akan berkunjung ke sana. Namun, meskipun gratis, pengalaman melihat karya artistik sangatlah berharga.

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *