Wisata Lombok Selain Pantai: Menikmati Keindahan Nusa Tenggara Barat

Posted on

Lombok merupakan salah satu destinasi wisata yang terkenal dengan keindahan pantainya. Namun, ternyata Lombok juga memiliki banyak tempat wisata menarik selain pantai. Berikut ini adalah beberapa wisata Lombok selain pantai yang bisa Anda kunjungi saat berlibur ke Nusa Tenggara Barat.

1. Air Terjun Sendang Gile

Salah satu wisata alam Lombok yang sangat populer adalah Air Terjun Sendang Gile. Air terjun yang terletak di desa Senaru, Lombok Utara ini memiliki ketinggian sekitar 30 meter. Selain menikmati keindahan air terjun, Anda juga bisa melakukan trekking di sekitar area tersebut.

2. Desa Sade

Desa Sade merupakan desa adat yang terletak di Lombok Tengah. Desa ini terkenal dengan rumah adatnya yang terbuat dari anyaman bambu dan atap alang-alang. Di desa ini, Anda bisa belajar tentang budaya Sasak dan melihat langsung cara hidup masyarakatnya.

3. Gili Trawangan

Gili Trawangan merupakan salah satu pulau yang terletak di sebelah barat Lombok. Pulau ini terkenal dengan keindahan alam bawah lautnya yang memukau. Anda bisa melakukan snorkeling atau diving di sini untuk melihat keindahan terumbu karang dan ikan-ikan yang beraneka ragam.

4. Bukit Selong

Bukit Selong adalah salah satu tempat wisata Lombok yang menawarkan pemandangan indah dari ketinggian. Dari sini, Anda bisa melihat keindahan panorama Lombok Timur yang sangat memukau. Jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan momen Anda di sini.

5. Desa Beleq

Desa Beleq merupakan desa adat yang terletak di Lombok Barat. Desa ini masih mempertahankan tradisi dan budaya Sasak yang kental. Di sini, Anda bisa melihat langsung rumah adat dan berinteraksi dengan masyarakat setempat.

Wisata Lainnya:  Wisata Gosari - Menikmati Keindahan Alam Di Tengah Kota

6. Taman Wisata Pusuk Sembalun

Taman Wisata Pusuk Sembalun merupakan tempat wisata Lombok yang menawarkan pemandangan alam yang indah. Dari sini, Anda bisa melihat hamparan hutan dan pegunungan yang sangat memukau. Selain itu, Anda juga bisa menemukan banyak monyet yang berkeliaran di sekitar area tersebut.

7. Air Terjun Jeruk Manis

Terletak di Lombok Barat, Air Terjun Jeruk Manis menawarkan pemandangan alam yang indah. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 20 meter dan airnya sangat jernih. Anda juga bisa berenang di kolam air terjun ini.

8. Gunung Rinjani

Gunung Rinjani merupakan gunung tertinggi kedua di Indonesia setelah Gunung Kerinci. Gunung ini terletak di Lombok Utara dan menawarkan panorama alam yang sangat indah. Anda bisa melakukan pendakian ke puncak gunung ini untuk melihat keindahan alam dari ketinggian.

9. Bukit Merese

Bukit Merese merupakan tempat wisata Lombok yang menawarkan pemandangan pantai yang indah. Dari sini, Anda bisa melihat keindahan pantai Tanjung Aan yang sangat memukau. Jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan momen Anda di sini.

10. Danau Segara Anak

Terletak di Gunung Rinjani, Danau Segara Anak menawarkan pemandangan danau yang sangat indah. Danau ini memiliki kedalaman sekitar 200 meter dan airnya sangat jernih. Jangan lupa membawa peralatan camping jika ingin bermalam di sekitar danau ini.

11. Desa Sukarara

Desa Sukarara merupakan desa yang terkenal dengan tenun ikatnya yang sangat indah. Di sini, Anda bisa melihat langsung proses pembuatan tenun ikat dan membeli souvenir khas Lombok.

12. Pura Lingsar

Pura Lingsar merupakan salah satu pura yang terkenal di Lombok. Pura ini merupakan tempat ibadah umat Hindu dan juga tempat persembahan bagi umat Muslim. Di sini, Anda bisa belajar tentang keberagaman agama yang ada di Lombok.

13. Taman Narmada

Taman Narmada merupakan taman yang terletak di Lombok Barat. Taman ini didirikan pada tahun 1727 oleh Raja Mataram Lombok dan menawarkan pemandangan alam yang indah. Di sini, Anda juga bisa menemukan kolam renang yang terbuat dari batu vulkanik.

14. Desa Bayan

Desa Bayan merupakan salah satu desa adat yang terletak di Lombok Utara. Desa ini terkenal dengan rumah adatnya yang terbuat dari kayu dan bambu. Di sini, Anda bisa belajar tentang kebudayaan Sasak dan melihat langsung cara hidup masyarakatnya.

Wisata Lainnya:  Cara Menggambar Tempat Wisata yang Mudah

15. Puncak Pusuk

Puncak Pusuk merupakan tempat wisata Lombok yang menawarkan pemandangan alam yang indah. Dari sini, Anda bisa melihat hamparan hutan dan pegunungan yang sangat memukau. Selain itu, Anda juga bisa menemukan banyak monyet yang berkeliaran di sekitar area tersebut.

16. Pantai Mawun

Pantai Mawun merupakan salah satu pantai yang terletak di Lombok Tengah. Pantai ini menawarkan keindahan alam yang sangat memukau. Pasir putihnya yang halus dan air lautnya yang jernih membuat pantai ini sangat cocok untuk berenang atau bersantai.

17. Desa Kuta

Desa Kuta merupakan desa yang terkenal dengan pantainya yang indah. Di sini, Anda bisa menemukan banyak penginapan dan restoran yang menyajikan makanan khas Lombok. Jangan lupa mencicipi ayam taliwang yang merupakan makanan khas Lombok.

18. Taman Wisata Alam Kerandangan

Taman Wisata Alam Kerandangan merupakan tempat wisata Lombok yang menawarkan pemandangan alam yang indah. Di sini, Anda bisa melakukan trekking atau hiking menikmati keindahan alam sekitar.

19. Pura Batu Bolong

Pura Batu Bolong merupakan salah satu pura yang terkenal di Lombok. Pura ini terletak di atas bukit dan menawarkan pemandangan laut yang sangat indah. Di sini, Anda bisa berfoto dengan latar belakang pemandangan laut yang memukau.

20. Desa Rambitan

Desa Rambitan merupakan desa adat yang terletak di Lombok Selatan. Di sini, Anda bisa melihat langsung cara hidup masyarakat Sasak dan budaya yang mereka pertahankan. Selain itu, Anda juga bisa membeli souvenir khas Lombok di sini.

21. Gunung Sari Weaving Village

Gunung Sari Weaving Village merupakan tempat wisata Lombok yang menawarkan pemandangan indah dari ketinggian. Di sini, Anda bisa melihat langsung proses pembuatan kain tenun ikat yang sangat indah dan membeli souvenir khas Lombok.

22. Desa Tetebatu

Desa Tetebatu merupakan desa yang terletak di Lombok Timur. Di sini, Anda bisa menikmati keindahan panorama pegunungan dan sawah yang sangat memukau. Selain itu, Anda juga bisa melihat langsung cara hidup masyarakat Sasak di sini.

23. Bukit Sembalun

Bukit Sembalun adalah salah satu tempat wisata Lombok yang menawarkan pemandangan indah dari ketinggian. Dari sini, Anda bisa melihat keindahan panorama Lombok Utara yang sangat memukau. Jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan momen Anda di sini.

Wisata Lainnya:  Wisata Gunung Leutik Bogor: Nikmati Keindahan Alam dan Sejarahnya

24. Desa Loyok

Desa Loyok merupakan desa yang terkenal dengan kerajinan anyamannya yang sangat indah. Di sini, Anda bisa melihat langsung proses pembuatan kerajinan anyaman dan membeli souvenir khas Lombok.

25. Pura Agung Gunung Sari

Pura Agung Gunung Sari merupakan salah satu pura yang terkenal di Lombok. Pura ini terletak di atas bukit dan menawarkan pemandangan laut yang sangat indah. Di sini, Anda bisa berfoto dengan latar belakang pemandangan laut yang memukau.

26. Desa Pringgasela

Desa Pringgasela merupakan desa yang terkenal dengan tenun ikatnya yang sangat indah. Di sini, Anda bisa melihat langsung proses pembuatan tenun ikat dan membeli souvenir khas Lombok.

27. Air Terjun Benang Kelambu

Terletak di Lombok Utara, Air Terjun Benang Kelambu menawarkan pemandangan alam yang indah. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 20 meter dan airnya sangat jernih. Anda juga bisa berenang di kolam air terjun ini.

28. Desa Ende

Desa Ende merupakan desa yang terkenal dengan kopi Lomboknya yang sangat lezat. Di sini, Anda bisa melihat langsung proses pembuatan kopi Lombok dan membeli kopi khas Lombok sebagai oleh-oleh.

29. Desa Sembalun Lawang

Desa Sembalun Lawang merupakan desa yang terletak di kaki Gunung Rinjani. Di sini, Anda bisa menikmati keindahan panorama pegunungan dan sawah yang sangat memukau. Selain itu, Anda juga bisa membeli sayur mayur segar yang dihasilkan oleh masyarakat setempat.

30. Taman Mayura

Taman Mayura merupakan taman yang terletak di Mataram. Taman ini terkenal dengan kolamnya yang indah dan merupakan salah satu tempat wisata favorit di Lombok. Jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan momen Anda di sini.

Kesimpulan

Lombok memiliki banyak tempat wisata menarik selain pantai yang bisa Anda kunjungi saat berlibur ke Nusa Tenggara Barat. Dari wisata alam, wisata budaya, hingga wisata kuliner, semuanya bisa Anda temukan di Lombok. Jangan lupa untuk mempersiapkan diri dengan baik sebelum berkunjung ke tempat-tempat wisata tersebut.

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *