Tiket Masuk Gembira Loka

Tiket Masuk Gembira Loka, Kebun Binatang Seru Untuk Liburanmu

Posted on

Hampir setiap kota-kota besar di Indonesia memiliki kebun binatang mereka masing-masing. Contohnya Surabaya dengan Kebun Binatang Surabaya dan Bandung dengan Kebun Binatang Bandung.

Nah tak mau ketinggalan, Yogyakarta pun juga memiliki kebun binatang mereka sendiri yaitu Gembira Loka. Tempat yang satu ini selalu jadi primadona destinasi wisata bagi masyarakat sekitar ketika musim liburan tiba.

Nah buat kalian yang mungkin punya rencana liburan ke Jogja, mungkin bisa sempatkan mampir. Berikut informasi seputar harga tiket masuk Gembira Loka, jam buka beserta daya tariknya bagi wisatawan.

Informasi Seputar Gembira Loka

Kebun binatang yang satu sudah direncakanan untuk dibangun sejak tahun 1933 oleh Sri Sultan Hamengkubuwono VIII sebagai tempat wisata hiburan bagi masyarakat.

Dan kemudian akhirnya rencana tersebut berhasil direalisasikan oleh Sri Sultan Hamengkubuwono IX dibantu seorang arsitek Belanda yakni Ir. Karsten.

Meski pembangunannya sendiri sempat terhenti dan baru di tahun 1953 dilanjutkan kembali. Hingga pada akhirnya di tahun 1956 Kebun Binatang Gembira Loka tersebut dibuka untuk umum.

Dibangun diatas lahan seluas 22 hektar, ada lebih dari 100 spesies satwa yang hidup disana. Selain itu tempat tersebut juga menjadi kawasan konservasi untuk 61 spesies tumbuhan langka.

Harga Tiket Masuk Gembira Loka

Kebun Binatang ini menerapkan tarif tiket masuk yang berbeda untuk hari biasa dan weekend. Berikut daftarnya :

Wisata Lainnya:  Menikmati Wisata di Caruban, Destinasi Wisata yang Wajib Dikunjungi
Hari Harga Tiket
Weekday (Senin sd Kamis) Rp 60.000
Weekend (Sabtu, Minggu) dan Hari Libur Rp 75.000

Selain tiket masuk, bagi yang ingin mencoba berbagai wahana yang ada di kebun binatang tersebut juga dikenakan biaya tambahan sebagai berikut :

Wahana Harga Tiket
Tiket Gajah Tunggang Rp35.00,00
Tiket ATV Rp20.00,00
Tiket Zoo Express Rp10.00,00
Tiket Ninebot Rp20.00,00
Tiket Taring Rp8.00,00
Tiket Katamaran Rp10.00,00
Tiket Perahu Kayuh Rp20.00,00
Tiket Bumper Boat Rp20.00,00
Tiket Speed Boat Rp20.00,00
Tiket Kolam Tangkap Rp10.00,00
Tiket Terapi Ikan Rp20.00,00

Jam Buka Gembira Loka

Kebun Binatang Gembira Loka ini buka setiap hari KECUALI hari JUMAT TUTUP. Jam operasionalnya sendiri mulai dari pukul 08.30 sampai dengan 16.00 WIB.

Jika kalian ingin berkunjung disana, disarankan saat musim panas atau kemarau agar tidak terguyur hujan dan bisa menikmati semua wahana yang ada disana.

Wahana dan Daya Tarik Gembira Loka

Jika kalian berkunjung ke kebun binatang Gembira Loka, ada banyak aktivitas seru yang bisa kalian lakukan.

Karena disana ada berbagai macam wahana permainan yang menarik, jadi bukan hanya melihat-lihat satwa saja.

  • Area Primata

Ketika memasuki pintu utama dari kebun binatang Gembira Loka, kalian akan langsung disambut oleh Area Primata.

Sebuah kawasan yang berisi berbagai macam primata seperti orangutan, sipanse dan juga bekantan.

  • Taman Reptil dan Amphibi

Area berkutnya yang bisa kalian temukan yaitu Taman Reptil dan Amphibi. Disana ada berbagai macam satwa seperti ular, komodo, buaya, kura-kura hingga bunglon.

  • Akuarium

Lalu ada juga sebuah kawasan yang dikhususkan untuk biota air tempat berada di sebelah taman reptil. Disana ada banyak sekali jenis ikan mulai dari piranha, tomang, arapaima, oscar dan juga belida.

  • Taman Burung
Wisata Lainnya:  Wisata Cipendok: Menikmati Keindahan Alam yang Menakjubkan

Tak lupa juga ada area yang dirancang untuk menampung berbagai macam burung di dalam sebuah kandang besar. Ada beberapa jenis kandang yang bisa kalian temukan mulai dari dome, lory kingdom, kandang elang hingga burung air.

  • Zona Cakar

Scratch Zone merupakan sebuah area baru yang dibuka pada tahun 2019. Kawasan ini berisi binatang karnivora yang berasal dari berbagai negara.

  • Zona Edukasi hewan

Bagi yang ingin belajar banyak hal tentang hewan, maka bisa datang ke kawasan yang satu ini. Disana akan ada petugas yang menjelaskan dan memberikan informasi seputar satwa.

  • Petting Zoo

Ingin berinteraksi langsung dengan hewan? Zona ini wajib banget kalian kunjungi. Di Petting Zoo, kalian bisa bersentuhan langsung dengan berbagai macam satwa seperti domba, kuda, kelinci, kura-kura dan masih banyak lagi yang lainnya.

  • Wahana Permainan

Selain itu, ada juga banyak wahana permainan seru di Kebun Binatang Gembira Loka yang wajib kalian coba. Pastinya akan membuat liburan bersama teman dan keluarga kalian jadi makin seru.

  • Taman Labirin

Sebuah taman berisi tanaman hijau yang dibentuk layaknya sebuah labirin. Kalian bisa bermain disana bersam dengan kawan untuk mencari jalan keluar dari labirin tersebut. Siapa yang lebih dulu, maka ia yang akan menang.

  • Wahana Air

Bagi yang ingin bermain di area air, maka ada beberapa wahana yang bisa kalian coab. Diantaranya seperti perahu kayuh, skuter air, perahu dayung, perahu getek dan yang lainnya.

  • Hewan Tunggang
Wisata Lainnya:  Wisata Air di Klaten: Menikmati Keindahan Alam dengan Segar

Bagi yang ingin pengalaman tak biasa, maka bisa mencoba beberapa wahana hewan tunggang di kebun binatang Gembira Loka. Diantaranya ada gajah, unta dan juga kuda poni yang bisa kalian naiki.

Dan jangan khawatir, karena tentu kalian akan dipandu oleh seseorang yang sudah profesional. Jadi akan sangat aman bahkan untuk anak-anak sekalipun.

Alamat dan Rute Menuju Gembira Loka

Kebun binatang yang satu ini beralamatkan di Jl. Kebun Raya, Rejowinangun, Kecamatan Kotagede, Kota Yogyakarta dekat dengan Stasiun Lempuyangan dan Situs Warungboto, Link Google Maps Disini.

Lokasinya tak terlalu jauh hanya sekitar 4km dari Stasiun Lempuyangan. Kalian bisa menjangkaunya dengan kendaraan pribadi dengan waktu tempuh sekitar 10 menit saja.

Kesimpulan

Demikian informasi mengenai harga tiket masuk Gembira Loka, jam operasional serta wahana menarik yang ada di kebun binatang tersebut.

Kalian bisa mengajak keluarga dan anak-anak untuk datang mengunjungi kebun binatang ini. Selain bisa belajar banyak hal tentang satwa, disana juga ada berbagai wahana permainan seru yang bisa kalian coba.

Semoga informasi wisata diatas bisa membantu dan juga bermanfaat bagi kita semua. Nantikan update artikel menarik lainnya seputar dunia wisata yang pastinya akan sangat berguna bagi liburan kalian.

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *