Tiket Masuk Kebun Raya Cibodas

Tiket Masuk Kebun Raya Cibodas, Jam Buka dan Daya Tariknya

Posted on

Jawa Barat merupakan salah satu provinsi yang terkenal dengan botanical gardennya. Salah satu yang pasti sudah tidak asing bagi masyarakat Indonesia adalah Kebun Raya Bogor.

Namun selain itu, ternyata masih ada satu lagi botanical garden di Jawa Barat yang tak kalah keren lho, namanya Kebun Raya Cibodas.

Ini merupakan sebuah taman konservasi sekaligus rekreasi bagi keluarga yang menarik untuk kalian kunjungi saat musim liburan tiba.

Ingin tahu lebih lanjut? Simak informasi harga tiket Kebun Raya Cibodas, jam operasional serta tempat menarik yang bisa kalian kunjungi.

Informasi Seputar Kebun Raya Cibodas

Dibangun pada tahun 1852 oleh Johannes Ellias Teijsmann, ia merupakan seorang kurator Kebun Raya Bogor pada saat itu.

Dulunya, pembangunan tempat ini dimaksukan sebagai aklimatisasi jenis tumbuhan dari luar negeri yang punya nilai penting dan ekonomi tinggi.

Kemudian ia terus berkembang dan menjadi bagian dari Kebun Raya Bogor dan dinamakan sebagai Kebun Raya Cibodas

Harga Tiket Masuk Kebun Raya Cibodas

Berapa harga tiket masuk ke Kebun Raya Cibodas? Tarif retribusi tiketnya sendiri berbeda-beda, berikut daftarnya untuk kalian.

Hari Domestik Asing Sepeda
Senin sd Jumat Rp 15.500 RP 15.500 Rp 15.000
Sabtu, Minggu dan Hari Libur Nasional Rp 25.500 Rp 25.500 Rp 20.000
Parkir Mobil Rp 35.000
Parkir Motor RP 5.000

Jam Buka Kebun Raya Cibodas

Kemudian untuk jam operasionalnya dibedakan menjadi 2, yaitu ketika weekday dan juga weekend serta hari libur nasional.

Untuk hari biasa Senin sd Jumat, Kebun Raya Cibodas buka mulai dari pukul 08.00 sampai dengan 16.00 WIB.

Sedangkan untuk weekend Sabtu Minggu dan Hari Libur Nasional, buka mulai dari pukul 07.00 sampai dengan 16.00 WIB.

Tempat Menarik di Kebun Raya Cibodas

Ada begitu banyak area yang berbeda untuk kalian kunjungi di Kebun Raya Cibodas. Masing-masing memiliki spesialisasi mereka sendiri dan begitu menarik. Apa saja ya?

  • Taman Sakura

Kebun Raya Cibodas punya 7 jenis bunga sakura mulai dari Prunus cerasoides, Prunus yedoensis, Prunus yamasakura, Prunus lannesiana, Prunus sp, Prunus arborea dan Prunus costata.

Bunga Sakura tersebut biasanya bisa mekar 2 kali dalam satu tahun yaitu sekitar bulan Januari – Februari dan juga Juli – Agustus. Kalian bisa datang pada waktu-waktu tersebut apabila ingin melihat indahnya bunga sakura mekar.

  • Taman Rhododendron

Diresmikan pada tahun 2002, di lahan seluas 5000 meter persegi ada banyak jenis bunga Rhododendron yang ditanam disini. Orang Indonesia mungkin lebih mengenalnya dengan nama Azalea.

  • Taman Obat

Area ini memiliki luas kurang lebih 3000 meter persegi digunakan untuk mengoleksi berbagai macam tanaman obat. Sampai saat ini kurang lebih ada 164 jenis tanaman oleh di Kebun Raya Cibodas.

  • Taman Lumut

Kawasan unik yang satu ini juga tak boleh kalian lewatkan. Dibangun pada tahun 2004 namun baru diresmikan di tahun 2006, dengan luas 1500 meter persegi dirancang sbeagai habitat lumut.

  • Rumah Kaca

Tempat menarik lain yang juga wajib kalian kunjungi adalah Rumah Kaca. Sebuah area yang digunakan untuk menyimpan tanaman indoor seperti kaktus, anggrek, sukulen dan lainnya.

  • Koleksi Paku-Pakuan

Kurang lebih ada 101 jenis tanaman paku pakuan yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Fungsinya pun beragam ada yang dipakai untuk pangan, tanaman hias, kerajinan tangan bahkan untuk obat.

  • Kolam Besar

Sebuah kolam besar yang dikelilingi dengan pegunungan dan pohon di area sekitarnya. Banyak pengunjung yang datang ke tempat ini untuk duduk bersantai atau berfoto ria.

  • Air Terjun Ciismun

Di Kebun Raya Cibodas, kalian juga bisa mendapati sebuah air terjun dengan ketinggian mencapai 25 meter lho. Mengalir melewati 2 bukit besar menjadikan tempat ini sebagai salah satu spot terbaik untuk santai.

  • Air Terjun Cibogo

Selain air terjun Ciismun, ada satu lagi air terjun yang ada di kawasan Kebun Raya Cibodas. Tingginya kurang lebih 15 sampai 18 meter dan terdapat kolam kecil di bagian bawahnya.

Alamat dan Rute Menuju Kebun Raya Cibodas

Lokasi dari kebun raya ini ada di Jl. Kebun Raya Cibodas, Sindangjaya, Kec. Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, 43253, Cek Google Maps Disini.

Butuh perjalanan sekitar 90 menit jika kalian dari arah Jakarta dan melalui Jalur Bogor-Puncak dan lewat Cianjur.

Kesimpulan

Demikian informasi mengenai harga tiket masuk Kebun Raya Cibodas. Catat juga jam operasional beserta tempat-tempat menarik yang bisa kalian kunjungi.

Jangan lupa juga untuk selalu menantikan update artikel menarik lainnya seputar dunia wisata yang pasti akan sayang apabila kalian lewatkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *