Tiket Masuk Kebun Raya Bogor

Tiket Masuk Kebun Raya Bogor, Botanical Garden Terbesar di Indonesia

Posted on

Hampir semua masyarakat Indonesia pasti pernah mendengar nama Kebun Raya Bogor. Salah satu Botanical Garden terbesar di Indonesia ini memang sangat terkenal dan seringkali dijadikan sebagai destinasi liburan.

Nah buat kalian yang mau berkunjung ke Kebun Raya Bogor, cek terlebih dahulu harga tiket masuk, jam oprasional, fasilitas serta rute perjalanan yang bisa dilalui.

Informasi Seputar Kebun Raya Bogor

Sejarah Kebun Raya Bogor ini dimulai sebagai seuah kebun tempat percoban bagi tanaman perkebunan yang akan diperkenalkan di Hindia Belanda.

Namun kemudian para perkembangannya, Kebun Raya Bogor ini justru mengawali perkembangan ilmu pengetahuan khususnya di bidang botani.

Sekarang, ia menjadi sebuah kawasan konservasi alam yang telah berusia lebih dari 204 tahun. Denga koleksi lebih dari 15.000 spesies pohon dan 300 spesies tanaman anggrek yang tumbuh di area seluas 87 hektar.

Harga Tiket Masuk Kebun Raya Bogor

Untuk biaya retribusi Kebun Raya Bogor bervariasi tergantung waktu berkunjung kalian. Untuk informasi lebih lengkap, simak daftarnya berikut in.

Senin sd Jumat

Jenis Tiket Harga Tiket
Wisatawan Domestik Rp 16.500
Wisatawan Asing Rp 16.500
Sewa Sepeda Rp 15.000

Sabtu, Minggu dan Hari Libur Nasional

Jenis Tiket Harga Tiket
Wisatawan Domestik Rp 26.500
Wisatawan Asing Rp 26.500
Sewa Sepeda Rp 20.000
Wisata Lainnya:  Wana Wisata Mojosemi: Destinasi Wisata Alam yang Menarik di Jawa Tengah

Biaya Parkir

Jenis Kendaraan Biaya Parkir
Motor Rp 5.000
Mobil Rp 50.000

Jam Buka Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor beroperasi di waktu yang berbeda untuk hari-hari Weekday dan Weekend. Untuk hari Senin sampai Jumat, KRB buka mulai dari jam 08.00 hingga 16.00 WIB.

Kemudian untuk hari Sabtu, Minggu dan juga Libur Nasional, Kebun Raya Bogor buka mulai dari jam 07.00 sampai jam 16.00 WIB

Fasilitas dan Tempat Menarik di Kebun Raya Bogor

Dengan luas kawasan mencapai 87 hektar, Kebun Raya Bogor terbagi menjadi banyak macam area dengan keunikannya masing-masing.

Pengunjung bisa memilih area mana yang ingin mereka kunjungi nantinya. Untuk lebih jelasnya, simak informasi lengkapnya berikut ini.

  • Taman Teijsmann

Dibangun pada tahun 184 oleh Dr Melchior Treub sebagai bentuk penghargaan terhadap Johannes Elias Teijsman atas jasanya dalam pembangunan Kebun Raya Bogor.

  • Taman Soedjana Kassan

Taman ini dibangun pada tahun 1985 sebagai penghargaan terhadap Sudjana salah satu kurator di Kebun Raya Bogor. Daya tarik dari taman ini mulai dari areanya yang hijau serta berbagai tanaman bunga yang indah.

  • Taman Orchidarium

Sebuah taman dengan koleksi tanaman anggrek hidup. Dijadikan sebagai area konservasi sekaligus penelitian tanaman anggrek. Pemandangan yang disajikan pun juga sangat indah.

  • Taman Obat

Kawasan di Kebun Raya Bogor yang dikhsusnya untuk penelitian dan konservasi tanaman obat. Ada ratusan jenis tanaman obat yang bisa kalian temukan dan pelajari di tempat tersebut.

  • Taman Nepenthes
Wisata Lainnya:  Wisata Pantai Sukabumi - Surga Tersembunyi di Jawa Barat

Taman konservasi binaan Pertamina yang ada di wilayah Kebun Raya Bogor. Disana ada beberapa jenis tanaman Nepenthes seperti Nepenthes mirabilis, Nepenthes reinwardtiana, Nepenthes ampullaria, Nepenthes gracilis, Nepenthes xhookeriana, Nepenthes sumatrana, dan Nepenthes rafflesiana.

  • Taman Meksiko

Untuk taman yang satu ini penuh dengan koleksi kaktus dengan lebi dari 100 jenis spesies. Kebanyakan didatangkan dari Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Umumnya tanaman tersebut digunakan sebagai hiasan karena kemampuan adaptasinya dengan lingkungan yang bagus.

  • Taman Durian

Taman yang berfungsi sebagai tempat konservasi sekaligus memperkenalkan berbagai macam durian asli Indonesia.

Contohnya seperti Durian Lai Mas yang berasal dari Kalimantan. Bagi kalian para pecinta raja buah tersebut, wajib datang mengunjungi kawasan ini.

  • Taman Bambu

Seperti namanya, kawasan yang satu ini berisi berbagai macam koleksi tanaman bambu. Contohnya yang cukup terkenal seperti Dendrocalamus gigantius Munro dan Dendrocalamus asper (schult).

  • Taman Astrid

Dibangun di tahun 1929 sebagai upaya penyambutan Ratu Astrid yang berasal dari Belgia. Di sepanjang jalan menuju taman ini ditanami dengan pohon Astrid yang memiliki warna bunga merah dan kuning, sama seperti bendera Belgia.

  • Taman Araceae

Taman yang satu ini bertujuan untuk memperkenalkan salah satu kekayaan flora Indonesia yaitu Araceae. Sehingga bisa menjadi sarana edukasi bagi para pengunjung yang datang.

  • Taman Anggrek Hitam

Taman konservasi binaan Pertamina ini memiliki berbagai koleksi tanaman Anggrek Hitam. Mulai dari Coelogyne pandurata, Grammatophyllum speciosum, Grammatophyllym stapeliiflorum, dan Grammatophyllum scriptum.

  • Monumen Lady Raffles
Wisata Lainnya:  Tiket Masuk Surabaya Carnival Park, Spot Terkini Kekinian & Instagramable

Lokasinya tidak jauh dari pintu utara Kebun Raya Bogor. Bangunan ini memiliki bentuk lingkaran menyerupai sebuah gazebo dengan 8 pilar yang mengelilinginya.

Lady Raffles atau Olivia Mariamne sendiri merupakan istri dari Sir Thomas Stamford Raffles, Letnan Gubernur Inggris di Pulau Jawa (1811 – 1816).

  • Taman Akuatik

Berikutnya ada Taman Akuatik yang berisi beragam tanaman dengan habitat di air. Kalian akan menemukan pemandangan yang sejuk, indah dan rapi di kawasan ini. Sangat direkomendasikan untuk menjadi destinasi kunjungan kalian.

  • Museum Zoologi

Tidak hanya memiliki koleksi berbagai macam flora, Kebun raya Bogor juga punya museum fauna yang menarik untuk dikunjungi.

Di dalam museum tersebut ada berbagai koleksi kerangka binatang yang telah diawetkan mulai dari burung, kepiting, serangga, ikan, dan lain sebagainya.

Alamat dan Rute Menuju Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor beralamatkan di Jalan Ir. Haji Djuanda No.13, Paledang, Bogor Tengah, Provinsi Jawa Barat.

Ada beberapa pilihan rute yang bisa kalian gunakan saat ingin berkunjung kesana, yaitu Tol Jagorawi, Stasiun Bogor atau Terminal Baranangsiang.

Kesimpulan

Demikian informasi lengkap tentang harga tiket masuk Kebun Raya Bogor, jam operasional serta rute perjalanan menuju kesana. Semoga informasi yang telah dibagikan diatas bisa bermanfaat untuk kita semua.

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *