6 Rekomendasi Tempat Wisata di Cibodas

6 Rekomendasi Tempat Wisata di Cibodas yang Wajib Dikunjungi

Posted on

Salah satu tempat wisata di bogor yang dapat anda kunjungi adalah daerah Cibodas. Lokasi ini juga tawarkan bermacam tempat rekreasi bagus yang sayang jika dilewatkan begitu saja.

6 Rekomendasi Tempat Wisata di Cibodas

Berikut ini adalah beberapa tempat wisata di cibodas yang wajib anda kunjungi :

  1. Kebun Raya Cibodas

Kebun Raya Cibodas Yang pertama ialah Kebun Raya Cibodas, sebagai taman yang hijau dengan luas lebih kurang 80 hektar. Taman ini sebagai lapangan yang bergelombang dan berbukit-bukit. Kebun raya yang terkenal namanya sampai luar negeri ini pernah dilukiskan sebagai salah satunya surga dunia.Kebun Raya Cibodas atau juga dikenal dengan Cibodas Botanical Garden terletak berada di teritori Rimba Gunung Besar Pangrango, persisnya di bawah kaki Gunung Besar Pangrango, Dusun Cimacan, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur. Lokasi ini tingginya 1.275 mtr. di permukaan air laut dengan 17-27oC. Udara di sini demikian fresh dan sejuk. Sebelumnya taman ini dibikin sebagai cabang dari Kebun Raya Bogor dengan seorang dari Belanda namanya Johannes Elias Teijsmann. Dia adalah seorang pakar Botani dari Belanda.

Sebenarnya

sebelumnya kebun raya ini dibuka untuk tanaman kina. Sayang kina kurang pas ditanam pada tempat kebun raya. Pada akhirnya kebun raya ini jadi rumah untuk tanaman dataran tinggi basah tropika, misalnya ialah paku-pakuan dan tanaman runjung. Pohon kina yang dari Belanda datang di Jakarta pada 11 April 1852, yang diputuskan sebagai hari kelahiran Kebun Raya Cibodas. Nah, yang unik ialah saat anda bertandang pada tanggal itu, anda dapat berkeliling Kebun Raya Cibodas dengan gratis tanpa pungutan biaya lain.

    start="2">
  1. Taman Wisata Cibodas

Taman Wisata Cibodas Taman Rekreasi Cibodas memiliki bentangan rumput hijau yang luas dengan koleksi tanaman bunga elok. Bila dilalui dari Jakarta memerlukan waktu lebih kurang 3 jam perjalanan. Sesampainya di teritori Taman Rekreasi Cibodas, anda bisa berkeliling-keliling ke lokasi-lokasi asyik di situ dengan beragam pohon-pohonan yang mempersejuk dan udara yang fresh. Salah satunya lokasi yang bisa anda kunjungi ialah Air Terjun Ciismun. Anda tidak dapat memakai mobil ke arah tempat air terjun. Mobil harus dipikirkan terlebih dahulu baru jalan sekitaran 30 menit ke lokasi air terjun mempesona tersebut.

    start="3">
  1. Bumi Perkemahan Mandalawangi

Bumi Perkemahan Mandalawangi Bumi Perkemahan Mandalawangi yang juga dikenal bernama Mandalawangi Camping Ground ini ada pas di dekat pintu keluar Kebun Raya Cibodas. Masih juga dalam kompleks balai besar Taman Nasional Gunung Besar Pangrango. Lokasinya yang benar ada di kaki Gunung Besar Pangrango membuat udara tempat ini demikian sejuk dan indah.

Tidaklah aneh jika banyak pencinta aktivitas luar ruang yang pilih lokasi ini sebagai tempat favorite mereka. Kondisi geografis dari Bumi Perkemahan Mandalawangi Cibodas ini memiliki tanah kerikil yang mudah mem penyerap air, sungai, danau, semak, tanah rumput, pohon-pohonan dan rimba yang membuat semakin indah. Lokasi yang hawanya sejuk condong dingin ini benar-benar bagus jadi bumi perkemahan, ditambahkan luasnya tempat perkemahan, anda bisa pilih sendiri tempat bagus anda untuk kemping dan dan tempat rekreasi yang pas untuk backpacker.

Saat

masuk tempat bumi perkemahan, anda akan disongsong oleh sebuah patung komodo dengan mulut yang terbuka, berperan sebagai jalan atau terowong. Mandalawangi tidak cuma tawarkan keelokan bumi perkemahan saja, namun punyai lokasi-lokasi yang bisa anda datangi diantaranya ialah Sungai Cikundul, Air Terjun Rawa Besar, Danau Mandalawangi, perahu dayung, junge trek, patung dinosaurus, s/d flying fox, asyik!

    start="4">
  1. Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Taman Nasional Gunung Gede Pangrango Taman Nasional Gunung Besar Pangrango adalah objek rekreasi alam bagus yang berada di Cibodas. Luas taman yakni 21.975 hektar, tertutup rimba hujan tropis pegunungan. Taman ini mempunyai peranan yang perlu dalam riwayat pelestarian di nusantara.

Bermacam-macam tanaman bisa anda dapatkan saat bertandang ke Taman Nasional Gunung Besar Pangrango. Dimulai dari tanaman yang berjulukan sang pohon raksasa namanya rasamala s/d sang pemangsa serangga namanya kantong semar. Bermacam tipe anggrek rimba s/d tanaman yang nama ilmiahnya belumlah diketahui seperti spesies jamur yang keluarkan sinar.

Taman

nasional yang disahkan pada 1980 ini tidak cuma sebagai rumah untuk tanaman yang berbagai itu, namun komunitas beragam satwa liar, salah satunya ialah macan tutul, sigung, kijang, pelanduk, s/d anjing rimba. Di sini juga bisa anda saksikan ada kepik raksasa, kumbang, s/d 250 tipe burung. Komunitas untuk owa, elang jawa, lutung, yang terancam kepunahan.

  1. Air Terjun Cibeureum

Air Terjun Cibeureum Wisata seterusnya terhitung ke dalam wisata alam air namanya Air Terjun Cibeureum. Lokasi ini punyai jarak cukup jauh. Namun sejauh perjalanan ke arah air terjun, anda tidak akan jemu karena di kanan kiri jalan akan disajikan panorama yang menarik ditambah lagi angin segar.

Sampai

di lokasi, anda disongsong oleh air terjun lumayan besar dengan alam hijau memikat. Disini anda bisa bermain-main air, berhati-hati jika ingin berenang, ya. Dan anda juga dapat ambil photo dengan background pemandangan alam air terjun elok. Ditanggung anda akan kerasan ada di lokasi air terjun dan badan akan fresh kembali.

  1. Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor Tempat wisata yang satu ini populer tidak cuma di Bogor, tapi juga di Indonesia. Untuk yang menyukai panorama alam yang hijau dan asri, Kebun Raya Bogor bisa saja opsi destinasi wisata anda. Kebun Raya Bogor memiliki udara yang fresh dan sejuk dengan adanya banyak spesies pohon-pohonan. Kebun Raya Bogor juga dijadikan pusat pengajaran dan pengamatan tanaman. Salah satunya yang memikat di teritori rekreasi ini adalah ada museum zoologi . Maka kita dapat mengetahui semakin banyak berkenaan tumbuhan atau flora yang berada di sana.

Leave a Reply

Your email address will not be published.