Tiket Masuk Pantai Parangtritis

Tiket Masuk Pantai Parangtritis dan 5 Hal Berkesan yang Bisa Anda Lakukan 

Posted on

Wisata pantai sering menjadi pilihan destinasi liburan saat sedang berada di Yogyakarta. Salah satu lokasi yang dikatakan wajib untuk dikunjungi adalah Pantai Parangtritis yang juga disebut sebagai tempat wisata paling banyak pengunjung. Terlebih dengan harga tiket masuk Pantai Parangtritis yang ramah kantong, memungkinkan siapapun untuk berkunjung. 

Sekilas tentang Pantai Parangtritis 

Sangat beralasan jika Pantai Parangtritis menjadi salah satu tujuan wisata paling ramai. Ini karena wisata pantai yang satu ini memang memiliki pemandangan alam yang begitu mempesona. Area pantai yang luas dengan ombak yang bergejolak membelai daratan akan selalu meninggalkan kenangan bagi siapapun yang menyaksikannya.

Bukan hanya keindahan alamnya saja, pantai ini juga memiliki kaitan dengan Legenda Ratu Kidul atau Nyai Roro Kidul. Legenda penguasa pantai selatan Jawa ini diyakini oleh mayoritas warga Yogyakarta. Terlepas dari itu, mitos yang berkaitan dengan legenda tersebut memang tak ada salahnya pula untuk dilakukan selama berada di area pantai. 

Dikatakan bahwa pengunjung sebaiknya selalu menjaga sikap dan perkataan serta tidak mengenakan pakaian berwarna hijau di area pantai. Orang yang melanggar mitos tersebut, dikatakan akan tertimpa kesialan hingga hilang nyawa. Terlepas dari itu, menjaga sikap memang wajib dilakukan di manapun, sementara soal warna pakaian memang sebaiknya mengenakan yang berwarna cerah mencolok. 

Sementara untuk meningkatkan kenyamanan dan keamanan pengunjung, terdapat sejumlah fasilitas yang bisa dimanfaatkan, antara lain toilet, kamar bilas, mushola, warung makan, gardu pandang SAR, area parkir, penginapan atau losmen, toko souvenir kerajinan khas dan oleh-oleh Yogyakarta lainnya. 

Wisata Lainnya:  Tempat Wisata Banyumas: Menikmati Keindahan Alam Jawa Tengah

5 Hal Menarik di Pantai Parangtritis 

Perlu diingat bahwa wisata pantai di Parangtritis ini bisa saja sedikit istimewa dibanding lokasi wisata pantai lainnya. Oleh karena itu, pengelola pun senantiasa berhati-hati dalam menyediakan wahana atau hal-hal menarik lain seperti di wisata pantai lain pada umumnya. Berikut ini sejumlah hal menarik yang bisa Anda lakukan di sini: 

1. Menikmati Pemandangan Sunset 

Hal menarik utama yang bisa dikatakan paling banyak menarik minat pengunjung ke pantai ini adalah pemandangan sunset yang luar biasa. Ya, matahari tenggelam dengan nuansa yang khas di atas hamparan pantai yang luas begitu sayang dilewatkan. Pemadangan ini pulalah yang membuat para pengunjung seakan ingin terus kembali ke pantai ini. 

2. Berkeliling dengan Kereta Kuda 

Apabila cuaca cerah, pengunjung bisa menikmati pemandangan pantai dengan naik kereta kuda. Tarif sewa kereta kuda juga terbilang masih cukup terjangkau. Dari atas kereta, Anda tak hanya bisa melihat pantai dan laut saja, tetapi juga merasakan hembusan angin laut yang menenangkan. 

3. Bermain Layang-Layang 

Area pantai yang begitu luas dengan angin yang terbilang intens, tak salah jika kemudian lokasi ini juga dimanfaatkan untuk main layang-layang. Tenang, Anda tidak harus membawa layang-layang dan benang dari rumah karena sudah ada pedagang yang menyediakannya. Jika beruntung, Anda juga bisa melihat festival layang-layang dengan peserta dari dalam dan luar negeri. 

4. Berkeliling dengan ATV 

Apabila kereta kuda dirasa kurang sesuai dengan selera, Anda mungkin bisa mempertimbangkan opsi sewa ATV, kendaraan bermotor dengan 4 roda. Tak hanya bisa berkeliling pantai, kendaraan ini juga bisa menambah keseruan Anda selama berada di pantai.  

Wisata Lainnya:  Harga Tiket Masuk Goa Pindul, Wisata Seru di Gunung Kidul  

5. Bermain Air 

Jika Anda memang ingin bermain air, selalu perhatikan rambu-rambu keselamatan dan hindari berenang di pantai. Bermain air bisa Anda lakukan di pinggiran pantai yang dangkal saja. Hal ini karena ombak di pantai ini bisa saja tiba-tiba berubah dan tak jarang menyeret pengunjung ke palung yang tersembunyi.  

Harga Tiket Masuk Pantai Parangtritis 

Seperti yang disebutkan di paragraf pembuka, HTM pantai Parangtritis termasuk sangat terjangkau bagi siapa saja. Hanya dengan sekali bayar, pengunjung sudah bisa mengakses semua objek wisata yang ada di lokasi, muali dari pantai Parangtritis sampai pantai Depok, Gumuk Pasir dan lain sebagainya. Lebih detail, berikut ini rincian biaya-biaya yang mungkin perlu Anda keluarkan: 

Tiket masuk  Rp10.000/ orang
Parkir motor  Rp2.000
Parkir mobil  Rp5.000

Tentu saja Anda bisa mengunjungi lokasi pantai Parangtritis ini pagi hingga malam hari. Meskipun pengelola wisata pantai Parangtritis ini ditentukan mulai pukul 07.00-17.00 WIB, nyatanya ada saja pengunjung yang juga berkunjung di malam hari. 

Lokasi Pantai Parangtritis 

Pantai Parangtritis terletak sekitar 27 km di selatan kota Yogyakarta tepatnya di Jl. Pantai Parangkusumo, Pantai Parangtritis,  Kretek, Kecamatan Kretek, Bantul, Daerah istimewa Yogyakarta. Untuk mencapai lokasi pantai, Anda yang datang dari Yogyakarta bisa memilih Jl. Parangtritis ke Kretek sampai ke Parangtritis. Atau Anda juga bisa memilih jalur Yogyakarta – Imogiri – Parangtritis. 

Tips Berkunjung di Pantai Parangtritis 

Berikut ini beberapa tips wisata yang bisa menjadi tambahan referensi bagi Anda agar kunjungan ke pantai Parangtritis tetap aman, nyaman dan menyenangkan: 

  • Cari informasi resmi dari Badan Metereologi dan Klimatologi Bencana (BMKG) tentang prakiraan cuaca di sekitar lokasi pantai untuk menghindari cuaca buruk 
  • Kenakan lotion atau sunblock dengan kadar SPF yang cukup, sesuai jenis kulit Anda  
  • Jangan lupa pakai kacamata hitam agar silaunya sinar matahari bisa diredam dan tak menyakiti mata 
  • Tetap perhatikan kesopanan dalam memilih pakaian yang dikenakan selama di pantai  
  • Siapkan kamera atau smartphone dengan baterai dan kapasitas penyimpanan yang memadai agar Amda puas mengabadikan momen selama di pantai 
  • Tak menutup kemungkinan Anda akan bermain air, maka dari itu siapkan tas ransel anti air dan plastik untuk menyimpan pakaian basah nantinya 
  • Jika memiliki anggaran terbatas, tak ada salahnya untuk menyiapkan bekal dari rumah 
  • Selalu ingat untuk menjaga sikap, sopan dan tidak memakai pakaian atau atribut berwarna hijau 
  • Pertimbangkan mengenakan pakaian berwarna mencolok yang memudahkan penyelamatan seandainya terjadi hal yang tak diinginkan 
  • Selalu ikuti petunjuk atau instruksi keselamatan yang dipasang pengelola dan tim SAR 
Wisata Lainnya:  Tiket Masuk Heha Sky View, Indahnya Panorama Langit Yogyakarta

Akhir Kata 

Itulah tadi penjelasan tentang tiket masuk Pantai Parangtritis yang memang bisa dikatakan murah meriah, cocok untuk pelajar, pasangan muda, keluarga maupun rombongan. Pantai yang satu ini layak untuk Anda jadikan sebagai opsi pertama wisata pantai di sekitaran Yogyakarta karena keindahannya yang memang sulit untuk dilupakan. 

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *