Tiket Masuk Gumuk Pasir Jogja

Tiket Masuk Gumuk Pasir Jogja, Spot Wisata Langka di Dunia

Posted on

Gumuk Pasir Jogja merupakan destinasi wisata di pesisir Yogyakarta yang menarik, langka, dan anti mainstream. Tiket masuk Gumuk Pasir Jogja adalah biaya yang harus Anda bayar agar bisa menikmati fasilitas dan keseruan berlibur di sana.

Wisata gumuk pasir termasuk langka di dunia dan memiliki daya tarik berbeda dari wisata pantai lainnya. Jika berkunjung ke Yogyakarta, pastikan lokasi yang satu ini ada dalam daftar perjalanan Anda. Berikut ini ulasan singkat Gumuk Pasir Jogja.

Daya Tarik Gumuk Pasir Jogja

Gumuk Pasir Jogja terhampar luas, kurang lebih sejauh 2 km dari Sungai Opak hingga Pantai Depok. Wujudnya adalah gundukan pasir yang menyerupai bukit. Gundukan ini terjadi karena pergerakan angin atau curah hujan yang tinggi.

Gumuk pasir merupakan salah satu keindahan alam yang unik. Hanya ada tiga destinasi wisata sejenis di Asia Tenggara. Ketiganya adalah Mui Ne Sand Dunes di Vietnam, La Paz Sand Dunes di Filipina, dan Gumuk Pasir Jogja di Indonesia.

Wisata Lainnya:  Tiket Masuk 4 Rekomendasi Tempat Berkuda di Jogja Terbaru yang Wajib Dikunjungi

Gumuk Pasir Jogja ini unik dan bertipe barchan dengan tinggi sekitar 5-15 meter. Gundukan pasir seperti ini biasanya ditemukan di lokasi yang beriklim kering. Uniknya, Gumuk Pasir Jogja justru ada di lokasi yang beriklim basah. 

Obyek wisata yang unik biasanya mematok tiket masuk yang tinggi, tetapi apakah hal ini juga berlaku di Gumuk Pasir? Berapa harga tiket masuk Gumuk Pasir Jogja?

Harga Tiket Masuk Gumuk Pasir Jogja

Untuk menikmati keindahan alam yang unik, Anda tidak harus membayar mahal. Destinasi wisata Gumuk Pasir Jogja pun memasang harga tiket yang cukup terjangkau. Rinciannya adalah sebagai berikut:

Jenis Tiket Biaya
Tiket masuk  Gratis
Parkir motor Rp3.000,00
Parkir bus Rp20.000,00
Sewa papan sandboarding Rp100.000,00 – Rp200.000,00
Sewa Jeep /ATV Rp350.000,00 – Rp800.000,00

Sebagai catatan, harga tiket mungkin bisa berbeda, tetapi tidak jauh dari range harga di atas. Setelah mengetahui harga tiket masuk Gumuk Pasir Jogja, Anda dapat mengulik fasilitas dan aktivitas yang ada di sana.

Fasilitas di Gumuk Pasir Jogja

Meskipun tiketnya sangat terjangkau, Gumuk Pasir Jogja telah memiliki beberapa fasilitas penunjang wisata, antara lain:

  • area parkir yang cukup luas;
  • warung makan;
  • toilet;
  • spot foto yang instagramable; dan
  • persewaan perlengkapan untuk permainan pantai.
Wisata Lainnya:  Harga Tiket Masuk Kampung Sabin, Wisata Cirebon Viral

Aktivitas di Gumuk Pasir Jogja

Menikmati keindahan alam yang langka adalah hal yang memorable. Untuk melengkapinya, Anda bisa melakukan aktivitas seru di area wisata Gumuk Pasir Jogja. Cek, yuk!

1. Bermain Sandboarding

Permainan yang satu ini sangat memacu adrenalin Anda. Sayangnya, hanya bisa dilakukan oleh orang yang sudah mahir. Meskipun harga tiketnya lumayan, Anda bisa mendapatkan sensasi dan keseruan liburan yang tidak terlupakan.

2. Menjajal Trek Gumuk Pasir dengan ATV, Jeep, atau Motocross

Selain sandboarding, ada permainan lain yang tak kalah seru. Nikmati sensasi bermain ATV/Motocross dengan trek Gumuk Pasir yang menantang atau wahana adventure dengan menaiki jeep yang disewakan di sana. 

3. Mengabadikan Spot dan Momen yang Instagrammable

Gumuk pasir adalah keindahan alam yang langka di Indonesia. Sayang sekali jika Anda tidak mengabadikannya. Anda bisa berfoto estetik di bawah terik matahari dengan pasir berkilau sambil duduk di ayunan. 

Anda bisa menikmati keseruan berlibur di Gumuk Pasir Jogja jika datang pada saat yang pas. Datanglah di pagi hari saat cuaca sedang cerah-cerahnya. Siapkan kamera dan perbekalan berupa baju ganti, makanan, dan uang yang cukup. 

Wisata Lainnya:  Tiket Masuk Lembah Hijau Lampung, Berwisata Di Taman Satwa

Lokasi, Rute, dan Jam Buka Gumuk Pasir Jogja

Gumuk Pasir Jogja terletak di kawasan Pantai Parangtritis dan Pantai Parangkusumo, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. 

Gumuk Pasir berjarak sekitar 30 km dari pusat Kota Yogyakarta dengan waktu tempuh kurang lebih 60 menit menggunakan kendaraan pribadi. Rute menuju ke sana pun sangat mudah. Anda hanya perlu mengikuti jalur menuju Pantai Parangkusumo atau mengikuti Google Maps ini.

Gumuk Pasir Jogja buka setiap hari dengan jam operasional mulai pukul 07.00-18.00 WIB. Jadi, Anda lebih leluasa berkunjung ke sana sambil menikmati keindahan pantai di sekitarnya.

Gumuk Pasir Jogja merupakan destinasi wisata di pesisir Yogyakarta yang menarik, unik, dan langka. Informasi singkat mengenai keunikan, fasilitas, dan tiket masuk Gumuk Pasir Jogja adalah informasi yang dirangkum dari beberapa sumber.

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *