Tiket Masuk Riung Gunung Pangalengan

Tiket Masuk Riung Gunung Pangalengan, Keindahan Alam Di Kota Bandung

Posted on

Riung Gunung Pangalengan merupakan kawasan yang dikelilingi (diriung=bahasa Sunda) oleh pegunungan. Tiket masuk Riung Gunung Pangalengan adalah harga yang harus dibayar saat ingin memasuki kawasan wisata satu ini.

Bagi banyak orang, wisata alam di wilayah Bandung ini terasa lebih menarik karena udaranya yang sejuk hingga membuat betah dengan pemandangan yang disuguhkan. Yuk, simak info tentang wisata Riung Gunung yang bisa jadi panduan berliburmu berikut ini!

Daya Tarik Riung Gunung Pangalengan

Pada umumnya wisata alam identik dengan air terjun, pantai, atau leuwi. Namun, nyatanya ada wisata alam yang tidak kalah asik untuk dijadikan momen healing para workaholic. Contohnya saja adalah Riung Gunung Pangalengan yang terlihat seperti karpet hijau.

Kawasan wisata alam yang ada di Kecamatan Pangalengan ini daya tarik utamanya adalah perkebunan teh. Area yang terhampar seluas 30 Ha ini terlihat hijau dan menyegarkan mata. Alamnya yang asri dengan udara segar dapat menyembuhkan kepenatan.

Perpaduan antara pemandangan kebun teh yang hijau tertata rapi, udara sangat sejuk, dan objek wisata atraktif, menjadikan tempat ini begitu menarik. Hal inilah yang membuat banyak wisatawan memberi julukan sebagai Swiss nya kota Bandung

Wisata Lainnya:  Tiket Masuk Lembah Hijau Lampung, Berwisata Di Taman Satwa

Aktivitas Wisata Riung Gunung Pangalengan

Hamparan kebun teh serta udaranya yang sejuk, membuat orang-orang ingin lebih lama ditempat ini. Pasalnya, tempat ini menjadi lokasi healing banyak orang untuk melepas sedikit kepenatan dan riuhnya perkotaan. Berikut penjelasannya!

  • Spot foto di jembatan kayu sepanjang 400 meter
  • Camping ground (alat disewakan oleh pihak pengelola atau bisa membawa sendiri)

Fasilitas Wisata Riung Gunung Pangalengan

Tentunya tempat wisata alam seperti perkebunan teh ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Wisata Riung Gunung Pangalengan menyediakan fasilitas yang tentunya membuat Anda nyaman. Berikut fasilitas yang tersedia:

  • Area parkir
  • Mushola 
  • Toilet
  • Warung minuman dan makanan
  • Hammock
  • Camping ground
  • Saung
  • Bean bag

Harga Tiket Masuk Riung Gunung Pangalengan

Untuk segala keindahan yang disuguhkan, harga tiket masuk terbilang murah. Berikut adalah tarif yang ditentukan oleh pengelola bagi para pengunjung.

Keterangan Harga
Tiket masuk Rp. 10.000/ orang
Parkir motor Rp. 5.000/ motor
Parkir mobil Rp. 10.000/ mobil
Camping Ground Rp. 25.000/orang
Tenda Paket Hemat Rp. 200.000/ tenda
Tenda Paket Lengkap  Rp. 400.000/ tenda

Lokasi Dan Akses Jalan

Lokasi Riung Gunung Pangalengan berada di Kp. Riung Gunung, Kampung Pulosari, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Memakan waktu sekitar 1 jam 50 menit dari pusat kota Bandung, dengan jarak tempuh 57,1 KM. Anda bisa mengikuti panduan dari Google Maps.

Wisata Lainnya:  Tiket Masuk Museum Sumpah Pemuda, Ini Daftar Koleksi Sejarah yang Harus Kamu Tahu

Akses jalan yang akan dilalui ketika mendekati lokasi memang sedikit bertekstur atau berbatu serta jalan berkelok dan sedikit curam. Oleh karenanya, Anda diharuskan berhati-hati saat melajukan kendaraan.

Tips Wisata 

  • Siapkan kendaraan Anda sebelum berangkat, karena akses jalan tidak rata
  • Datang di waktu pagi hari untuk menghindari kemacetan dan udara jauh lebih segar
  • Memakai pakaian hangat dan peralatan wisata yang mendukung

Rekomendasi Wisata

1. Kebun Teh Sidamanik (Pematang Siantar, Sumatera Utara)

Perkebunan yang dikelola oleh Perkebunan teh milik Negara ini merupakan kebun teh paling hits se- Sumatera Utara. Berada diatas ketinggian 890 meter dari permukaan laut membuat wisata satu ini memiliki alam dan udara sejuk.

Biaya yang tergolong cukup murah ini membuat wisatawan tertarik apabila sedang berlibur di kota Pematang Siantar. Hamparan pohon teh yang hijau memiliki daya tarik bagi penikmat selfie ataupun fotografi. 

2. Kebun Teh Kertowono (Lumajang, Jawa Timur)

Merupakan peninggalan zaman Belanda, kebun teh ini menyuguhkan keindahan alam yang mendamaikan jiwa serta tentunya aktivitas hunting yang tak boleh terlewatkan. Kebun Teh Kertowono ada pada ketinggian 1200 mdpl membuat udara terasa segar dan sejuk.

Wisata Lainnya:  Tiket Masuk Nepal Van Java, Cek Tip Ini Sebelum Berkunjung

Dengan panoramanya pemandangan Gunung Semeru yang gagah dari kejauhan, membuatnya indah serta makin spesial!.

3. Cukul Pangalengan

Tempat wisata satu ini lokasinya ada di dalam kawasan perkebunan teh berada di kaki gunung Malabar. Selain perkebunan teh yang menyejukkan mata, kawasan ini menjadi spot foto yang instagramable di Pangalengan. 

Cukul Pangalengan menawarkan keindahan sunrise atau matahari terbit di Sunrise Point Cukul Pangalengan. Danau dengan latar belakang Rumah Belanda nuansa putih juga menjadi pemandangan legendaris yang sayang apabila dilewatkan.

4. Taman Langit Pangalengan

Taman Langit Pangalengan memiliki kelebihan dengan view yang beragam di satu tempat. Yakni, view gunung, kebun teh, view laut, serta view perkotaan. Tentu hal ini layaknya surga bagi pecinta dunia fotografi.

Wisata Taman Langit Pangalengan berada diatas ketinggian 1670 mdpl, wajar di setiap sudutnya banyak yang bisa di explore dengan nuansa alam, bunga-bunga, taman diatas bukit seperti di puncak.

Akhir Kata

Tiket masuk Riung Gunung Pangalengan adalah harga yang tergolong cukup murah. Kendati demikian, pemandangan seperti Swiss nya kota Bandung cocok untuk melepaskan penat Anda di sela waktu libur.

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *