Tiket Masuk Museum Macan

Tiket Masuk Museum Macan, Museum yang Menawarkan Pengalaman Berbeda 

Posted on

Harga tiket masuk Museum Macan ada di kisaran Rp70.000 hingga Rp90.000. Nominal HTM ini tentunya sangat sebanding bagi mereka yang memiliki minat tentang dunia seni. Ini karena lokasi ini memajang ratusan karya seni dari seniman domestik maupun dari luar negeri.  

Mengenal Museum Macan 

Museum Of Modern And Contemporary Art In Nusantara atau yang kemudian disingkat sebagai museum MACAN adalah sebuah museum yang berlokasi di ibukota, tempat memajang karya dari seniman dalam dan luar negeri. Lokasi ini juga digunakan sebagai tempat gelaran pameran karya seni.  

Tentu saja, museum ini juga menjadi salah satu objek wisata seni dan budaya yang bisa dimanfaatkan sebagai sarana edukasi dan rekreasi. Bagaimana tidak, di sini, pengunjung bisa menyaksikan sedikitnya 800 karya seni tingkat tinggi dimana setengahnya berasal dari seniman Tanah Air. Sisanya merupakan karya dari seniman asal berbagai negara mulai dari negara-negara Eropa, Amerika Utara, China serta sejumlah negara di Asia. 

Untuk memberikan kenyamanan bagi para pengunjung, pengelola museum MACAN pun melengkapi diri dengan berbagai fasilitas. Anda yang sedang berkunjung ke museum ini bisa memanfaatkans arana publik seperti parkir kendaraan, musala, toilet, ruang penitipan barang, ruang ibu dan anak hingga ruang pertolongan pertama. 

Wisata Lainnya:  30 Tempat Wisata di China yang Wajib Dikunjungi

Hal Menarik di Museum Macan 

Tentu saja, tujuan utama pengunjung datang ke tempat ini adalah untuk menikmati dan mengapresiasi karya seni. Namun jangan salah, bukan hanya karya seni mainstream yang bisa Anda temukan di lokasi ini. Apa saja? Silakan disimak. 

1. Dots Obsession 

Tempat yang satu ini memajang karya ciptaan Yayoi Kusama, seniman kontemporer Jepang yang menggeluti bidang pematungan dan instalasi. Di tempat ini, Anda akan menjumpai sejumlah bola kuning dengan ukuran cukup besar dengan motif polkadot yang terbilang unik. Banyak pengunjung yang menyempatkan diri untuk berfoto saat berada di tempat ini. 

2. My Eternal Soul 

Karya lain dari Yayoi Kusama juga bisa Anda nikmati dalam bentuk lukisan. Ada setidaknya 500 lukisan dengan gambar yang seakan mencerminkan nama My Eternal Soul untuk tempat ini. Sama dengan tempat pertama, tak sedikit pengunjung yang mengabadikan kunjungannya dengan berswafoto di tempat ini. 

3. Infinity Mirrored Room 

Tempat menarik lainnya yang juga harus Anda kunjungi ini berupa sebuah ruang gelap berdinding kaca serta bola aneka warna. Selama 20 detik berada dalam ruangan ini, Anda akan merasakan keunikan dari bayangan yang berhasil diilusikan oleh cermin-cermin tersebut. 

Wisata Lainnya:  Obyek Wisata Pasir Kencana: Menikmati Keindahan Pantai yang Menawan

4. Obliteration Room 

Tempat lain yang tak kalah menantang imajinasi Anda ini berupa ruangan dengan dinding putih yang di dalamnya terdapat sejumlah ornamen unik. Tentu saja, Anda juga wajib mengabil gambar diri saat berada dalam ruang instagenic ini. 

5. The Letter Writing Project 

Di tempat ini, Anda akan menemukan surat-surat yang sempat ditulis oleh pengunjung sebelum Anda. Ya, tempat yang merupakan karya dari Lee Mingwei ini terbilang unik dimana pengunjung bisa menulis surat, baik ditujukan untuk penerima tertentu atau tidak. Bukan tidak mungkin sebagian surat yang sudah ditulis sampai ke penerimanya. 

Harga Tiket Masuk Museum Macan 

Harga tiket masuk ke lokasi museum Macan ini ditawarkan dengan harga yang bervariasi sesuai kategori pengunjung dan harinya. Berikut dafta HTM yang mungkin perlu Anda simak terlebih dahulu sebelum menjadwalkan kunjungan: 

Kategori Tiket Hari Biasa (Selasa–Jumat) Akhir Pekan (Sabtu–Minggu)
Dewasa Rp70.000 Rp90.000
Pelajar atau Mahasiswa Rp63.000 Rp81.000
Senior (65 tahun ke atas) Rp63.000 Rp81.000
Anak-anak (3–12 tahun) Rp56.000 Rp72.000
Anak-anak (di bawah 3 tahun) Gratis Gratis

Perlu Anda ketahui bahwa pembelian tiket masuk ke museum ini bisa dilakukan lewat website resmi pengelola museum. Pilihan lainnya jika Anda tidak sempat membeli tiket online adalah dengan melakukan pembelian tiket di loket. Pembelian tiket secara online lebih direkomendasikan mengingat pengelola membatasi jumlah pengunjung.  

Wisata Lainnya:  Wisata Besuki: Keindahan Alam yang Menakjubkan di Jawa Timur

Jam operasional museum Macan adalah mulai hari Selasa sampai dengan Minggu (Senin tutup) mulai pukul 10:00 hingga 16:00 WIB. 

Lokasi Museum Macan 

Museum Macan ini beralamat di Jl. Panjang No. 5, Kebun Jeruk, Jakarta Barat, DKI Jakarta, Indonesia, 11530. Jika Anda datang dari arah ibu kota, maka Anda harus menempuh jarak sekitar 15 km dengan durasi perjalanan sekitar 25 menit berkendara. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun opsi angkutan publik berikut ini: 

  • Menggunakan kereta api, dari stasiun Palmerah, Anda bisa melanjutkan ke museum dengan memesan layanan ojek online. 
  • Menggunakan Transjakarta, silakan pilih jurusan Harmoni ke Lebak Bulus, turun di halte Busway Kebon Jeruk. Dari lokasi halte tersebut, Anda bisa melanjutkan dengan jalan kaki ke museum (sekitar 300 m).  

Akhir Kata 

Demikian informasi tentang harga tiket masuk Museum Macan dan hal-hal yang bisa menjadi referensi Anda untuk mempertimbangkan kunjungan. Bisa dikatakan bahwa istilah museum yang Anda kenal selama ini akan berubah setelah mengunjung tempat yang satu ini.

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *