Tiket Masuk Kebun Binatang Gembira Loka Zoo

Tiket Masuk Kebun Binatang Gembira Loka Zoo Jogja, Yuk Simak Lebih Dalam

Posted on

Berlibur dengan keluarga dapat menjadi salah satu aktivitas yang membahagiakan khususnya di saat berlibur atau saat akhir pekan.

Terdapat beberapa pilihan yang dapat didatangi dengan keluarga buat santai dan habiskan waktu bersama.

Kebun Binatang Gembira Loka Jogja, Sejarah Hingga Fasilitas yang Ditawarkan

Kebun binatang dapat menjadi salah satunya destinasi rekreasi yang cocok untuk ajak anak-anak dan saudara untuk liburan bersama.

Jika tinggal di Jakarta, kemungkinan berkunjung Taman Safari atau Kebun Binatang Ragunan bisa saja pilihan.

Sementara bila sedang liburan ke kota siswa Jogjakarta, janganlah lupa untuk mengunjungi Gembira Loka, teritori rekreasi satu ini bisa juga memberi keasyikan dan keunikan tertentu.

Selainnya banyak memiliki satwa yang dikembang biakkan, Kebun binatang Gembira Loka menyajikan beragam perlihatkan dan pertunjukan yang memikat dan sayang sekali untuk dilewati demikian saja.

Sejarah Singkat Gembira Loka Zoo

Sebelumnya Kebun Raya dan Kebun Binatang Gembira Loka ini dibuat atas ide dan prakarsa dari Sri Sultan Hamengku Buwono VIII pada tahun 1933.

Saat itu Sultan inginkan sebuah lokasi hiburan di Jogjakarta yang sanggup memberi hiburan ke warga Jogja secara umum.

Kebun binatang dan Kebun Raya itu awalnya dinamakan Kebun Rojo. Ide dari Sultan ke VIII ini pada akhirnya diteruskan di periode pemerintah Sri Sultan Hamengku Buwono IX yang dibantu oleh Ir. Karsten, arsitek terkenal dari Belanda.

Ir. Karsten pada akhirnya pilih tempat samping barat sungai Winongo karena kawasan itu benar-benar bagus dan cocok untuk pembangunan Kebun Rojo.

Sayangnya proses pembangunan pada akhirnya harus terlambat karena ada Perang Dunia II yang membuat Jogjakarta kehadiran penjajah baru yaitu Jepang.

Sesudah proses kemerdekaan dan penyeleksian Yogyakarta sebagai ibukota Indonesia, niat untuk meneruskan pembangunan sempat tercetus.

Pada akhirnya baru kembali terlaksana pada tahun 1949 selesai Perang Dunia II usai dan ibu-kota kembali ke Jakarta.

Pemerintahan Indonesia turut peran memberi kenangan ke warga Yogyakarta dengan mendatangkan lokasi hiburan rakyat yang dapat memberi kepuasan dan ide ini dipelopori oleh Januismadi dan partnernya Hadi, SH.

Sayang gagasan itu tidak dapat langsung terlaksana untuk menganakemaskan warga Yogyakarta.

Sama sesuai akte notaris RM. Wiranto No. 11 tanggal 10 September 1953 yang saat itu dipegang oleh Sri Paduka KGPAA Paku Alam VIIIDi tahun 1953 pada akhirnya jadi titik awalnya berdirinya Yayasan Gembira Loka Yogyakarta.

Dan pada tahun 1959 pada akhirnya KGPAA Paku Alam VIII memutuskan untuk lengser dan menunjuk Tirtowinoto meneruskan proses pembangunan Kebun Binatang Senang Loka.

Dan pada tahun 1978 di bawah pimpinan Tirtowinoto pada akhirnya Senang Loka mempunyai koleksi satwa yang lengkap dan sekarang menjadi satu diantara lokasi hiburan untuk warga Jogja.

Fasilitas Yang Ada Gembira Loka Zoo

Kawasan wisata Gembira Loka telah sediakan bermacam sarana yang lengkap. Selain toilet, tempat parkir, masjid, di sini beberapa pelancong bisa juga coba beberapa sarana wisata yang sangat menarik.

Satu diantaranya yang dapat dicoba ialah Perahu Katamaran. Sarana ini akan ajak beberapa wisatawan melingkari danau bikinan memiliki ukuran besar.

Selainnya mengelilingi danau, beberapa wisatawan dibawa untuk melingkari tempat Mayang Tirta yang mempunyai wujud seperti kapal besar.

Mayang Tirta sebagai salah satunya fasilitas panggung hiburan dan perlihatkan yang dipakai untuk menghibur beberapa pengunjung di Gembira Loka.

Untuk naik ke Perahu Katamaran itu beberapa wisatawan harus bayar ticket sebesar 10 ribu.

Fasillitas wisata yang dapat dicoba yang lain ialah Speed Boat, sebuah sarana yang hendak ajak pengunjung berkeliling-keliling danau dengan memakai perahu cepat.

Kemampuan Speed Boat ini cuma empat orang telah terhitung pemandu. Tiap pengunjung akan diberi pelampung untuk memberi jaminan keamanan sepanjang mengelilingi teritori rekreasi Kebun Binatang itu.

Untuk dapat nikmati fasilitas itu, pengunjung cuma dikenai biaya sekitaran 20 saja per orang.

Sarana yang lain masih terkait dengan danau ialah Bumper Boat. Sarana semacam Kapal ini cuma berisi dua orang dan memakai mesin.

Beberapa pengunjung akan diberi pelampung dan dibawa untuk melingkari sekitar danau.

Berbeda dengan Speed Boat, Bumper Boat lebih lamban dan tidak begitu kuat. Sarana itu khusus untuk pengunjung yang ingin santai bersama pasangan. Cukup bayar 20 ribu untuk menaikinya.

Sarana Skuter Air bisa juga dicoba. Cukup bayar 20 ribu saja beberapa pengunjung bisa mencoba.

Langkah pengoperasiannya hampir sama dengan Jet Ski namun tidak begitu cepat hingga benar-benar aman untuk anak-anak.

Ingin coba Banana Boat ? Di Gembira Loka ini ada juga loh sarana ini. Namun namanya Banana Orca Boat dan memiliki bentuk bukan pisang melainkan paus.

Kemampuan Banana Orca Boat ini cuma untuk empat orang. Cukup bayar 20 ribu untuk nikmati wahana itu.

Sementara sarana Perahu Kayuh ada di danau bikinan di Senang Loka ini. Untuk naiki sarana ini cukup bayar ticket sebesar 20 ribu.

Perahu Kayuh ini mempunyai wujud seperti Angsa, bagus sekali dan pas untuk beberapa pengunjung yang datang dengan keluarga atau pasangan.

Ditambah dengan situasi disekitaran danau yang lumayan menarik dan tempat kandang hewan di Gembira Loka menjad daya tarik di sini.

Untuk yang ingin santai sesaat, dapat ke arah tempat Therapy Ikan. Ticket untuk masuk ke tempat ini cuma sejumlah 20 ribu saja.

Di sini beberapa pengunjung akan diberi therapy pijat telapak kaki dan yang memijit ialah ikan-ikan kecil yang lucu dan menggemaskan. Sensasi rasa geli dan nikmat bersatu jadi satu saat mencoba.

Untuk beberapa pengunjung yang bawa anak-anak, tempat Kolam Tangkap dapat menjadi satu diantara tempat paling membahagiakan.

Di sini beberapa pengunjung anak-anak dapat bebas tangkap ikan-ikan hias yang berada di kolam itu.

Kolam dengan kedalaman sekitaran 30 cm ini benar-benar cocok untuk anak-anak. Disamping itu, dengan bayar ticket cuma 10 ribu saja bisa bawa pulang ikan-ikan hias yang ditangkap di sini.

Ingin pengalaman seperti pada Timur tengah? Nah, wahana Onta Tunggang pantas buat dicoba. Beberapa pengunjung dapat naiki hewan onta itu dengan bayar tiket sebesar 20 ribu saja.

Selainnya Onta Tunggang, Gajah Tunggang menjadi satu diantara sarana yang dapat kamu coba di Gembira loka.

Beberapa pengunjung akan naiki gajah dan berkeliling-keliling disekitaran tempat yang telah disiapkan di kawasan rekreasi Kebun Binatang Gembira Loka ini. Harga tiketnya sendiri sekitar 20 ribu per orang.

Kolam Sentuh juga ada di kawasan wisata ini. Beberapa pengunjung dapat ajak anak-anak untuk menyentuh kura-kura sampai hewan laut lainnya yang telah ada di kolam itu.

Dan yang memikat kembali ialah wahana ini tidak diambil biaya alias gratis . Maka beberapa wisatawan dapat menyentuh bermacam hewan dengan bebas.

Leave a Reply

Your email address will not be published.