Tiket Masuk Taman Sari Yogyakarta

Tiket Masuk Taman Sari Yogyakarta, Cagar Budaya yang Keren Banget

Posted on

Kepopuleran Jogja sebagai kota wisata memang sudah dikenal luas bahkan hingga mancanegara. Ada banyak sekali objek wisata yang menarik untuk dikunjungi di kota ini.

Salah satu yang tak boleh kalian lewatkan adalah Taman Sari Yogyakarta yang begitu terkenal. Apakah kalian sudah pernah mendengarnya?

Objek wisata yang satu ini wajib kalian singgahi ketika kalian sedang liburan ke Jogja lho. Kira-kira kenapa ya?

Yuk simak informasi harga tiket masuk Taman Sari Yogyakarta beserta jam operasional dan daya tariknya bagi wisatawan.

Informasi Seputar Taman Sari Yogyakarta

Taman Sari ini merupakan sebuah taman yang dimiliki oleh Keraton Yogyakarta. Ia dibangun sejak tahun 1758 dan selesai di tahun 1765.

Dengan luas total mencapai 10 hektar terdapat sekitar 57 bangunan mulai dari gedung, kolam, lorong bawah tanah dan juga jembatan.

Namun sekarang hanya ada beberapa sisa bangunannya saja yang bisa terlihat karena sisanya sudah berbaur dengan masyarakat.

Wisata Lainnya:  Harga Tiket Masuk Moja Museum yang Bukan Sembarang Museum 

Salah satu yang cukup terkenal adalah area kolam dan juga SUmur Gumulingnya. Keindahan panoramanya juga sering membuat Taman Sari Jogja sebagai spot foto yang aesthetic.

Harga Tiket Masuk Taman Sari Yogyakarta

Bagi kalian yang ingin masuk dan menikmati pemandangan indah di Taman Sari Jogja, maka akan dikenakan tarif tiket sebagai berikut :

Jenis Tiket Harga Tiket
Wisatawan Lokal Rp5.000,00
Wisatawan Asing Rp15.000,00
Izin Kamera Rp3.000,00
Sesi Foto Rp150.000,00 – Rp500.000,00
Guide Rp25.000,00 – Rp30.000,00
Parkir Motor Rp2.000,00
Parkir Mobil Rp5.000,00

Jam Buka Taman Sari Jogja

Untuk jam operasionalnya sendiri buka setiap hari mulai dari pukul 09.00 sampai dengan 15.00 WIB. Ketika musim liburan tiba, maka Taman Sari ini akan begitu dipadati dengan wisatawan setiap harinya.

Daya Tarik Taman Sari Yogyakarta

Mungkin banyak dari kalian yang bertanya-tanya, memangnya ada hal menarik apa saja yang bisa kita dapati di Taman Sari Jogja ini?

  • Kolam Taman Sari

Ada 2 buah kolam yang bisa kalian saksikan ketika melewati gerbang utama dimana masing-masing memiliki fungsi yang berbeda-beda.

Umbul Panguras adalah kolam untuk raja, Umbul Kawitan untuk para putri raja dan Umbul Pamuncar untuk selir-selir raja.

  • Gapura Panggung
Wisata Lainnya:  Tiket Masuk Taman Wisata Wendit Water Park Malang

Dulunya ini merupakan sebuah area yang dikhususkan untuk keluarga raja. Dilengkapi dengan tangga dari kayu jati, bangunan ini begitu megah dan masih berdiri kokoh hingga sekarnag.

  • Gapura Agung

Sebuah bangunan yang dilengkapi dengan ornamen berbentuk sayap burung serta bunga-bunga. Dulunya, tempat ini dipakai untuk transit bagi kereta kencana Kesultanan.

  • Sumur Gumuling

Salah satu spot paling populer di Taman Sari Jogja dan wajib banget kalian singgahi. Dulunya, bangunan ini merupakan masjid bagi para raja.

Bangunan tersebut mengusung arsitektur khas Jawa Portugis dengan lubang di bagian tengahnya. Terdiri dari 2 tingkat yang melingkar 360 derajat serta masih berdiri kokoh hingga sekarang.

  • Fasilitas Lainnya

Sebagai tempat rekreasi sekaligus cagar budaya yang dilindungi, Taman Sari Jogja ini juga dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas umum.

Contohnya seperti toilet umum, mushola, area parkir, gazebo, warung makan dan masih banyak lagi yang lainnya.

Alamat dan Rute Menuju Taman Sari Jogja

Bagi yang ingin berkunjung ke Taman Sari Jogja, maka alamatnya ada di daerah Patehan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta sekitar 750 meter dari Alun-Alun kidul, Cek Google Maps Disini.

Kalian bisa dengan mudah menemukannya karena lokasi Taman Sari ini hanya sekitar 5 menit perjalanan dari titik 0 kilometer Jogjakarta.

Wisata Lainnya:  Harga Tiket Masuk Pura Uluwatu, Lokasi, Dan Fasilitasnya

Tips Berkunjung ke Taman Sari Jogja

Jika kalian berkunjung ke Taman Sari Jogja, maka ada beberapa hal yang wajib kalain perhatikan, diantaranya :

  • Disarankan untuk berkunjung di pagi hari untuk menghindari ramainya pengunjung.
  • Pagi hari juga waktu yang tepat agar kalian tidak terkena teriknya panas matahari.
  • Meminta izin terlebih dahulu sebelum mengambil gambar dengan kamera.
  • Mentaati semua peraturan yang berlaku di kawasan wisata tersebut.

Kesimpulan

Itulah informasi wisata lengkap mengenai harga tiket masuk Taman Sari Yogyakarta yang begitu terkenal. Salah satu cagar budaya peninggalan keraton Jogja ini ini Memang populer dengan keindahan panoramanya.

Jika kalian sedang berlibur ke Yogyakarta, maka sempatkan untuk singgah dan melihat-lihat panorama indah yang disajikan oleh Taman Sari tersebut. Karena itu akan menjadi pengalaman tak terlupakan untuk kalian.

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *