1.Harga Tiket Masuk Telaga Saat Puncak

Harga Tiket Masuk Telaga Saat Puncak, 6 Tips yang Wajib Anda Perhatikan  

Posted on

Belakangan, makin banyak orang yang penasaran berapa harga tiket masuk Telaga Saat Puncak. Wajar karena danau yang memang masih belum seramai tetangganya ini diselimuti oleh kabar simpang-siur. Termasuk soal harga tiketnya.  

Review Singkat tentang Telaga Saat Puncak 

Bagi sebagian orang, Telaga Saat ini bisa dikatakan sebagai surga tersembunyi yang ada di Puncak Bogor. Telaga di kaki Gunung Kencana ini memiliki luas sekitar 1,5 hektar dan menjadi sumber aliran sungai Ciliwung (titik 0 Sungai Ciliwung). Belum banyak orang yang mengenal lokasi ini mengingat akses ke telaga ini dari Puncak Bogor terbilang berat. 

Ya, perjalanan ke lokasi ini mayoritas berupa bebatuan cukup terjal sekaligus licin dengan jalur yang terbilang sempit dengan tanjakan dan turunan curam. Meski demikian, kendaraan roda 4 masih bisa melalui medan tersebut. Apabila Anda berencana untuk melanjutkan perjalanan ke telaga ini, pastikan Anda menggunakan kendaraan yang benar-benar sesuai dan dalam kondisi prima.  

Satu hal yang mungkin membuat perjalanan Anda tak semenyiksa itu adalah, pemadangan di sepanjang jalan dan udara sejuk yang jarang terlihat di tempat lain. Suasana hijau dari bentangan perkebunan teh di sekeliling telaga dengan kabut yang sesekali menyelimuti, seakan memaksa Anda untuk berhenti sejenak dan menikmatinya.  

Telaga Saat sendiri memiliki air yang cenderung tenang yang memungkinkan liburan Anda bersama keluarga maupun pasangan akan semakin tenang, menyegarkan sekaligus berkesan. Bahkan tak sedikit pasangan yang mengabadikan momen prewedding mereka di sini. Soal fasilitas, telaga ini juga terbilang semakin lengkap mulai dari toilet umum, tempat-tempat duduk, gazebo, warung makan, tempat parkir, spot foto beserta jasa tukang foto, sewa mobil komodo, perahu dan beberapa lainnya. 

Wisata Lainnya:  10 Tempat Wisata di China Guangzhou yang Wajib Dikunjungi

Hal Menarik di Telaga Saat Puncak 

Sebagai tujuan rekreasi, ada beberapa hal yang mungkin bisa Anda lakukan di telaga Saat ini diantaranya adalah sebagai berikut: 

1. Piknik 

Kegiatan menarik yang dirasa cukup sepadan adalah piknik untuk lebih puas menikmati pemandangan dan udara segar telaga Saat. Pengunjung bisa membawa perlengkapan dan bekal piknik dari rumah kemudian menyiapkannya di area terbuka di sekitar telaga. Jika ada bekal yang kurang, masih ada warung makan sederhana di sekitar. 

2. Olahraga Tracking Keliling Danau 

Dengan keindahan alam dan udara yang sejuk, mungkin hal lain yang terlintas di benak pengunjung adalah melakukan olahraga di sekeliling telaga. Benar saja, di sini, pengunjung bisa melakukan tracking keliling telaga yang memang memiliki jarak keliling yang terbilang ideal. 

3. Naik Rakit 

Jika ingin lebih dekat menikmati keindahan telaga, pengunjung bisa menaiki rakit yang sanggup menampung hingga 6 orang sekaligus. Dari atas rakit, Anda bisa menikmati keindahan alam kaki gunung Kecana ini lebih dekat dengan alam.  

4. Berfoto di 0 Kilometer Ciliwung 

Salah satu spot yang bisa dibilang wajib saat berada di telaga Saat adalah berfoto, mengabadikan momen di 0 Kilometer Ciliwung. Apabila kamera ponsel Anda kurang mumpuni untuk mengambil gambarnya, tak ada salahnya menggunakan jasa foto yang ada di sekitar lokasi tersebut.  

5. Menaksikan Sunset dari Gazebo 

Jika Anda berencana untuk tetap tinggal hingga matahari terbenam, maka salah satu momen yang tak boleh dilewatkan adalah sunset dari telaga Saat. Anda bisa duduk bersantai di gazebo sekitar telaga untuk meresapi keindahan matahari tenggelam.  

Harga Tiket Masuk Telaga Saat Puncak 

Lalu, berapa harga yang harus Anda bayarkan untuk bisa masuk ke lokasi telaga Saat ini? Nah, di sini ada 2 tiket yang perlu Anda tebus yaitu tiket masuk bawah dan tiket masuk telaga. Berikut rinciannya: 

Wisata Lainnya:  8 Rekomendasi Kolam Renang Terbaik di Kota Medan
Tiket Masuk Bawah (Telaga Warna) Rp25.000/ orang
Tiket Masuk Telaga Saat Rp10.000/ orang
Parkir mobil Rp5.000
Parkir motor Rp2.000
Sewa mobil komodo Rp400.000/ 1,5 jam
Jasa foto Rp5.000/ foto (nego)

Tiket masuk senilai Rp25.000 tersebut dapat digunakan untuk masuk ke Telaga Warna. Namun demikian, tiket tersebut masih belum termasuk biaya masuk ke Telaga Saat, Rp10.000. Jadi total biaya yang perlu Anda bayarkan adalah Rp35.000. Tentu saja, biaya ini belum termasuk biaya parkir dan sewa wahana rakit dan area berkemah. 

Anda bisa berkunjung ke Telaga Saat di jam operasional pengelola setiap harinya, yaitu mulai pagi pukul 07.30 hingga sore pukul 18.00 WIB.  

Lokasi Telaga Saat Puncak 

Telaga Saat berada di Desa Tugu Utara, Kecamatan Cisarua, Kota Bogor Provinsi Jawa Barat dengan jarak sekitar 35,2 Km dari pusat kota Bogor. Jarak ini bisa ditempuh melalui tol dengan waktu perjalanan sekitar 1 jam 30 menit. Silakan pilih gerbang masuk dekat tempat wisata Melrimba Garden lalu pilih jalur ke kiri lalu lurus ke utara. Lokasi telaga dekat dengan Kampung Agrowisata Kopi Cibulao. 

6 Tips Berkunjung di Telaga Saat Puncak 

Ada beberapa tips yang sebaiknya Anda pertimbangkan agar kunjungan Anda ke telaga Saat jadi lebih menyenangkan. Berikut ini diantaranya: 

1. Kenakan atau Sediakan Baju Hangat  

Mengingat lokasi telaga yang ada di kaki gunung, maka udara di lokasi ini pun cenderung dingin. Maka dari itu, persiapkan atau langsung kenakan baju hangat apabila Anda bermasalah dengan hawa dingin pegunungan. Dingin akan semakin terasa saat sore jelang malam.  

2. Pastikan Kendaraan Anda Tepat 

Meskipun jalur menuju telaga ini masih bisa dilalui oleh kendaraan roda 4, pastikan Anda menggunakan jenis mobil yang tepat. Ada baiknya Anda memilih mobil yang memiliki ground clearance yang cukup tinggi mengingat medan yang cenderung terjal dan curam. Begitu pula untuk Anda yang menggunakan sepeda motor, pastikan roda dan mesin Anda dalam kondisi prima. 

Wisata Lainnya:  Kata Kata Promosi Tempat Wisata

3. Sewa Mobil Komodo 

Apabila Anda tak ingin memaksa kendaraan Anda sampai ke lokasi telaga, tak ada salahnya menggunakan jasa transportasi yang ada. Dalam hal ini, Anda bisa mempertimbangkan sewa mobil komodo yang sudah stand by sebelum pintu masuk. Tenang, Anda juga bisa minta dijemput pada jam tertentu jika ingin puas menikmati keindahan telaga.      

4. Bawa Bekal Sendiri 

Perlu diketahui bahwa warung-warung yang ada di sekitar lokasi telaga hanya menyediakan makanan kecil atau makanan ringan saja. Artinya jika Anda merasa lapar dan ingin makan, sebaiknya siapkan bekal makan Anda dari rumah. Anda bisa mekana bekal tersebut di gazebo atau menggelar piknik. 

5. Cek Prakiraan Cuaca 

Anda yang ingin menikmati telaga di cuaca cerah, pastikan untuk datang saat musim kemarau. Namun jika memang ingin menikmati alam sebagaimana adanya, sebaiknya bersiap untuk cuaca hujan di lokasi ini. Alternatif lainnya, Anda juga bisa menyimak prakiraan cuaca dari BMKG terlebih dahulu sebelum berangkat. 

6. Siapkan Kamera 

Kemungkinan besar, Anda ingin mengabadikan momen selama berada telaga Saat. Meskipun banyak jasa foto di lokasi ini, tak ada salahnya untuk membawa kamera sendiri bukan? Pastikan Anda membawa kamera, smartphone atau drone dengan baterai dan kapasitas penyimpanan yang memadai.  

Akhir Kata 

Itulah tadi penjelasan tentang harga tiket masuk Telaga Saat Puncak, hal menarik beserta tips-tips yang sebaiknya Anda terapkan. Semoga liburan Anda di sini semakin menyenangkan dengan informasi di atas.  

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *