Harga Tiket Masuk Gunung Papandayan

Harga Tiket Masuk Gunung Papandayan dan Pesonanya

Posted on

Kawasan Gunung Papandayan dibuka kembali untuk kunjungan wisata pada bulan Desember 2022. Tiket masuk Gunung Papandayan adalah informasi penting jika Anda ingin melakukan rekreasi, camping, penelitian, maupun pendakian di sana.

Artikel ini mengulas secara singkat tentang daya tarik Gunung Papandayan, kegiatan yang bisa dilakukan di sana, tiket masuk, jam buka, dan cara menuju ke lokasi wisata Gunung Papandayan.

Daya Tarik Gunung Papandayan

Gunung Papandayan adalah salah satu gunung berapi aktif di Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat. Namun, area sekitar gunung ini sudah terkenal sebagai salah satu lokasi tujuan wisata. 

Kawasan Gunung Papandayan memiliki objek wisata yang beragam. Selain menawarkan aktivitas pendakian, objek wisata ini telah dilengkapi dengan fasilitas yang nyaman sebagai tempat rekreasi bagi keluarga

Bentang alamnya yang menawan menjadi salah satu daya tarik kawasan ini. Meskipun merupakan gunung berapi aktif, lokasi wisata ini hampir tak pernah sepi dari kunjungan.

Gunung Papandayan memiliki kawah belerang dan danau sisa letusan. Di sekitar kawahnya, ada hutan Cantigi yang sudah mati. Kemudian, ada hamparan bunga Edelweiss yang mempesona dan sumber mata air panas.

Kegiatan di Area Wisata Gunung Papandayan

Dengan dibukanya area Gunung Papandayan untuk kunjungan wisata, Anda dapat memanfaatkan fasilitasnya untuk berbagai kegiatan. Beberapa di antaranya ada dalam bahasan di bawah ini.

1. Hiking

Gunung Papandayan adalah medan pendakian yang cocok bagi pendaki pemula. Medannya terbuka dan memiliki jalur yang jelas. Tidak ada hutan lebat meskipun cukup banyak tanjakan dan turunan. 

Fasilitas pendakian yang disediakan juga lengkap. Pos pendakian pertama, yaitu area perkemahan Gober Hut, tanahnya landai dan cukup untuk mendirikan beberapa tenda. Ada warung-warung yang selalu buka dan toilet yang bersih.

Selanjutnya, ada area perkemahan Pondok Saladah yang lebih luas dan nyaman. Kemudian, ada area Tegal Alun dengan hamparan edelweiss yang indah. Waktu pendakian hingga ke puncak kira-kira empat jam. 

2. Berendam

Gunung Papandayan adalah gunung berapi yang masih aktif sehingga memiliki sumber panas bumi yang baik. Sumber air panasnya melimpah, tidak hanya sekadar bersuhu tinggi, tetapi juga mengandung belerang. 

Jika berkunjung ke sini, cobalah untuk berendam di kolam air panas yang tersedia. Ukuran kolamnya luas sehingga pengunjung bisa berendam dengan nyaman..

3. Tracking Gunung Papandayan

Salah satu keunikan Gunung Papandayan adalah puncaknya yang langsung bisa dilihat tak jauh dari pintu masuk. Waktu yang dibutuhkan untuk tracking ke kawah terdekat hanya sekitar 20 menit.

Pengunjung cukup mengikuti jalan setapak dengan tangga batu yang tersusun rap dan bisa dilalui anak-anak hingga orang dewasa. Anda juga bisa mencoba pengalaman bersepeda di sepanjang rute perjalanan yang menanjak dan berbatu.

4. Hunting Foto

Gunung Papandayan memiliki banyak spot foto alami yang indah. Spot Pertama adalah Taman Edelweiss di dekat kolam berendam. Lalu, area hutan mati Cantigi yang unik dan Danau Papandayan dengan airnya yang berwarna hijau kebiruan.

Harga Tiket Masuk Gunung Papandayan

Para wisatawan harus membayar tiket masuk. Harga tiket masuk ini berbeda antara pengunjung lokal dan mancanegara. Daftar tiket masuk Gunung Papandayan selengkapnya adalah:

Tiket pada Hari Biasa (Senin-Jumat) Harga
  • Pengunjung Nusantara
Rp20.000/orang
  • Pengunjung Mancanegara
Rp200.000/orang
  • Rombongan Pelajar
Rp18.000/orang
  • Roda 2
Rp12.000
  • Roda 4
Rp25.000
  • Roda 6
RP110.000
  • Sepeda
Rp7.000
Sabtu-Minggu dan Hari Libur Besar Lainnya
  • Pengunjung Nusantara
Rp30.000/orang
  • Pengunjung Mancanegara
Rp300.000/orang
  • Rombongan Pelajar
Rp20.000/orang
  • Roda 2
Rp17.000
  • Roda 4
Rp35.000
  • Roda 6
Rp150.000
  • Sepeda
Rp10.000

Jam Buka

Kawasan Gunung Papandayan buka setiap hari. Untuk hari Senin-Kamis, buka mulai 07.00 sampai 17.00 WIB, Jumat-Sabtu buka selama 24 jam, dan Minggu buka mulai pukul 07.00-18.00 WIB. 

Lokasi Gunung Papandayan

Kawasan wisata Gunung Papandayan terletak di Kecamatan Cisurupan, Kabupaten Garut, Jawa Barat, kira-kira 30 kilometer dari Kota Garut. Akses jalan menuju ke sana sudah cukup baik.

Selain menggunakan kendaraan pribadi, Anda bisa menggunakan angkutan umum untuk sampai di sana. Dari Terminal Guntur, gunakan minibus hingga Desa Cisurupan, lalu lanjutkan dengan mobil bak hingga pintu masuk kawasan wisatanya.

Demikian informasi tentang tiket masuk Gunung Papandayan yang dibuka kembali untuk kunjungan wisata pada bulan Desember 2022. Pastikan Anda mempersiapkan diri dengan baik sebelum mengunjungi tempat ini. Selamat berlibur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *