Tebet Eco Park Harga Tiket Masuk

Tebet Eco Park Harga Tiket Masuk 2023 Benarkah Gratis? 

Posted on

Banyak calon pengunjung yang mencari informasi tentang Tebet Eco Park harga tiket masuk update terbaru. Ya, lokasi taman wisata lawas ini memang membuat orang penasaran sejak dibuka kembali belakangan ini. Nah, apabila Anda juga berencana untuk berkunjung, ada baiknya simak update terkini dari taman urban ini.

Sekilas tentang Tebet Eco Park 

Tebet Eco Park (TEP) sejatinya sudah bukan lagi tempat baru di Jakarta. Sebelumnya, taman ini dikenal sebagai Tebet Honda Park atau Taman Tebet saja. Bukan hanya namanya yang baru, taman ini juga punya tampilan serta fasilitas baru yang disebut-sebut lebih menarik. Area taman kota yang memiliki luas area mencapai 7 hektar ini didedikasikan bagi warga dan lingkungan atau sebagai ruang terbuka hijau.  

Taman yang sudah direvitalisasi ini terbagi dalam 2 zona yang dulunya terpisah, yaitu Taman Tebet Utara dan Taman Tebet Selatan. Saat ini, keduanya disatukan untuk bisa menghadirkan fungsi ekologi, sosial, edukasi sekaligus rekreasi. Jadi, meskipun masih terbagi ke dalam Zona Selatan dan Zona Utara, pengunjung bisa menyeberang dengan mudah dan aman melalui Infinity Link Bridge.   

Untuk bisa menghadirkan sebuah taman dengan konsep harmoni alam dan manusia serta menawarkan berbagai fungsi di atas, taman ini pun dilengkapi dengan berbagai fasilitas. Di sini, pengunjung bisa memanfaatkan fasilitas seperti bangku-bangku taman, area-area terbuka untuk piknik, toilet bahkan tempat ibadah. Tak sekedar taman kota, Tebet Eco Park bisa menjadi perwujudan bagaimana manusia dan alam saling berinteraksi sekaligus saling melindungi. 

Hal Menarik di Tebet Eco Park 

Lantas, apa saja hal yang bisa Anda lakukan di Tebet Eco Park ini? Berikut penjelasan yang bisa jadi bahan pertimbangan Anda sebelum berkunjung: 

1. Zona Utara 

Di sini, pengunjung bisa menemukan antara lain: 

  • Amphitheater: tempat untuk menikmati pertunjukan sekaligus dimanfaatkan sebagai tempat berkumpul 
  • Plaza: tempat untuk melihat berbagai produk buatan UMKM, antara lain makanan, minuman dan produk cinderamata 
  • Thematic Garden, Community Lawn dan Event Lawn: tempat-tempat yang bisa dimanfaatkan sebagai ruang terbuka untuk bersantai bersama keluarga atau kegiatan lainnya 

2. Zona Selatan 

Ada beberapa tempat yang menarik dikunjungi di area ini, diantaranya: 

  • Wetland Boardwalk: taman yang menarik untuk didatangi sekedar berjalan-jalan atau bersantai 
  • Children Playground: tempat bermain anak yang terbagi dalam Zona Eksplorasi, Zona Leisure dan Zona Petualangan 
  • Community Garden dan Community Pavilion: tempat berkumpulnya komunitas  
  • River Naturalization: area naturalisasi sungai yang bisa menjadi tempat beristirahat  

3. Jembatan Infinity  

Seperti yang diketahui bahwa Tebet Eco Park ini terbagi dalam 2 zona yang masing-masing memiliki daya tariknya sendiri. Untuk menyatukan kedua zona sekaligus memudahkan pengunjung untuk menyeberang zona, ada jembatan penghubung yang bernama Infinity Link Bridge. Menariknya, banyak pengunjung yang menyempatkan diri untuk mengambil foto di atas jembatan ini karena pemandangannya yang berkesan. 

Tebet Eco Park Harga Tiket Masuk 2023

Jika Anda ingin berkunjung ke lokasi taman ini, mungkin hal yang ingin Anda pastikan terlebih dahulu adalah harga tiket masuknya. Saat ini, untuk masuk ke lokasi Tebet Eco Park ini, pengunjung tidak dikenakan biaya alias gratis. Hanya saja, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui terlebih dahulu. 

Berstatus baru di buka kembali, pengelola tak ingin gegabah membuka lokasi taman ini untuk umum mengingat pandemi Covid-19 memang belum berakhir sepenuhnya. Demi mencegah kerumunan, pemerintah DKI menerapkan pembatasan dengan jumlah 4,000 orang/ sesi untuk weekday, dan 5,000 orang/ sesi untuk weekend. Tak hanya itu, Anda juga harus melakukan pendaftaran untuk bisa masuk. 

Cara mendapatkan tiket masuk gratis ke Tebet Eco Park adalah sebagai berikut: 

  1. Silakan download aplikasi JAKI di Google PalyStore atau Apple App Store 
  2. Setelah terinstal, silakan buka aplikasi lalu klik pada Daftar Masuk Tebet Eco Park 
  3. Selanjutnya, silakan isi data diri dan data kunjungan, meliputi jumlah pengunjung, tanggal kedatangan dan sesi kunjungan 
  4. Selesai registrasi, Anda akan mendapatkan barcode sebagai tiket masuk ke taman tanpa harus membayar lagi 

Terkait jam operasional, Tebet Eco Park ini buka setiap hari, bahkan saat libur nasional sekalipun. Anda bisa  datang ke taman ini sesuai sesi jam kunjung yang terbagi dalam  

  • Sesi 1 pukul 07.00-11.00 WIB  
  • Sesi 2 pukul 13.00-17.00 WIB 

Lokasi Tebet Eco Park 

Taman ini beralamat di Jl. Tebet Barat Raya, Tebet Barat, Kecamatan Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Istimewa Jakarta. Sedangkan untuk bisa mencapai lokasinya, Anda disarankan untuk menggunakan sarana transportasi umum seperti JAK dan KRL. Berikut ini detail yang bisa Anda simak: 

  • Menggunakan JAK: JAK 18 rute St. Kalibata Kuningan Madya, atau pilih JAK 43 rute Tongtek – Cililitan. 
  • Menggunakan KRL: Rute Merah KRL Commuterline arah Bogor/Depok lalu turun di Jakarta Kota, atau pilih Rute Kuning KRL Commuterline arah Bogor/Depok kemudian turun di Jati Negara. 
  • Menggunakan Transjakarta yang berhenti di Halte Tebet BUMD (yaitu koridor 7D, 9, 9A, 9C, dan 13F) atau yang berhenti di Stasiun Tebet (yaitu koridor 5B, 6C, 6D dan 6E) 
  • Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi, Anda bisa memilih beberapa lokasi kantong parkir di sekitar taman sebagai tujuan 

Akhir Kata 

Jadi, Tebet Eco Park harga tiket masuk untuk saat ini adalah gratis, tanpa dipungut biaya. Hal ini berlaku dengan pembatasan jumlah pengunjung dan pendaftaran yang dilakukan melalui aplikasi JAKI. Meskipun Anda tak perlu mengeluarkan uang, ingat untuk selalu patuhi peraturan yang telah ditetapkan oleh pengelola demi keamanan dan kenyamanan para pengunjung. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *