7 Rekomendasi Wisata Alam Terbaik di Cirebon

7 Rekomendasi Wisata Alam Terbaik di Cirebon yang Lagi Hits (2022)

Posted on

Cirebon kaya akan bangunan monumental dan tempat rekreasi yang mengagumkan. Apa lagi lokasi ini benar-benar vital dan jadi simpul transportasi yang menyambungkan Jawa Barat dan Jawa tengah. Disamping itu, terletak yang tidak jauh dari pusat perkotaan Jakarta. Untuk kamu yang merencanakan liburan akhir minggu atau sekadar habiskan piknik tahun akhir kelak di Cirebon.

7 Rekomendasi Wisata Alam Terbaik di Cirebon

Berikut referensi tempat rekreasi terbaik di Cirebon:

  1. Telaga Biru Cicerem

Keindahan airnya jernih sebening kaca dan terlihat warna biru. Daya tarik Telaga Biru Cicerem membuat dipanggil Blue Lake dari Kuningan. Panoramanya semakin elok oleh beberapa warna cerah ikan-ikan yang hidup di telaga ini. Demikian kontras dengan birunya air telaga. Tetapi, membuat panorama yang romantis dan mempesona.

Situasinya

asri dikitari pohon-pohonan tinggi teduh dan udara yang fresh. Benar-benar nyaman memberi ketenangan alam pemikiran. Apa lagi ada kegiatan bagus yang dapat menambahkan koleksi photo instagram.

  1. Taman Wisata Goa Sunyaragi Cirebon

Jika pergi ke Cirebon, kamu harus mengunjungi Gua Sunyaragi. destinasi pariwisata kota Cirebon yang paling iconic dan favorite pelancong khususnya saat peak season. Tempat ini penuh akan riwayat dan mempunyai arsitektur unik yang memikat buat ditelusuri.

Gua yang seperti candi ini bukan gue biasa yang tercipta dari peristiwa alam. Ini adalah kreasi manusia yang dibuat dari formasi batu hingga seperti terlihat gua batu alam. Namanya sendiri diambil dari bahasa Sansekerta yaitu sunya (tenang) dan ragi (jiwa atau badan). Kabarnya, gua ini dibangun untuk tempat meditasi untuk keluarga kesultanan Cirebon. Sampai saat ini jadi situs budaya penting yang disebut sisi dari Keraton Kasepuhan.

Menyebar

di tempat selebar lebih dari 15 hektar. Gua Sunyaragi mempunyai gua-gua kecil yang dikitari oleh kolam dan taman-taman indah yang ada patung-patung religius. Daya magnet yang lain ada di arsitektur gua yang dikuasai oleh style classic Indonesia, Cina, Timur tengah dan Eropa. Lihat saja pada dinding-dinding gua yang terukir bunga persik, bunga matahari dan bunga teratai. Bentuknya menunjukkan style arsitektur Cina.

    start="3">
  1. Cirebon Waterland Ade Irma Suryani

Cirebon Waterland menjadi salah satu destinasi wisata yang menjadi rekomendasi tempat untuk bermain air paling populer di Cirebon. Jalurnya gampang cuma 2 km dari pusat perkotaan. Lokasinya yang ada di tepi pantai jadi kelebihan objek rekreasi ini. Apa lagi tempat ini mempunyai panorama matahari keluar yang menarik.

Tidak itu saja, rekreasi air yang dekat di sapa Taman Ade Irma Suryani ini mempersiapkan banyak sarana dan sarana yang komplit. Semuanya jadi daya magnet untuk pengunjung, terutamanya pecinta photografi. Lantas, apa yang dapat kamu kerjakan di Cirebon Waterland.

  1. Pantai Kejawanan

Lokasinya tidak begitu jauh dari Cirebon Waterland, memungkinkannya kamu untuk berkunjung ke pantai ini. Pantai Kejawan sebagai salah satunya pantai Cirebon terpopuler karena mempunyai panorama alam yang mempesona. Nuansa laut biru bersatu ombak pohon pinggir pantai yang memikat dan bentangan pasirnya. Pemandangan gunung Ciremai dari terlalu jauh makin menambahkan indah Pantai Kejawan.

    start="5">
  1. Bukit Gronggon

Ingin melihat kota Cirebon dari ketinggian? Silakan datang ke perbukitan Gronggong. Ada di dataran tinggi di antara tepian Kuningan dan Cirebon. Wisata rekreasi ini selalu dipenuhi pelancong khususnya golongan muda. Panorama yang dihidangkan benar-benar indah yang tidak kamu dapatkan di perkotaan. Nuansa alam asri dan berkilau lampu permukiman sekitaran membuat situasi di Bukit Gronggong berasa romantis.

Waktu

terbaik berkunjung Bukit Gronggong ialah saat musim penghujan. Kehijauan terbentang di bukit ini jadi daya magnet tertentu. Saat musim penghujan, rimbun dengan pohon-pohonan rumput-rumputan hijau. Makin dipercantik dengan tebaran beragam ukuran beberapa pohon kersen.

Bahkan juga pada siang hari, panorama yang di hadirkan juga tidak kalah menarik. Walau kadang panas matahari silau mata, tetapi terbayarkan dengan sejuknya angin dan pemandangan hijau beri kesegaran mata. Disamping itu, kamu bisa juga menyaksikan landscape perkotaan yang kece di atas bukit ini.

Situasi dan udara yang seperti di pedesaan akan membuat kamu makin kerasan. Pada sore harinya dapat melihat keelokan matahari terbenam yang mempesona, didampingi dengan minuman dan makanan hangat. Jagung bakar dan kopi panas yang ditawarkan pedagang kaki lima di sejauh bukit siap mengantarkan kehangatan peristiwa sunset kamu.

    start="6">
  1. Batu Lawang Cirebon

Wisata alam dengan topik stone yang ada di Dusun Cupang menyuguhkan pemandangan indah dan benar-benar instagramable. Beberapa foto keelokan tempat ini lebih banyak berseliweran di feed instagram. Ya, wisata Bukit Lawang sedang nge-hits beberapa saat terakhir di kelompok pelancong.

Di tempat selebar 3 hektar ini, pelancong dapat menikmati keelokan alam dari pucuk tebing berbatu. Kamu perlu tracking dulu untuk capai pucuk. Tetapi, rasa capek terbayarkan dengan panorama sekelilingnya yang mengagumkan. Landmark hijau pohon-pohonan dan semak-semak sesuai dengan langit biru dan awan putih cerah memayungi. Karena itu, waktu terbaik berkunjung Batu Lawang ialah saat musim panas, pada pagi atau sore hari.

    start="7">
  1. Wisata Kera Plangon

Kota Cirebon punya obyek wisata unik seperti Monkey Forest yang berada di Sangeh, Bali. Persisnya di Dusun Babakan yang memiliki jarak lebih kurang 5 km di samping barat dari pusat perkotaan Cirebon. destinasi rekreasi ini sebagai kombinasi di antara panorama alam rimba, nilai-nilai riwayat dan ada komunitas monyet dalam jumlah yang cukup banyak.

Plangon benar-benar pas untuk yang menyenangi rekreasi penjelajahan dan sekalian pelajari riwayat kota Cirebon Nama Plangon sendiri dengan bahasa Tegal memiliki arti “klangenan” atau tempat untuk menentramkan diri. Tempatnya ada di pinggir sungai yang dihias pohon-pohonan teduh hingga benar-benar nyaman untuk santai dan menentramkan diri.

Kabarnya Plangon sebagai tempat menyepi untuk 2 orang Pangeran keraton Cirebon yakni Pangeran Panjunan dan Pangeran Kejaksaan. Tempat petilasan pusara ke-2 pangeran ini berada di pucuk bukit. Tidaklah aneh, bila banyak juga pengunjung di luar kota yang berziarah dan berdoa pada tempat ini. Untuk sampai ke pucuk bukit Plangon, kamu perlu naiki banyak anak tangga.

Leave a Reply

Your email address will not be published.