Tiket Masuk Pantai Santolo Garut

Tiket Masuk Pantai Santolo Garut, Wisata Cantik Kota Dodol

Posted on

Suka berwisata ke pantai? Cobalah datang ke Garut. Pasalnya ada wisata bahari menyenangkan dan indah di sana. Tidak perlu khawatir, karena tiket masuk Pantai Santolo adalah tergolong cukup murah.

Mengisi liburan dengan mendatangi pantai memang menjadi kegemaran banyak orang. Pasalnya, tidak hanya menikmati air berwarna biru jernih, bermain pasir pun cukup menyenangkan. Apalagi jika pemandangan di sana sangat memukau.

Lokasi, Tips Berkunjung, Dan Tiket Masuk Pantai Santolo

Merencanakan liburan memang harus cermat. Jika tidak, bisa jadi momen tersebut akan berantakan. Oleh karena itu, mengenal Pantai Santolo sebelum datang ke sana adalah langkah tepat.

1. Sejarah Pantai Santolo

Sebelum mengenal lebih jauh, tidak ada salahnya mengulik sedikit tentang sejarahnya. Awalnya, masyarakat sekitar menyebut kawasan ini dengan nama cilauteureun. Namun, dahulu orang berkebangsaan Belanda kesulitan menyebutkan nama tersebut.

Alhasil, hingga kini, pantai tersebut terkenal dengan nama Santolo. Uniknya, dahulu pantai tersebut merupakan salah satu dermaga tempat kapal pengangkut rempah-rempah. Hingga kini, tempat tersebut menjadi dermaga bagi para nelayan.

2. Lokasi Dan Link Maps

Pantai yang sangat indah ini terletak di Desa Pameungpeuk, Kecamatan Cikelet, Garut, Jawa Barat. Letaknya berada di 90 km ke arah selatan dari pusat kota Garut. Jadi, Perjalanan dari sana akan memakan waktu kurang lebih tiga jam.

Jarak yang tidak terlalu jauh dari pusat kota Garut tersebut membuat mudah menjangkaunya. Apalagi ada banyak penunjuk jalan yang akan memudahkan pelancong. Jadi, tidak perlu takut tersesat, ya. Bisa juga mengikuti peta ini.

3. Rute Menuju Pantai Santolo

Sebenarnya ada beberapa rute perjalanan yang bisa pengunjung pilih untuk menuju ke Pantai Santolo ini. Di antaranya adalah:

  • Pertama, pelancong bisa menggunakan Rute Ciwidey. Dari sana menyusuri jalan di Cisewu, lanjut Bungbulang, dan berakhir di Desa Pameungpeuk. Hanya saja, sebaiknya membawa kendaraan sendiri, karena transportasi umum masih jarang.
  • Kedua, ada juga rute yang umum diambil oleh pengunjung. Urutannya adalah dari Garut, ke Cikajang, Lanjut ke Cikelet, baru masuk ke Pameungpeuk. Namun, berhati-hatilah, karena kondisi jalan memiliki banyak tikungan tajam.
  • Ketiga, Bagi pengunjung yang berasal dari Tasikmalaya, bisa menggunakan jalur Cipatujah. Jangan khawatir, karena kondisi jalan rute ini cukup baik.
  • Keempat, apabila berasal dari Bandung, rutenya adalah berawal dari Ranca Bali, lanjut ke Naringgul, Cidaun, Rancabuaya, dan berakhir di Santolo.

Melihat ada beberapa rute berbeda, tampak bahwa dari arah manapun akan mudah menuju Pantai Santolo tersebut. Wisatawan tinggal memilih dari lokasi mana berasalnya.

4. Harga Tiket Masuk Pantai Santolo

Sudah tertarik untuk berkunjung ke sana? Ketahui terlebih dahulu harga tiket masuknya. Untungnya, biaya untuk bisa mengunjunginya cukup murah, yaitu:

  • Harga tiket masuk Rp 4.000
  • Parkir kendaraan roda dua Rp 3.000
  • Ongkos Parkir untuk kendaraan beroda empat Rp 5.000

Tidak mahal, bukan? Adapun jam berkunjung bisa kapan saja, karena pantai ini buka selama 24 jam. 

5. Fasilitas Wisata

Lantas, bagaimana dengan fasilitasnya? Nyatanya, meskipun harga tiketnya murah, fasilitas yang ada cukup lengkap. Di antaranya adalah:

  • Lahan parkir luas dan memadai
  • Kedai makanan
  • Camping area aman dan nyaman
  • Toilet dan kamar mandi
  • Musala
  • Aneka wahana permainan air

Melihat fasilitasnya, rasanya akan sangat nyaman berkunjung ke pantai ini, bukan? Pasalnya, segala kebutuhan umum bagi pelancong telah tersedia.

6. Tips Berkunjung

Sebagaimana kita ketahui, berwisata perlu memiliki persiapan matang. Tujuannya agar tidak ada kendala ketika sedang berkunjung ke suatu daerah. Hal ini juga berlaku ketika mendatangi Pantai Santolo.

Faktanya, ada beberapa tips berkunjung yang perlu menjadi perhatian sebelum mendatangi kawasan wisata ini. Di antaranya adalah:

  • Jam berkunjung paling tepat adalah pagi ataupun sore hari, karena matahari tidak terlalu terik.
  • Jika gemar fotografi, bisa berburu pemandangan sunset saat senja.
  • Jangan lupa membawa baju ganti, karena banyak kegiatan berkaitan dengan air.
  • Persiapkan memori memadai pada kamera maupun ponsel, karena ada banyak spot foto menarik.
  • Pastikan membawa power bank, agar ponsel selalu fully charge.
  • Persiapkan dana tambahan yang cukup untuk menyewa berbagai wahana, seperti banana boat, serta kapal untuk mengelilingi pantai.

Akhir Kata

Jangan ragu lagi, penjelasan tentang tiket masuk Pantai Santolo adalah salah satu alarm agar Anda memutuskan untuk segera berkunjung ke sana. Pasalnya kawasan wisata ini tergolong murah, tetapi sangat menyenangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *