10 Rekomendasi Tempat Wisata di Jepar

10 Rekomendasi Tempat Wisata di Jepara, Surga Tersembunyi di Jawa tengah

Posted on

Beberapa orang mengenali Kabupaten Jepara karena kehadiran Kepulauan Karimunjawa yang dikatakan sebagai salah satunya “surga” bawah laut di Indonesia.

10 Rekomendasi Tempat Wisata di Jepara

Rupanya tidak hanya itu, Jepara banyak memiliki atraksi wisata alam yang pantas dikunjungi untuk berlibur seru. Salah satunya seperti sepuluh tempat rekreasi di jepara berikut!

  1. Taman Nasional Karimunjawa

Kota Jepara telah sama dengan keindahan alam di Kepulauan Karimunjawa. Rangkaian yang tercipta lebih dari 20 pulau kecil ini diperkembangkan sebagai wisata taman laut dengan beberapa spot menarik.

Kamu dapat snorkeling untuk melihat indahnya biota laut, berkunjung di penangkaran hiu, tracking ke hutan mangrove, berkunjung banyak pantai sekalian, rekreasi kulineran, sampai rekreasi religius.

    start="2">
  1. Air Terjun Jurang Nganten

Air Terjun Jurang Nganten terbagi dalam tebing tegak dengan kucuran air cenderung tenang. Air terjun dengan tinggi 50 meter ini dapat dilakukan dengan berkendaraan sepanjang 40 menit dari pusat kota Jepara.

Untuk ke arah ke situ, kamu perlu trekking sekitaran 500 meter dengan medan yang cukup terjal. Tapi demikian sampai di situ, gemericik air dan pohon-pohonan yang asri akan langsung menyambutmu. Apa lagi situasinya tenang, karena sedikit tersentuh wisatawan.

Lokasi: Dusun Turung, Desa Tanjung, Kecamatan Pakis Aji, Kabupaten Jepara, Jawa tengah.

  1. Pantai Benteng Portugis

Di pinggir pantai ini berdiri Benteng Portugis yang telah ada semenjak 1923 dan jadi cagar budaya yang dilindungi pemerintahan. Selainnya ramai didatangi karena terlihat gagah, beberapa orang yang tiba untuk berenang di pantai.

Pinggiran

pantainya tidak berbentuk pasir, tetapi bebatuan dan tebing. Karenanya, banyak yang memakainya untuk memancing. Sarananya sudah cukup lengkap, dimulai dari kamar mandi sampai gazebo untuk bersantai.

Lokasi: Jalan Benteng Portugis – Tayu KM 48, Donorejo, Banyumanis, Donorojo, Kabupaten Jepara, Jawa tengah.

  1. Pulau Panjang

Pulau selebar 19 hektar ini dikelilingi perairan dangkal yang paling jernih dan disanggupi terumbu karang. Keindahan yang dijajakan pulau ini tidak kalah dari Karimunjawa, udara bersih dan lingkungannya yang asri jadi daya tarik intinya.

Kamu dapat sewa sepeda untuk berkeliling-keliling pulau dan nikmati suasana yang menentramkan. Ditambahkan lagi Pulau Panjang belum terlampau padat pengunjung, rasanya seperti menempati pulau individu.

Beberapa

kegiatan yang dapat kamu kerjakan selainnya naik sepeda diantaranya snorkeling, berkemah, sampai rekreasi religius berkunjung makam Syekh Abu Bakar Bin Yahya Ba’alawi.

Lokasi: Ujungbatu, Jepara, Jawa tengah.

  1. Pantai Punuk Sapi

Pantai Punuk Sapi terkenal dikatakan sebagai Pantai Lemah Abang yang memiliki arti “pantai tanah merah”. Dinamakan begitu karena pantai ini disanggupi gundukan sampai bukit dengan tanah warna merah yang sepintas memiliki bentuk serupa punuk sapi.

Pantai ini mempunyai pasir berwarna hitam, tetapi tidak kalah elok dibandingkan beberapa pantai berpasir putih. Ada hammock dan ayunan yang dapat kamu pakai untuk santai, sekalian berfoto di atas ketinggian.

Lokasi:

Dusun Balong, Kecamatan Kembang, Kabupaten Jepara, Jawa tengah.

  1. Hutan Wisata Sreni

Hutan Wisata Sreni atau Sreni indah ada di kaki Gunung Muria dan sebagai hutan pinus dengan udara sejuk. Walau terhitung rimba lindung, kawasan Hutan Rekreasi Sreni diperkembangkan sebagai kawasan wisata.

Ada instalasi unik untuk berpose dan gardu pandang di atas pohon pinus yang dapat kamu nikmati. Disamping itu, tempat seluas 110 hektar yang diatur Perhutani itu sering jadi tempat kemping yang membahagiakan.

Lokasi: Dusun Bategede Kecamatan Nalumsari, Jepara, Jawa tengah.

  1. Goa Tritip, Ujungwatu, Donorojo

Jaman dulu, Gua Tritip sebagai tempat pertapaan seorang figur namanya Mbah Joyo Kusumo. Masyarakat di tempat memandang tempat itu sebagai petilasannya. Disekitaran gua batu ada perahu kayu yang kabarnya jadi tempat pertapaan Mbah Joyo Kusumo.

Meskipun

begitu, sekarang Gua Tritip jauh dari kata seram, karena telah diatur secara baik sebagai tempat wisata. Kamu bahkan juga dapat santai di gazebo atau gardu pandang yang dibuat di situ.

Lokasi: Dusun Uluwatu, Kecamatan Donorojo, Jepara, Jawa tengah.

  1. Pantai Pungkruk

Pantai Pungkruk punyai kemiripan dengan Pantai Jimbaran, Bali. Tidak hanya menarik karena lautnya, kawasan ini sebagai tempat rekreasi kulineran paling besar di Jepara.

Beberapa rumah makan berpenampilan gazebo dan rumah apung berdiri di atas pantai berkarang ini. Menu yang dihidangkan juga bermacam, seperti bermacam masakan ikan laut sampai makanan khas Jepara.

Lokasi:

Dusun Mororejo, Kecamatan Mlonggo, Kabupaten Jepara, Jawa tengah.

  1. Bukit Bejagan

Salah satu teritori rekreasi yang harus kamu datangi saat ada di Jepara ialah Dusun Rekreasi Tempur. Dusun ini punya bentangan sawah yang indah dengan latar gagahnya pegunungan.

Salah satunya spot yang menjadi favorite pengunjung ialah Bukit Bejagan. Bukit ini mempunyai rumah pohon yang menjorok langsung ke tebing, memungkinkannya kamu nikmati pemandangan hutan dan bukit dari ketinggian.

Lokasi: Dusun Duplak, Desa Tempur, Kecamatan Keling, Kabupaten Jepara, Jawa tengah.

  1. Air Terjun Setatah

Air Terjun Setatah memang tidak begitu tinggi, tetapi punyai karakteristik lebar dan bertingkat. Lingkungannya masih asri dengan dikitari pepohonan dan tempat persawahan.

Selainnya

Air Terjun Setatah, kamu dapat menemukan banyak air terjun yang lain yang ada dalam tempat Batealit, seperti Kedung Cengger, Dong Paso, Kedung Bobot, dan sebagainya.

Lokasi: Dusun Batealit, Kecamatan Batealit, Kabupaten Jepara, Jawa tengah.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.