8 Rekomendasi Wisata Pantai Banyuwangi

8 Rekomendasi Wisata Pantai Banyuwangi Paling Banyak Dikunjungi Pelancong Lokal Maupun Internasional

Posted on

Rekomendasi rekreasi pantai Banyuwangi berikut menjadi pilihan untuk Anda dan keluarga yang akan berkunjung ke situ. Banyuwangi adalah kabupaten yang berada di ujung timur Pulau Jawa, bersisihan dengan pulau Bali.

Daerah ini banyak memiliki destinasi rekreasi alam yang tidak kalah memikat buat dieksplorasi. Banyuwangi khususnya populer dengan jejeran pantainya yang eksotis dan indah. Rekreasi pantai Banyuwangi ini tentu saja sayang untuk Anda lewatkan.

8 Rekomendasi Wisata Pantai Banyuwangi

Rekreasi pantai Banyuwangi benar-benar disukai oleh masyarakat lokal, khususnya yang dari sekitaran pulau Jawa. Berikut adalah beberapa rekomendasi rekreasi pantai Banyuwangi yang sudah kami pilihkan dan rangkum khusus Anda.

  1. Pantai Pulau Merah

Rekomendasi rekreasi pantai Banyuwangi yang pertama ialah Pantai Pulau Merah. Pantai Pulau Merah yang dikenal juga dengan panggilan Red Island ialah rekreasi pantai Banyuwangi yang paling terkenal dilapisan wisatawan lokal atau luar negeri. Pantai Pulau Merah umumnya jadi destinasi surfing pemula dan profesional.

Di

pantai ini, ada sebuah bukit hijau kecil bertanah merah yang bisa didatangi dengan jalan kaki jika air laut sedang surut. Dan, pulau berikut yang kelihatannya jadi cikal akan nama pantai yang ini. Pantai Pulau Merah ini berada di desa Pancer, Dusun Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran dan memiliki jarak 80 km dari pusat perkotaan Banyuwangi.

  1. Pantai Teluk Hijau

Rekomendasi rekreasi pantai Banyuwangi yang kedua ialah Pantai Teluk Hijau. Sama sesuai namanya, pantai ini berwujud teluk dan warna hijau saat disaksikan dari jarak jauh. Pantai eksotik yang ini ialah destinasi rekreasi pantai Banyuwangi paling favorit seterusnya yang pantas untuk Anda kinjungi. Di sekitar pantai ada air terjun dikitari batu karang yang cantik, makin menambahkan keelokan pantai ini.

Pantai

Teluk Hijau berada di daerah selatan Dusun Sarongan, Kecamatan Pesanggaran. Daerah pantai ini masih termasuk dalam Taman Nasional Meru Betiri. Pantai Teluk Hijau Banyuwangi terkenal dikatakan sebagai Green Bay Banyuwangi.

  1. Pantai Wedi Ireng

Referensi rekreasi pantai Banyuwangi yang ketiga ialah Pantai Wedi Ireng. Pantai unik yang ini dipanggil begitu karena di sini, pasir pantainya mempunyai 2 jenis pasir, yakni pasir lembut warna putih dan pasir hitam yang cukup kasar. Pemandangan yang terhidang juga jadi tidak kalah indahnya, dengan latar hijaunya bukit-bukit dan birunya laut.

Untuk

capai Pantai Wedi Ireng, Anda dapat lewat lajur yang serupa bila ingin ke pantai Pulau Merah atau Red Island. Rekreasi pantai Banyuwangi ini persisnya berada di daerah Desa Pancer, Dusun Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran.

  1. Pantai Plengkung (G-Land)

Referensi rekreasi pantai Banyuwangi yang keempat ialah Pantai Plengkung atau yang dikenal juga sebagai G-Land. Pantai Plengkung berada di kawasan Taman Nasional Alas Purwo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur dan bertemu langsung dengan Samudera Hindia.

Ombak

di pantai ini mendapatkan panggilan khusus dari beberapa peselancar dunia, yaitu ‘The Seven Giant Waves Wonder’ yang memiliki arti memiliki 7 gulungan ombak. Pantai Plengkung ialah destinasi surga untuk beberapa pencinta olahraga selancar, di mana angin lepas pantai yang terhembus di antara bulan April dan bulan September menghasilkan ombak terbesar dengan ketinggian sampai capai 8 meter dengan panjang 2 km.

  1. Pantai Sukamade

Referensi rekreasi pantai Banyuwangii yang kelima ialah pantai Sukamade. Pantai Sukamade berada di Taman Nasional Meru Beriti dan menjadi satu diantara dari triangle Diamond, sesudah kawah Ijen dan G-Land.

Pantai ini dikenal juga sebagai surganya penyu. Di pantai Sukamade, beberapa wisatawan bisa melihat secara langsung penyu-penyu yang bertelur, menyaksikan penangkaran penyu dan ikuti aktivitas pelepasan tukik (anak penyu) ke laut.

Selainnya

menyuguhkan rekreasi pantai dan penangkaran penyu, pantai Sukamade mempunyai destinasi rekreasi lain berbentuk hutan mangrove. Hutan mangrove di sini mempunyai sungai yang dapat digunakan untuk memperhatikan beragam jenis burung seperti elang laut, dara laut, burung roko-roko dan ada banyak lainnya.

  1. Pantai Bedul

Referensi rekreasi pantai Banyuwangi yang ke enam ialah Pantai Bedul. Pantai Bedul berada di Desa Sumberasri, Kecamatan Purwoharjo, Kabupaten Banyuwangi. Pantai ini berada antara Pantai Grajangan dan G-Land. Diberi nama Pantai Bedul karena di perairan pantai ini lebih banyak ada ikan bedul, semacam ikan gabus.

Sama

dengan Pantai Sukamade, di Pantai Bedul Anda bisa juga mendapati rekreasi rimba mangrove yang teduh dan asri. Disebutkan bernama Rekreasi Mangrove Bedul, destinasi ini benar-benar pas untuk Anda datangi dengan keluarga atau pasangan.

  1. Pantai Ngagelan

Rekomendasi wisata pantai Banyuwangi yang selanjutnya ialah Pantai Ngagelan. Pantai Ngagelan sebagai salah satunya spot rekreasi di Taman Nasional Alas Purwo Banyuwangi yang jangan untuk Anda terlewat. Pantai ini menyajikan kegiatan penangkaran penyu, di mana Anda dapat melihat beberapa penyu bertelur saat malam hari.

Ada sekitaran empat tipe penyu yang kerap menyisih di pantai ini untuk bertelur yaitu penyu lekang, penyu sisik, penyu belimbing dan penyu hijau. Saat yang terbaik untuk melihat penyu bertelur di pantai ini ialah antara bulan Mei sampai September.

    start="8">
  1. Pantai Boom

Rekomendasi rekreasi pantai Banyuwangi yang paling akhir ialah Pantai Boom. Pantai Boom dapat Anda kunjungi dengan naik sepeda atau jalan kaki jika Anda sedang ada di Alun-Alun Blambangan. Dari pantai ini, Anda bisa juga menyaksikan panorama pulau Bali dari terlalu jauh.

Lokasi Pantai Boom termasuk strategis, menjadikan sangat terkenal dan kerap jadi tempat penyelanggaraan banyak acara besar kota Banyuwangi seperti Banyuwangi Beach Jazz Festival, dan lain sebagainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.