Harga Tiket Masuk Tanah Lot

Harga Tiket Masuk Tanah Lot, Lokasi yang Jadi Ikon Wisata Bali 

Posted on

Harga tiket masuk Tanah Lot untuk saat ini adalah Rp15.000 – Rp20.000 yang bisa dikatakan sangat terjangkau untuk objek wisata sekelasnya. Ya, keindahan yang dijanjikan tempat yang satu ini bisa dikatakan begitu eksklusif sehingga HTM sekian bahkan bisa dibilang terlalu murah. Tidak percaya, simak saja penjelasannya di bawah ini.   

Review tentang Tanah Lot

Tanah Lot atau Pura Tanah Lot adalah salah satu tujuan wisata populer di Bali dengan keindahan panorama pantai dengan bangunan Pura yang begitu istimewa. Tak hanya itu, pengunjung juga bisa menikmati berbagai hal menarik lainnya seperti pasar seni hingga wisata sejarah. Tak mengherankan jika Tanah Lot ini menjadi salah satu tujuan wajib bagi wisatawan domestik maupun mancanegara.  

Menurut kami, daya tarik utama Tanah Lot ada pada keindahan alamnya yang memang begitu ikonik dan sulit untuk dilupakan. Utamanya pada bangunan pura yang seakan mengambang di atas laut ketika air sedang pasang. Keindahan alam pantainya sendiri juga bisa dikatakan begitu memukau dengan berbagai hal menarik yang bisa dilakukan.   

Di area pantai ini, pengunjung sudah bisa menggunakan berbagai fasilitas untuk membuat kunjungan tetap nyaman. Beberapa fasilitas yang bisa digunakan pengunjung antara lain tempat parkir yang sangat luas, 8 restoran, 2 hotel, 240 toko kerajinan, toilet standar internasional, 2 pusat informasi, puluhan CCTV dan sebagainya. Selain itu, pecalang, petugas keamanan, polisi pariwisata dan lifeguard yang selalu siaga memastikan keamanan pengunjung.  

Hal Menarik di Tanah Lot 

Berikut ini beberapa hal yang bisa Anda nikmati di lokasi Tanah Lot Bali ini: 

1. Menyaksikan Kemegahan Pura Tanah Lot 

Salah satu hal yang bisa Anda nikmati adalah kemegahan pura yang menjadi ikon kas dari tempat wisata di pantai selatan Kabupaten Tabanan, Bali ini. Salah satunya adalah Pura Luhur yang berdiri kokoh di atas batu karang dan menjadi kebanggaan masyarakat Bali dengan berbagai mitos dan keyakinannya. Selain Pura Luhur, Anda juga bisa mengunjungi pura lain di sekitarnya seperti Pura Jro Kandang, Pura Penyawang, Pura Penataran, Pura Luhur Pakendungan, Pura Enjung Galuh, Pura Batu Mejan misalnya.  

2. Menikmati Sunset di Area Pantai Tanah Lot 

Dengan panorama pantai dan kemegahan pura di atasnya, lokasi ini mampu menjanjikan pemandangan sunset yang fenomenal. Tak hanya menikmati matahari terbenam seperti biasa, pengunjung juga bisa menikmati sunset dari ketinggian di atas tebing. Untuk menambah kesan, Anda juga bisa menikmati panorama bersama hidangan khas di lokasi.   

3. Berkunjung ke Gua Ular Suci 

Masih di area Pura Luhur Tanah Lot, Anda juga bisa menemukan gua bertulis Holy Snake atau ular suci. Ular yang memiliki corak belang hitam putih yang banyak ditemukan di lokasi ini diyakini sebagai makhluk penjaga pura. Apabila Anda tertarik untuk memegang atau berfoto bersama ular laut berbisa ini, pastikan Anda didampingi pawang.  

4. Berkunjung ke Gua Air Suci 

Gua lain yang juga tak boleh Anda lewatkan saat berada di Pura Luhur Tanah Lot adalah gua Air Suci. Di gua yang berada di bawah pura ini terdapat aliran air yang berasal dari air laut. Meski begitu, air yang mengalir di gua tersebut tidaklah asin, melainkan tawar dan digunakan untuk upacara keagaman umat Hindu. 

5. Menyeberang ke Pulau Karang 

Pulau Karang adalah tumpuan bagi bangunan Pura Tanah Lot dimana pengunjung bisa menyaksikan Pura Luhur dan Pura Bolong dari puncaknya. Untuk bisa menyaksikan kedua bangunan pura tersebut, pengunjung bisa menunggu ketika laut tengah surut kemudian menyeberang lalu naik ke pulau Karang tersebut.     

6. Berkunjung ke Enjung Galuh 

Ada berbagai kegiatan yang bisa dilakukan di lokasi Enjung Galuh, mulai dari menikmati sunset, hunting foto, memancing atau bahkan sekedar bersantai. Lokasi ini sudah menjadi salah satu spot favorit para pengunjung yang mungkin memiliki minat masing-masing.  

7. Memancing di Yeh Kutikan 

Selain di Enjung Galuh, pengunjung yang ingin menikmati liburan dengan memancing di tempat yang tenang bisa mencoba datang ke Yeh Kutikan ini. Di lokasi ini, pengunjung akan bertemu dengan para pemancing domestik hingga internasional. Tak sekedar memancing, lokasi ini juga menjanjikan deburan ombak yang lebih tenang dibanding spot foto lainnya.    

8. Mampir ke Pasar Seni 

Salah satu hal yang pastinya sudah Anda rencanakan sejak awal liburan Anda ke Bali adalah oleh-oleh khas. Nah, di lokasi Tanah Lot ini, Anda bisa berkunjung ke lokasi Pasar Seni dimana Anda bisa menemukan bermacam oleh-oleh khas Bali berupa barang-barang hasil kerajinan seni. Di sini Anda bisa berbelanja baju, kain/ sarung, perhiasan, lukisan, patung, topi, sandal dan barang kerajinan khas Bali lainnya. 

9. Mengunjungi Monumen Tri Antaka 

Bagi Anda yang punya minat wisata sejarah, tak ada salahnya untuk berkunjung ke monumen Tri Antaka yang menjadi simbol penghormatan untuk para pejuang melawan NICA. Monumen ini ditujukan untuk mengenang jasa para pejuang seperti I Gusti Ketut Kereg, I Wayan Kamias dan I Nyoman Regug.   

Harga Tiket Masuk Tanah Lot 

Untuk bisa menikmati berbagai hal menarik di atas, pengunjung dikenakan HTM yang bisa dijabarkan sebagai berikut:

Kategori Harga Tiket Masuk
Anak (5-10 tahun, WNI) Rp15.000 per orang
Dewasa (WNI) Rp 20.000 per orang
Anak (5-10 tahun, WNA) Rp30.000 per orang
Dewasa (WNA) Rp60.000 per orang
Parkir motor Rp2.000
Parkir mobil Rp5.000
Parkir bus Rp10.000

Anda bisa menjadwalkan kedatangan Anda di lokasi Tanah Lot ini mulai pukul 06.00 – 19.00 WITA 

Lokasi Tanah Lot 

Keindahan panorama Tanah Lot ini bisa bisa Anda temukan di kawasan Beraban, Kediri, Tabanan, Bali, Indonesia, 82121, tepatnya sekitar 13 km barat Tabanan. Lokasi wisata ini memiliki jarak sekitar 26,7 km dari titik Bandara I Gusti Ngurah Rai, atau waktu perjalanan sekitar 1 jam berkendara. 

Tips Berkunjung di Tanah Lot 

Perlu Anda ingat bahwa Bali, tak terkecuali di area Tanah Lot ini, adalah daerah dengan masyarakat yang selalu menjunjung tinggi nilai-nilai agama, kebudayaan, tradisi dan leluhur. Oleh karena itu, untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan, sebaiknya Anda selalu mematuhi aturan maupun petunjuk dari pemandu. Selain itu, hal ini juga bertujuan untuk memastikan kenyamanan, keamanan dan keselamatan diri Anda.   

Akhir Kata 

Demikian tadi informasi tentang harga tiket masuk Tanah Lot dan hal-hal apa saja yang bisa Anda dapatkan di lokasi tersebut. Dengan nominal sekian, tentu saja bisa dikatakan sebagai harga yang sepadan dengan apa yang bisa Anda nikmati. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *