Harga Tiket Masuk Pulau Seribu Jakarta

Harga Tiket Masuk Pulau Seribu Jakarta, Tinggal Sesuaikan Pilihan Anda

Posted on

Anda masih bingung dengan berapa harga tiket masuk Pulau Seribu Jakarta? Memang, nominal tiket yang ditawarkan untuk berkunjung ke daerah yang satu ini bisa beragam sesuai dengan darimana Anda berangkat dan ke pulau mana yang Anda tuju. Sebagai referensi, Anda bisa menyimak penjelasan tentang destinasi wisata Pulau Seribu berikut ini.

Lebih Dekat Mengenal Pulau Seribu Jakarta

Pulau Seribu atau Kepulauan Seribu adalah bagian dari wilayah administrasi Pemprov DKI Jakarta  di sebelah utara Kota Jakarta. Wilayah ini memiliki luas wilayah sekitar 4.745,62 km2 dimana 8,76 km2 di antaranya berupa daratan yang tersebar ke lebih dari 110 pulau. Di antara sekian banyak pulau, ada yang berpenduduk dan ada pula pulau resort tanpa penduduk yang digunakan untuk tujuan wisata.

Sesuai namanya, wilayah ini memiliki pulau-pulau yang memiliki daya tarik masing-masing. Bahkan sebagian pulau besar berpenduduk juga digunakan untuk tujuan wisata karena memang memiliki daya tarik tersendiri. Tentu saja, pulau tersebut sudah dilengkapi dengan aneka pilihan akomodasi seperti losmen, hostel hingga cottage kelas hotel yang kemudian menarik minat pengunjung domestik maupun mancanegara.

Sebagai salah satu destinasi wisata favorit, jelas wilayah ini sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas umum. Pengunjung bisa memanfaatkan fasilitas seperti mushola, lahan parkir, toilet hingga warung makan. Soal akomodasi, pengunjung bisa lebih bebas memilih dengan banyaknya opsi penginapan dari tarif yang murah sampai yang paling mahal. 

Wisata Lainnya:  8 Rekomendasi Tempat Wisata di Indonesia yang Terkenal & Mendunia

Hal Menarik di Pulau Seribu Jakarta

Apabila Anda berencana untuk berkunjung ke Pulau Seribu ini, pastinya Anda menginginkan wisata alam yang indah. Lantas apa saja yang bisa Anda nikmati di sini? Silakan simak penjelasannya berikut ini: 

1. Menikmati Keberagaman Penduduk dan Keindahan Alam 

Dengan ratusan pulau di dalamnya, tak heran jika kemudian Kepulauan Seribu ini memiliki keragaman  penduduk. Anda akan disambut oleh keramahan masyarakat multi etnis dengan berbagai latar belakang agama, adat istiadat dan seni budayanya. Selain itu, keindahan alam yang ditawarkan Pulau Seribu juga bisa jadi hal menarik lainnya mulai dari keindahan alam laut hingga panorama pulau-pulaunya. 

2. Pulau Bidadari  

Pulau Bidadari jadi salah satu pulau terfavorit karena keasrian alam yang terjaga lengkap dengan fasilitas liburan yang lengkap. Di lokasi yang juga dikenal Pulau Eco Resort ini, Anda bisa berkunjung ke peninggalan Belanda yaitu Benteng Martello dan berfoto-foto di Patung Tanduk Tujuh Belas, wisata kuliner dan melakukan aktivitas olahraga air mulai dari snorkeling, memancing, canoe, banana boat dan sebagainya. 

3. Pulau Onrust  

Peninggalan era kolonial lainnya juga bisa Anda saksikan di pulau yang tak jauh dari Pulau Bidadari ini. Dulunya pulau ini digunakan sebagai transit kapal Belanda ke Batavia. Di pulau ini, Anda juga bisa berkunjung dan berfoto-foto di Museum Taman Arkeologi Onrust. Pulau ini mungkin lebih ideal bagi Anda yang memiliki minat dengan arkeologi. 

4. Pulau Macan  

Di Pulau Macan, Anda bisa menikmati sensasi berjemur, menginap di club house dengan hidangan buffet, menikmati sunset hingga melakukan olahraga air seperti snorkeling, diving, canoe bahkan windsurfing. Selain itu, pengunjung juga bisa ikut berpartisipasi dalam pelestarian alam melalui penanaman koral baru di sekitaran Pulau Bidadari. 

Wisata Lainnya:  Wisata Puja Mandala Bali: Menikmati Keindahan Bali dari Ketinggian

5. Pulau Ayer  

Pulau yang juga dikenal sebagai Mutiara Kepulauan ini menawarkan nuansa etnis Papua dengan floating cottage yang khas. Selain itu, pengunjung juga bisa melakukan kegiatan seperti memancing, berenang, berselancar, naik canoe, jet ski hingga banana boat. Pulau Ayer ini dulu pernah digunakan oleh presiden pertama Republik Indonesia sebagai tempat peristirahatan pribadi.   

6. Pulau Putri  

Pulau favorit ini juga menawarkan keindahan alam bawah laut yang bisa dinikmati pengunjung melalui kegiatan seperti snorkeling, naik Glass Bottom Boat atau masuk ke Undersea Tunnel Aquarium. Selain itu, pengunjung juga bisa menikmati pemandangan sunset dari atas Sunset Cruise yang juga akan mengajak berkeliling ke beberapa pulau lain  

7. Pulau Tidung  

Pulau yang terbagi 2, yaitu Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil ini juga bisa jadi tujuan kunjungan Anda. Kedua bagian pulau ini dihubungkan oleh Jembatan Cinta yang menawarkan pemandangan ekosistem laut di antara kedua pulau dengan airnya yang jernih. Pulau Tidung Kecil khusus digunakan untuk budidaya dan pelestarian tanaman bakau. Di Pulau Tidung besar, Anda bisa melakukan snorkeling dan banana boat yang juga bisa jadi cara lain untuk menikmati keindahan biota laut Pulau Tidung.   

Harga Tiket Masuk Pulau Seribu Jakarta dan Biaya Naik Kapal

Meskipun wisata di Kepulauan Seribu ini terkesan begitu mewah, nyatanya HTM ke wilayah ini terbilang murah saja. Sementara ntuk mendapatkan tiketnya, Anda bisa memesan secara online di pulauseribu.jakarta.go.id atau dengan cara offline di loket yang ada di pelabuhan-pelabuhan yang melayani perjalanan ke Pulau Seribu. Loket-loket on the spot ini beroperasi mulai pukul 06.00 WIB.  

Tiket Masuk ke Pulau Seribu mulai Rp25.000

Biaya Naik Kapal ke Pulau Seribu sesuai Pelabuhan yang dipilih:

Wisata Lainnya:  10 Rekomendasi Tempat Wisata di Jepara, Surga Tersembunyi di Jawa tengah

1. Dari Pelabuhan Muara Angke 

Tujuan  Sekali Jalan Pulang Pergi
Kelompok I (Pulau Untung Jawa, Pulau Pari, Pulau Lancang) Rp23.000 Rp46.000
Kelompok II (Pulau Pramuka, Pulau Payung, Pulau Tidung, Pulau Kelapa, Pulau Panggang, Pulau Kelapa) Rp28.000 Rp56.000
Kelompok III (Pulau Sabira) Rp38.000 Rp76.000

2. Dari Pelabuhan Sunda Kelapa 

Pulau Tujuan Sekali Jalan Pulang Pergi
Untung Jawa Rp38.000 Rp76.000
Pulau Kelapa Rp46.000 Rp92.000
Pulau Pramuka Rp44.000 Rp88.000

3. Dari Dermaga Marina Ancol 

Pulau Tujuan Pulang Pergi
Pulau Ayer/ Pulau Bidadari Rp285.000
Untung Jawa Rp325.000
Pulau Pari/ Pulau Tidung Rp405.000
Pulau Harapan/ Pulau Kelapa Rp585.000
Pulau Kotok/ Pulau Putri Rp645.000
Pulau Pelangi/ Pulau Sepa/ Pulau Macan Rp645.000
Pulau Pantara Rp885.000

Pulau-pulau di kawasan kepulauan Seribu diketahui memiliki jam buka operasional mulai dari jam 08.00 WIB hingga 18.00. Khusus untuk pulau-pulau yang menyediakan penginapan / resort, memiliki waktu yang lebih panjang. 

Lokasi Pulau Seribu Jakarta 

Seperti yang sudah dijelaskan di paragraf awal, Pulau Seribu tersebar di kawasan pantai utara Jakarta dengan pulau terdekat dari kota Jakarta berjarak sekitar 45 km. Untuk bisa sampai ke lokasi ini, Anda bisa naik transportasi laut, seperti kapal feri atau kapal cepat (speed boat). Perjalanan ke pulau-pulau favorit bisa Anda akses dari 3 pelabuhan di Jakarta, yaitu: 

  • Dermaga Marina Ancol 
  • Pelabuhan Sunda Kelapa 
  • Pelabuhan Kaliadem Muara Angke 

Akhir Kata 

Memang, harga tiket masuk Pulau Seribu Jakarta terbilang murah. Namun yang jadi masalah, Anda mungkin harus memilih opsi perjalanan yang masing-masing memiliki besaran biaya perjalanan yang berbeda. 

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *