Hutan Pinus Limpakuwus

Tiket Masuk Hutan Pinus Limpakuwus, Wisata Seru Lainnya di Kaki Gunung Slamet

Posted on

Harga tiket masuk Hutan Pinus Limpakuwus yang ada di Banyumas ini adalah Rp15.000 yang bisa dibilang sangat terjangkau. Pengunjung bisa menikmati keindahan hutan pinus dengan cara yang disukai, entah itu sekedar jalan-jalan atau bahkan dengan berkemah. Menambah keseruan, pengunjung juga bisa mencoba berbagai wahana permainan seru di tempat ini. 

Sekilas tentang Hutan Pinus Limpakuwus 

Hutan pinus Limpakuwus adalah tujuan wisata alam yang berupa hutan pinus di lereng Gunung Slamet, tepatnya di Purwokerto Banyumas. Tempat wisata yang masih terbilang baru ini menjadi favorit keluarga yang ingin menghabiskan waktu liburan bersama. Ada berbagai aktifitas menyenangkan yang bisa dilakukan di bawah rindang dan sejuknya hutan pinus di kaki gunung ini.  

Lokasi hutan ini memang ideal digunakan piknik keluarga, mulai dari menggelar tikar menikmati bekal, hingga berkemah atau menyewa cottage untuk menghabiskan malam. Ya, tak sedikit keluarga atau pasangan yang menghabiskan malam di tempat ini demi bisa menikmati keindahan sunset dan sunrise. Selain itu, ada banyak wahana permainan seru yang bisa membuat pengunjung tak sadar sudah kehabisan waktu.  

Bicara soal fasillitas, pengelola taman wisata alam hutan pinus Limpakuwus ini juga terus melengkapi pilihannya. Saat ini, pengunjung sudah bisa memanfaatkan sarana seperti area parkir, zona outbond dan camping, penginapan, warung makan, cafetaria, toilet, musala dan gazebo. Selain itu, pengelola juga senantiasa memastikan wahana permainannya tetap aman digunakan oleh pengunjung, utamanya saat hujan. 

Hal Menarik di Hutan Pinus Limpakuwus 

Jika penasaran dengan apa saja hal menarik di hutan pinus ini, silakan simak penjelasannya berikut ini: 

1. Menikmati Hutan Pinus   

Tentu saja, hal yang akan Anda menyambut Anda pertama kali di lokasi ini adalah keindahan hutan pinusnya. Anda bisa merasakan sendiri seperti apa atmosfer hutan pinus yang tinggi menjulang, rindang dengan pilar-pilar berwarna coklat kemerahan yang kokoh sepanjang mata memandang. Tak hanya secara visual, aroma khas dari tumbuhan tersebut juga akan memperkuat kesan yang Anda dapat.  

Anda pun mungkin memiliki cara menikmati keindahannya dengan cara Anda sendiri. Di dalam hutan ini, Anda bisa berjalan-jalan sambil sesekali mengambil foto, atau langsung menggelar alas dan membongkar bekal makan dan minum untuk dinikmati bersama-sama rombongan. Akan lebih menyenangkan lagi apabila Anda juga bisa bernyanyi bersama sambil bermain gitar atau alat musik lainnya.    

2. Meluncur di Mountain Slide 

Salah satu wahana yang jadi incaran para pengunjung adalah seluncuran warna-warni yang belakangan banyak menghiasi media sosial. Mountain Slide akan membawa pengunjung meluncur menuruni bukit sambil duduk di atas alas. Tak hanya unik, tentu saja pengalaman meluncur ini juga bisa menantang adrenalin.   

3. Bermain Trampolin 

Apabila Anda ingin bermain di wahana yang lebih menantang, bisa mencoba wahana trampolin yang bisa memantulkan tubuh hingga ketinggian yang membuat hati berdesir. Sensasi dingin saat tubuh terlontar akan membuat adrenalin semakin terasa ketika Anda membuka mata di atas ketinggian, melihat hutan pinus dari ketinggian. Soal keamanan, Anda akan juga akan petugas.   

4. Berfoto di Sejumlah Spot Khusus  

Jika Anda ingin latar belakang foto yang tak sekedar hutan pinus, pengelola juga sudah menyiapkan spot foto khusus. Anda bisa mencoba mengambil gambar di gubuk bambu, anjungan kayu hingga jembatan gantung yang unik. Tentu saja, spot-spot foto tersebut akan membuat galeri album foto liburan Anda semakin bervariasi.    

5. Bermalam di Kemah atau Cottage  

Menikmati hutan pinus ini juga bisa lebih maksimal Anda rasakan dengan cara berkemah. Anda yang memiliki perlengkapan kemah sendiri bisa menghubungi pengelola untuk meminta izin mendirikan tenda. Selain itu, Anda juga bisa menyewa tenda untuk kemah yang lebih ramah dengan fasilitas yang lebih lengkap. 

6. Mencoba Wahana Seru Lain 

Selain hal menarik yang sudah disebutkan di atas, Anda yang punya uang lebih juga bisa mencoba wahana permainan lain. Wahana yang bisa Anda coba misalnya menyewa All-Terrain-Vehicle (ATV) untuk berkeliling area hutan. Selain itu ada pula wahana Spider Web yang juga layak dijajal.  

Harga Tiket Masuk Hutan Pinus Limpakuwus 

Untuk bisa masuk ke lokasi hutan pinus Limpakuwus ini, Anda tak perlu merogoh harga tiket terlalu dalam. Namun untuk menikmati wahana atau menggunakan fasilitas tertentu, Anda mungkin perlu mengeluarkan biaya tambahan. Tiket masuk ke lokasi ini berlaku untuk pengunjung berusia 5 tahun ke atas.  

Jenis Tiket Weekday Weekend
Tiket Masuk Rp15.000 Rp20.000
Parkir motor gratis
Parkir mobil Rp5.000
Mountain Slide Rp15.000 per orang
Playground Rp15.000 per orang
Flying Fox Rp20.000 per orang
Paint Ball Rp50.000 per orang
Sewa ATV Rp10.000 per orang
Sewa Camping Ground mulai Rp40.000
Sewa Cottage mulai Rp350.000-Rp450.000

Lokasi hutan pinus ini bisa Anda kunjungi pagi hingga sore dengan jam operasional pengelola mulai pukul 08.00 16.00 WIB setiap hari 

Lokasi Hutan Pinus Limpakuwus 

Hutan pinus yang jadi destinasi wisata ini beralamat di Desa, Dusun III, Limpakuwus, Sumbang, Banyumas, Jawa Tengah, Indonesia, 53183, di timur kawasan wisata Baturraden. Lokasi ini memiliki jarak sekitar 40 km dari Kota Banyumas dan bisa dijangkau dengan menempuh 1 jam perjalanan. 

Tips Berkunjung ke Hutan Pinus Limpakuwus 

Untuk kunjungan yang nyaman, ada beberapa tips yang sebaiknya Anda pertimbangkan. Berikut di antaranya: 

  • Usahakan jam kedatangan Anda sesuai. Misalnya jika ingin menikmati udara segar, usahakan untuk datang pagi sekitar pukul 09.00 WIB. Atau jika ingin menikmati suasana petang, datanglah sore sekira pukul 04.00 agar Anda bisa mendapatkan spot yang optimal. 
  • Hati-hati jika Anda menggunakan kendaraan pribadi untuk pergi ke lokasi ini. Meskipun sudah menggunakan jalan beraspal, medan yang Anda lalui cenderung berupa tanjakan dengan tikungan tajam. Belum lagi jika jalanan sempit dan sedang ramai 2 arah. 
  • Pertimbangkan untuk menyediakan uang lebih jika Anda mungkin ingin mencoba lebih banyak wahana dan spot foto yang ada di lokasi ini. Atau bahkan jika kemudian nda memutuskan untuk menginap di hutan pinus yang penuh pesona ini. 

Akhir Kata 

Demikianlah informasi wisata tentang tiket masuk Hutan Pinus Limpakuwus lengkap dengan berbagai informasi relevan lainnya. Semoga dengan penjelasan di atas, liburan Anda bersama rombongan keluarga jadi lebih berkesan. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *