Tiket Masuk Pantai Parangtritis

Tiket Masuk Pantai Parangtritis, Rute, dan Fasilitasnya

Posted on

Harga tiket masuk Pantai Parangtritis adalah informasi yang wajib diketahui sebelum berkunjung ke sana. Dengan begitu, persiapan liburan atau wisata akan lebih matang dan tidak akan kekurangan.

Selain itu, juga perlu mengetahui berbagai info lainnya, seperti rute, fasilitas, dan wahananya. Jadi, akan mempunyai gambaran yang lebih detail mengenai wisata yang ingin dikunjungi.

Harga Tiket Masuk Pantai Parangtritis dan Informasi Lainnya

Di bawah ini adalah informasi mengenai harga tiket masuk, fasilitas, lokasi, dan kegiatan di Pantai Parangtritis. Jadi, silakan baca sampai selesai supaya bisa mendapatkan informasi yang lengkap.

1. Harga Tiket Masuk Pantai Parangtritis 

Harga tiket masuk Pantai Parangtritis adalah sangat terjangkau. Akan tetapi, harga tersebut belum dengan biaya wahana yang bisa pengunjung mainkan di dalamnya. Jadi, ada biaya tersendiri untuk bisa menikmati wahananya. Jika ingin tahu info lengkapnya, maka lihatlah daftar berikut. 

Tiket Masuk
Tiket Masuk Pantai Parangtritis Rp10.000,-
Parkir
Roda 2 Rp3.000,-
Mobil atau Bus Rp10.000,-
Wahana
Andong atau Delman Rp30.000,-
Sandboardi Rp70.000,-
ATV Kecil Rp50.000
ATV Besar Rp100.000

2. Lokasi dan Rute Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis adalah berada di Desa Parangtritis, Kretek, Bantul, Yogyakarta. Jika diukur dari pusat kota, maka jaraknya sekitar 25 km. Dengan jarak tersebut kira-kira membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam perjalanan.

Pengunjung bisa menggunakan transportasi apa saja untuk datang ke wisata ini. Mengingat jalannya sudah mulus dan lebar. Jika berangkat dari Kota Yogyakarta, maka bisa mengikuti rute berikut.

  • Pertama, yang harus dilewati adalah area Jokteng atau Pojok Beteng sebelah timur. 
  • Kemudian, menuju Jalan Parangtritis. 
  • Lurus ke selatan sampai lewat Jalan Ringroad Selatan. 
  • Jika sudah sampai di Ringroad atau bundaran, maka bisa melajukan kendaraan ke arah Kretek, Bantul. 
  • Ketika ada di Kretek, wisatawan tidak akan bingung untuk mencari arah pantai. Hal itu karena sudah tersedia banyak rambu-rambu di pinggir jalan. 
  • Dari sini, bisa memanfaatkan transportasi umum seperti bus jika tidak ingin membawa kendaraan pribadi. 
  • Jika ingin menggunakan bus, maka bisa langsung ke Terminal Giwangan. Tujuannya untuk mencari bus sesuai dengan rute yang wisatawan inginkan. 
  • Ketika menaiki bus, maka tinggal duduk manis sampai kendaraan berhenti ke tujuan dekat area wisata. 
  • Lokasi di Maps: Pantai Parangtritis

3. Fasilitas di Pantai Parangtritis

Jika pengunjung membutuhkan sesuatu ketika sudah berada di pantai Parangtritis, maka tidak perlu khawatir. Hal itu karena fasilitasnya adalah cukup lengkap dan memadai. Berikut daftarnya. 

  • Area parkir yang luas. Dengan begitu, tidak perlu khawatir ketika menggunakannya kendaraan pribadi. Selain itu, juga tidak perlu cemas dengan keamanannya, sebab sudah ada petugas yang berjaga. 
  • Kamar mandi atau toilet, bisa pengunjung gunakan ketika ingin mandi, buang hajat, atau berganti pakaian. 
  • Warung makan yang menyediakan berbagai menu khas Yogyakarta. Mengenai rasa tentu tidak perlu ditanyakan karena sudah pasti enak. Selain itu, juga ada toko yang menyediakan makanan oleh-oleh khas Yogyakarta
  • Petugas tim SAR juga selalu siaga berada di sekitar pantai. Hal itu untuk mengantisipasi adanya kecelakaan laut atau lainnya. 

4. Aktivitas yang Bisa Wisatawan Lakukan

Kegiatan yang bisa dilakukan di pantai Parangtritis adalah cukup bervariasi. Mengingat sudah tersedia berbagai wahana permainan yang seru dan menyenangkan. Berikut ulasannya. 

  • Berkuda. Pengunjung bisa berkuda sambil menikmati suasana pantai. Bagi yang belum pernah menaiki kuda, maka tidak perlu khawatir. Hal itu karena ada pihak yang mengawasi dan memberi arahan. 
  • Menyewa ATV. Jadi, tidak hanya bisa menyusuri pantai menggunakan kuda, melainkan bisa dengan menyewa ATV juga. Dalam hal ini, ATV yang tersedia dalam ukuran kecil atau besar. 
  • Surfing. Bagi yang suka olahraga surfing, maka pantai ini adalah tempat yang tepat. Pantai ini pun menjadi salah satu spot latihan surfing di Indonesia
  • Paralayang. Wahana ini sangat memacu adrenalin. Hal itu karena pengunjung akan diajak untuk melayang di ketinggian dan melewati perairan. Meskipun memacu adrenalin, tetapi suguhan pemandangan dari atas akan terlihat lebih indah. 
  • Naik andong atau delman. Transportasi ini sudah jarang sekali ada. Akan tetapi, jika di Yogyakarta masih cukup banyak yang melestarikannya. Bagi yang ingin tahu pengalaman naik delman, maka bisa mencobanya ketika berada di pantai ini. 

Akhir Kata

Harga tiket masuk Pantai Parangtritis di atas adalah bisa berubah sewaktu-waktu. Terutama ketika sudah hari libur nasional yang biasanya akan lebih ditinggikan biayanya. Jadi, sediakan uang lebih untuk berjaga-jaga. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *