Harga Tiket Masuk GWK

Harga Tiket Masuk GWK, Landmark  Kebanggaan Pulau Dewata  

Posted on

Salah satu tujuan wajib bila Anda berlibur di Bali adalah mengunjungi GWK. Bagaimana tidak, lokasi Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana ini menjadi maskot kebanggaan Pulau Dewata lewat kemegahan, kekayaan budaya dan keindahan alam. Sehingga tak salah bila kemudian Anda harus menyempatkan untuk membuktikannya sendiri dan memesan tiket masuk GWK. 

Garuda Wisnu Kencana (GWK) adalah tujuan wisata di Bali yang berwujud patung Dewa Wisnu menunggangi garuda raksasa. Mulai dibangun tahun 1990, kini patung tersebut menjadi daya tarik utama kompleks taman budaya seluas 60 hektare tersebut. Patung yang juga dinobatkan sebagai salah satu yang tertinggi di dunia ini bahkan sudah bisa dilihat sejak Anda mendarat di bandara I Gusti Ngurah Rai. 

Selain menyaksikan patung Garuda Wisnu Kencana, tentu saja masih ada hal menarik lainnya yang bisa Anda lakukan di tempat ini. Pengunjung bisa menikmati berbagai atraksi tarian, bahkan ikut bergabung ke panggung. Tak hanya itu, Anda juga bisa menikmati keindahan alam sekaligus mengabadikan momen liburanmu di tempat ini. 

Harga Tiket Masuk GWK Cultural Park 

Tentunya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum Anda memasukkan taman budaya fenomenal ini ke daftar destinasi wisata di Bali. Salah satunya adalah harga tiket masuk agar anggaran liburan Anda tidak berantakan. Perlu diketahui pula bahwa HTM GWK yang perlu dibayarkan oleh wisatawan domestik sedikit lebih murah dibanding harga untuk turis asing. 

Harga tiket masuk ke GWK untuk pengunjung dewasa adalah sebesar Rp125.000. Sementara untuk pengunjung anak-anak dengan tinggi badan 100-130 cm adalah sebesar Rp100.000. Apabila anak belum mencapai tinggi badan tersebut, maka ia tidak dikenakan biaya (gratis) asalkan didampingi oleh orang dewasa.  

Perlu Anda ingat bahwa harga normal (published) tiket ini bisa berubah sewaktu-waktu sesuai kebijakan pengelola. Menariknya, pengelola GWK juga mengadakan promo HTM untuk pengunjung. Misalnya potongan harga atau diskon yang berlaku hingga 31 Maret 2023. Selama periode ini, HTM GWK untuk pengunjung dewasa sebesar Rp110.000, sementara pengunjung anak adalah Rp 94.000. 

Tiket masuk yang Anda bayar tersebut sudah termasuk akses ke lokasi taman dan Asana Artseum yang ada di dalamnya. Selain itu, tiket juga bisa digunakan untuk menyaksikan pertunjukan tari. Bisa dikatakan, harga tiket masuk yang Anda bayarkan sudah mampu memuaskan pengalaman berkunjung di GWK Cultiral Park ini. 

Namun bila Anda ingin menikmati sensasi wisata budaha dan sejarah yang lebih berasa, bisa mengikuti tur masuk ke dalam area patung Garuda Wisnu Kencana. Untuk mengikuti tur yang dibatasi sampai pukul 17.00 WITA ini, Anda hanya perlu membayar sekitar Rp50.000 saja. Biaya lain yang mungkin perlu Anda perhitungkan sejak awal antara lain parkir mobil Rp10.000/ mobil atau parkir sepeda motor Rp5.000/ motor. 

Jam Operasional GWK Cultural Park 

Pertanyaan berikutnya yang mungkin perlu Anda temukan jawabannya adalah “Kapan GWK buka?” Nah, Anda bisa mengunjungi tujuan wisata ini tiap hari kecuali pada saat hari raya Nyepi. Sementara jam operasional GWK adalah dari pukul 9.00 hingga 19.30 WITA.  

Apa Saja yang Menarik di GWK? 

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Taman Budaya GWK ini memiliki area yang begitu luas. Di dalamnya, tak hanya patung GWK saja yang bisa Anda kunjuungi. Masih ada sejumlah objek lain yang pastinya juga akan memuaskan sensasi berlibur Anda di Bali, antara lain:   

Plaza Bhagawan 

Mulai dari area pembelian tiket masuk GWK, Anda akan langsung disambut patung yang langsung membawa kesan eksentrik dan bisa jadi objek foto. Di sini, Anda bisa menemukan patung Bhagawan dan 2 istrinya, Dewi Kadru dan Dewi Winata. 

Asana Artseum 

Museum seni Asana bisa dikatakan sebagai salah satu area baru di GWK yang memajang barang kerajinan seperti lukisan atau keramik khas Bali dan sebagainya. Untuk masuk ke area ini, Anda perlu membayar Rp50.000. Sementara jika ingin berfoto dengan latar aneka kerajinan asli tersebut, Anda dikenakan biaya sekitar Rp200.000 untuk foto kelas profesional tentunya.  

Amphitheater GWK 

Di sini, Anda bisa menikmati pertunjukan tarian yang diadakan setiap hari dan selalu ada penampilan nyaris di setiap jamnya. Tak sekedar menjadi penonton, Anda juga bisa ikut naik ke panggung. Berikut ini jadwal tari yang bisa Anda simak 

  • Tari Bali pukul 10.00 WITA 
  • Tari Barong Keris pukul 11.00 WITA 
  • Garuda Wisnu Balet pukul 12.00 WITA 
  • Tarian Nusantara pukul 13.00 WITA 
  • Tari Barong Keris pukul 14.00 WITA
  • Tari Bali pukul 15.00 WITA 
  • Kecak Garuda Wisnu pukul 18.30 WITA  

Plaza Kura-Kura 

Ada sebuah taman dengan kolam dan patung unik yang pastinya bisa jadi objek foto menarik selama liburan Anda. Selain itu, Plaza Kura-Kura juga memiliki patung kepala kura-kura raksasa yang juga bisa jadi atraksi yang tak kalah menarik.  

Plaza Wisnu & Garuda 

Naik dari lokasi Plaza Kura-Kura, Anda akan disambut dengan Plaza Wisnu & Garuda yang menjadi tempat dimana patung Dewa Wisnu dan Garuda raksasa yang tak jadi dirangkai. Di Plaza tersebut, juga ada Pura yang digunakan untuk ibadah umat Hindu. 

Cultural Park 

Berikutnya, Anda bisa turun menelusuri tebing bebatuan menyerupai lorong ke Cultural Park, area yang sering digunakan untuk pagelaran maupun untuk acara lainnya di GWK. 

Tirta Amertha 

Spot foto berkesan lainnya di GWK adalah Tirta Amertha. Anda bisa menemukan miniatur Patung Garuda Wisnu Kencana yang dikelilingi air mancur di lokasi ini. Miniatur tersebut disebut sebagai perwujudan dari Tirta Amertha Dewa Wisnu. 

Patung Garuda Wisnu Kencana 

Tentu saja, atraksi utama dari lokasi taman budaya ini adalah patung patung dewa Wisnu menunggangi garuda raksasa dengan sayap terbentang. Perlu diketahui bahwa untuk bisa menangkap gambar patung ini secara keseluruhan bisa dikatakan sangat sulit dsan memerlukan sudut dan teknik pemotretan yang tepat. Setelah Anda membayar tiket masuk ke dalam patung, Anda bisa melihat-lihat isi patung GWK seperti foto-foto peresmian, foto perencanaan pembangunan hingga pemandangan sekeliling pulau Bali. 

Restoran  

Anda juga bisa berwisata kuliner dengan pilihan restoran yang ada di area GWK ini. Untuk pilihan menu Western, Anda bisa datang ke restoran Beranda. Sementara jika ingin menikmati kuliner sambil menikmati pemandangan garis pantai dari atas bukit, maka Anda bisa mampir ke Jendela Bali Restaurant.  

Fasilitas di GWK Cultural Park 

Untuk memberikan pelayanan terbaik bagi para pengunjung, maka pengelola GWK Bali pun melengkapi fasiitas publiknya. Berikut ini layanan yang bisa Anda manfaatkan selama di area GWK:   

  • Toilet 
  • Mushola 
  • Restoran/cafe 
  • Food court 
  • Persewaan sepeda, shuttle dan otoped elektrik 
  • Spot foto-foto 

Lokasi GWK Cultural Park 

Alamat GWK Cultural Park Bali ada di Jl. Raya Uluwatu, Desa Ungasan, Kuta Selatan, Badung, Bali. Dari bandara Ngurah Rai Bali, lokasinya hanya berjarak sekitar 20 menit ke arah Selatan menggunakan taksi atau ojek online. Anda juga bisa memilih sewa motor atau mobil selama di Bali mengingat ada banyak hotel dan penginapan di sekitar lokasi GWK. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *