Tiket Masuk Wayang Windu Pangalengan

Tiket Masuk Wayang Windu Pangalengan dan 5 Tips Maksimalkan Kunjungan

Posted on

Mencari tujuan wisata yang cocok untuk mendinginkan pikiran di tengah hijaunya pemandangan alam? Jika demikian, tak ada salahnya Anda simak ulasan tentang destinasi yang bernama Wayang Windu Panenjoan yang ada di Pangalengan ini. Tujuan ini bisa jadi rekomendasi wisata alam yang terjangkau karena harga tiket masuk Wayang Windu Pangalengan sendiri juga terbilang sangat terjangkau.  

Sekilas tentang Wayang Windu Pangalengan 

Wayang Windu Pangalengan adalah tujuan wisata alam dengan pemandangan hamparan hijau kebun teh yang menyejukkan. Karakteristik tempat ini bisa jadi pilihan wisata ideal bagi keluarga ataupun pasangan karena lokasinya yang tenang, alami dengan hawa sejuk di ketinggian 1.800 mdpl. Tak hanya itu, tempat ini juga menawarkan banyak pemandangan menarik yang layak diabadikan.   

Tempat ini juga dikenal sebagai Wayang Windu Panenjoan, dimana nama ini berasal dari nama 2 gunung, yaitu Gunung Wayang dan Gunung Windu, dan kata panenjoan yang artinya penglihatan. Tak hanya bisa melihat hamparan hijau, di lokasi ini terdapat jembatan kayu yang sering jadi spot foto-foto para pengunjung. Jembatan kayu tersebut membentang di tengah kebun teh yang luas. 

Untuk memberikan pengalaman berkunjung yang baik, Wayang Windu Pangalengan dilengkapi dengan berbagai fasilitas publik. Beberapa diantaranya adalah gazebo, ATV, area kemah, tempat parkir, toilet umum, mushola dan lain sebagainya. Selain itu, di tempat ini juga ada warung-warung kecil untuk memenuhi kebutuhan makan minum pengunjung 

Wisata Lainnya:  Cluster Nashville Kota Wisata Cibubur: Rumah Idaman di Lokasi Strategis

Hal Menarik di Wayang Windu Pangalengan 

Lantas apa saja yang bisa pengunjung lakukan di tempat ini? Berikut ini beberapa hal yang mungkin menarik bagi Anda: 

1. Menikmati Keindahan Alam 

Tentu saja, daya tarik utama lokasi ini adalah pemandangan alamnya yang tak hanya indah di kala cuaca cerah saja, tetapi juga saat berkabut atau gerimis. Hal ini pulalah yang kemudian membuat para pengunjung ingin mengabadikan momen mereka saat berada di lokasi Wayang Windu ini. Pengunjung bisa berfoto dengan keindahan alam tersebut sebagai latar.  

2. Berkendara di Windu Mountain Bike Park 

Para penggemar olahraga bisa memanfaatkan lanskap daerah ini untuk menikmati sensasi yang berbeda. Lokasi ini memiliki trek yang terbilang cukup panjang, sekitar 15 km untuk dinikmati sambil bersepeda atau mengendarai ATV. Bahkan lintasan Windu Mountain Bike Park juga digunakan untuk acara kejuaraan nasional dengan pilihan level kesulitan, seperti trek Cross Country (XC), All Mountain (AM) ataupun Mini Down Hill (DH). 

3. Berfoto di Jembatan Wayang Windu Panenjoan Sky Park 

Seperti yang sudah sedikit dibahas di atas, di tempat ini ada sebuah jembatan ikonik yang sering dijadikan tempat foto. Jembatan Wayang Windu Panenjoan Sky Park degan panjang sekitar 100 m ini ada di atas perkebunan teh. Pengunjung bisa menikmati pemandangan sambil duduk-duduk di sekitar jembatan.   

Wisata Lainnya:  Tiket Masuk Lembang Wonderland, Negeri Dongeng Di Bandung

4. Berkemah   

Pengunjung yang ingin lebih puas menikmati alam Wayang Windu Panenjoan bisa memilih untuk berkemah di lokasi ini. Setelah melakukan pemesanan tempat sehari sebelumnya, pengunjung bisa mendirikan kemah untuk menikmati alam lebih lama. Pihak pengelola sendiri juga menyediakan tenda sewa beserta peralatan kemah apabila pengunjung tidak membawa sendiri 

Harga Tiket Masuk Wayang Windu Pangalengan 

Ya, salah satu kelebihan berwisata alam ke tempat ini adalah harga tiket masuknya yang terbilang murah dengan fasilitas yang terbilang layak. Berikut ini rincian harga tiket masuk dan biaya lain yang perlu Anda ketahui: 

Harga tiket masuk  Rp10.000/ orang
Parkir motor Rp3000
Parkir mobil Rp5.000
Sewa ATV Rp50.000/ lap
Sewa Gazebo lantai 1 Rp20.000/ 2 jam
Sewa gazebo lantai 2 Rp30.000/ 2 jam
Tiket berkemah Rp20.000/ orang

Selain harga tiket dan biaya lain, Anda juga perlu mengetahui jam operasional pengelola untuk memastikan kedatangan Anda sesuai harapan. Jam Operasional Wayang Windu Pangalengan adalah mulai buka pada pukul 07.00 WIB hingga 18.00 WIB 

Lokasi Wayang Windu Pangalengan 

Wayang Windu Panenjoan berada di Desa Margamukti, Pangalengan, Jawa Barat. Apabila Anda dari Kota Bandung, maka jarak tempuh yang harus dilalui adalah sekitar 52,6 Km (sekitar 2 jam perjalanan). Anda bisa memilih rute Jl Buah Batu, Jl Raya Banjaran, Jl Raya Pangalengan lalu Wayang Windu Panenjoan. 

5 Tips Berkunjung di Wayang Windu Pangalengan 

Apa saja hal yang perlu diperhatikan agar kunjungan Anda ke lokasi ini bisa optimal? 

  1. Apabila Anda ingin ketenangan saat menikmati alamnya, pertimbangkan untuk berkunjung saat weekday (Senin-Kamis) karena ramainya lokasi saat weekend dan hari libur. Namun hal ini tak jadi bila jadwal tidak memungkinkan atau memang Anda ingin menikmati suasana ramai. Mengingat pengelola juga sudah memperhatikan kenyamanan pengunjung. 
  2. Selalu perhatikan barang bawaan Anda di tempat ramai untuk berjaga-jaga dari tangan jahil. Selain itu, baiknya hanya keluarkan barang-barang seperlunya saja untuk menghindari barang yang ketinggalan di lokasi.  
  3. Perhatikan dan taati aturan di lokasi. Hal ini demi menjaga keselamatan, keamanan dan kenyamanan diri anda sendiri maupun pengunjung lainnya selama di lokasi.  
  4. Kenakan jaket atau pakaian hangat lainnya apabila Anda tak begitu tahan dengan hawa dingin. Utamanya bagi pengunjung anak-anak yang mungkin perlu diperhatikan dari hawa dingin atau lembab.   
  5. Bawa kamera atau smartphone dengan baterai dan kapasitas penyimpanan yang cukup untuk memastikan Anda bisa mengabadikan setiap momen selama berkunjung. Tak ada salahnya banyak mengambil foto dan video untuk disortir kemudian di rumah, bukan? 
Wisata Lainnya:  30 Tempat Wisata di Baros Sukabumi yang Wajib Dikunjungi

Akhir Kata 

Harga tiket masuk Wayang Windu Pangalengan yang murah meriah mungkin tak serta-merta membuat Anda langsung memutuskan untuk berkunjung. Oleh karena itu, ulasan singkat tentang lokasi ini beserta informasi lain di atas, mungkin bisa jadi tambahan referensi bagi Anda. 

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *