Tiket Masuk Istana Maimun

Tiket Masuk Istana Maimun, Dari Sejarah, Sampai Legenda Meriam Puntung

Posted on

Istana Maimun pada sekarang ini dimanfaatkan sebagai bangunan monumental, museum, agar semakin mengenali, dan pahami bukti riwayat di periode lalu, terutamanya riwayat di Medan. Istana Maimun peninggalan kerajaan Deli, atau Kesultanan Deli, pada periode Sultan Ma’moen Al Rasyid. Arsitektur bangunannya istimewa, bergaya Mughal.

Keberadaan sebuah museum, atau warisan sejarah yang lain, semestinya sanggup jadi gerbang untuk pahami riwayat perjuangan di periode lalu, dan untuk pahami jatidiri bangsa.

Tiket Masuk Istana Maimun

Begitu juga dengan Istana Maimun Medan. Keberadaanya jadi gerbang untuk pahami, dan pahami beberapa hal itu. Apa lagi lokasi Istana Maimun benar-benar vital, hingga tidak ada argumen untuk abai pada nilai, dan warisan riwayat.

Dan inilah artikel Istana Maimun yang telah kami persiapkan buat anda, sebagai rekomendasi tentukan tempat rekreasi di Medan saat akhir minggu, dan saat liburan datang.

Lokasi Dan Alamat Istana Maimun

Lokasi Istana Maimun dekat sama pusat Kota Medan. Alamat Istana Maimun ada di Jl. Brigjen Katamso No.66, AUR, Kecamatan Medan Maimun, Kota Medan, Propinsi Sumatera Utara.

Jalan ke arah Istana Maimun Medan dapat diakses oleh kendaraan beroda 2, atau beroda 4, baik kendaraan individu, atau kendaraan umum.

Lokasinya Istana Maimun benar-benar vital, terletak dekat sama pusat Kota Medan. Jarak dari pusat perkotaan Medan ke Istana Maimun cuma 3 km saja, sama waktu tempuh cuma sekitaran 10-15 menit saja.

Harga Tiket Masuk Istana Maimun

  • Tiket masuk Istana Maimun Rp. 10.000 per-orang.
  • Tiket masuk Meriam Puntung Rp. 3.000 per-orang.

Jam Buka Istana Maimun

  • Istana Maimun buka tiap hari.
  • Istana Maimun membuka dari jam 08.00 – 17.00.

Fasilitas Di Istana Maimun Medan

Sarana rekreasi di Istana Maimun ialah sebagai berikut:

  • Tempat parkir,
  • Toilet,
  • Persewaan pakaian tradisi,
  • Taman,
  • Penjual makan, dan minuman,
  • Penyewaan kuda,
  • Beberapa barang bersejarah,
  • Dan Meriam Puntung.

Sejarah Istana Maimun

Riwayat Istana Maimun benar-benar terkait erat dengan riwayat Kesultanan Deli. Istana Maimun dibuat di tahun 26 Agustus 1988, dan usai pada 18 Mei 1891, pada periode Sultan Ma’moen Al Rasyid.

Istana Maimun dirancang dengan seorang arsitek bernegara Belanda, yang namanya Majoor Theodoor van Erp. Arsitektur Istana Maimun berpenampilan Mughal.

Saat ini, penyebutan, dan penulisan Istana Maimun Medan kerap disebutkan, dan dicatat dengan pilihan kata Istana “Maimoon”.

Daya Ambil Istana Maimun

Luas teritori Istana Maimun ialah 2.772 mtr. persegi. Dalam teritori itu, ada daya magnet yang harus didatangi oleh beberapa pelancong. Salah satunya :

1. Istana Classic, Yang Istimewa

Kelebihan Istana Maimun ialah selainnya sebagai wisata destinasi wisata riwayat yang terkenal di Medan, di lain sisi sebagai wisata rekreasi keluarga yang mendidik.

Daya tarik yang pertama sudah pasti kehadiran Istana Maimun. Istana yang berpenampilan Mughal, mempunyai 2 lantai, dan 30 ruang.

Dalam istana itu ada banyak sekali beberapa benda monumental, mulai dari singgasana, sampai beberapa foto figur monumental.

Istana Maimun hingga sekarang ini tetap berdiri kuat, teratur, dan terurus dengan baik. Maka dari itu, beberapa pengunjung diharap untuk waspada saat di lama istana, janganlah sampai menghancurkan property yang ada.

2. Persewaan Pakaian Adat

Kegiatan rekreasi di Istana Maimun yang jangan terlewati ialah selfie dengan memakai pakaian tradisi. Kesan-kesan istimewa, menawan, sekalian duduk di singgasana ialah daya magnet intinya.

Disamping itu, di tempat luar Istana Maimun ada taman yang teratur dengan baik. Di tempat itu ada banyak sarana permainan anak, seperti ATV, dan tunggangi kuda.

3. Meriam Puntung

Di objek wisata Istana Maimun ada sebuah lokasi yang paling menjadi legenda, yang namanya Meriam Puntung. Lokasinya di dekat tempat taman Istana Maimun.

Sebuah Meriam yang mempunyai narasi riwayat di periode Kerajaan Haru Baru, dan mengenai narasi 3 bersaudara, 2 lelaki, dan satu orang wanita, yakni Putri Hijau.

Selainnya narasi sejarah, dan legenda, ada satu perihal kembali yang bagus sekali perhatian dari meriam itu. Ada sebuah lubang kecil di meriam, saat telingga pengunjung di lekatkan di lubang itu, maka dengar suara tertentu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.