8 Rekomendasi Tempat Wisata di Depok

8 Rekomendasi Tempat Wisata di Depok yang Harus Dikunjungi Kalo ke Sana

Posted on

Apakah Anda tinggal di Depok, Jawa Barat, atau merencanakan untuk bertandang ke kota ini? Tidak boleh melewati beberapa tempat rekreasi menarik dan terkenal yang berada di Depok. Kota yang berada antara Jakarta dan Bogor ini banyak memiliki tempat rekreasi unggulan. Rekreasi alam, religius, dan pengajaran – semua berada di Depok. Mengakibatkan, kota ini pas untuk dijadikan lokasi untuk berlibur siapapun.

8 Rekomendasi Tempat Wisata di Depok

Jika Anda cuma dapat habiskan waktu sekian hari di Depok, Anda barangkali tidak bisa berkunjung semua tempat rekreasi di Depok. Karena itu, kunjungi saja 8 tempat wisata di Depok yang wajib dikunjungi berikut ini.

Taman Bunga Wiladatika

Tempat rekreasi di Depok pertama kali yang harus Anda datangi ialah Taman Bunga Wiladatika. Menghampar selebar 15 ha, Taman Bunga Wiladatika sebagai tempat rekreasi di Depok yang pas untuk dewasa atau keluarga dengan anak-anak.

Sudah berumur cukup tua karena sudah dibangun semenjak tahun 1980, taman ini mempunyai pohon-pohonan yang telah tumbuh tinggi dan teduh. Taman juga berasa teduh dan sejuk hingga beberapa pengunjung akan terasa nyaman untuk jalan-jalan di sini.

Selainnya pohon-pohonan, Taman Bunga Wiladatika banyak rumput hijau dan bunga berwarna-warna. Tempat tempat bunga-bungaan tumbuh dikitari oleh tanaman perdu, membuat design taman yang paling elok. Di salah satunya sisi taman, ada air mancur yang membuat panorama makin menarik hati. Anda bisa ambil photo pada tempat ini.

Masjid Dian Al Mahri

Bagi Anda yang ingin berekreasi religius, terutamanya untuk Anda yang memeluk agama islam, di Depok ada mushola dengan arsitektur yang paling cantik. Mushola Dian Al Mahri namanya; terkadang disebutkan dengan Mushola Kubah Emas.

Mushola Dian Al Mahri mempunyai satu kubah besar dan empat kubah kecil di seginya, semua dilapis dengan emas. Kubah intinya dibuat serupa Taj Mahal berdiameter 20 m dan tinggi 25 m. Mushola itu mempunyai enam menara dengan tinggi 40 m, dilapis granit, dan warna abu-abu.

Wisata Lainnya:  7 Rekomendasi Destinasi Taman Bermain di Indonesia

Di bagian interior, Mushola Dian Al Mahri terlihat eksklusif dan cantik. Ada lampu menggantung yang di-import dari Italia, hiasan dari emas pada tempat imam, dan kaligrafi di langit-langit mushola. Dengan design interior dan exterior semacam ini, Mushola Dian Al Mahri juga sukses menjadi satu diantara mushola termegah di Asia Tenggara.

Taman Wisata Pasir Putih

Anda bisa mendapat pengalaman itu di Taman Rekreasi Pasir Putih. Berada di Pasir Putih, Sawangan, Kota Depok, tempat rekreasi di Depok ini mempunyai beragam sarana permainan air untuk pengunjung dewasa dan anak. Disamping itu, ada sarana simpatisan yang lain seperti bungalow, pemancingan, dan taman bermain. Kegiatan di darat yang dapat dilaksanakan pengunjung salah satunya ialah flying fox dan ATV.

Taman Rekreasi Pasir Putih tutup tiap hari Jumat. Di hari lain, Anda bisa lakukan beragam kegiatan hebat di tempat rekreasi di Depok ini, baik pada kelompok kecil atau besar. Untuk kelompok besar, ada pemondokan dan aula yang dapat Anda sewa. Jika kelompok Anda perlu lakukan outbound, Anda dapat melakukan dalam teritori tempat rekreasi ini.

Situ Pengasinan Depok

Situ Pengasinan adalah tempat wisata alam di Depok berbentuk danau yang ada di Kelurahan Pengasinan, Kecamatan Sawangan, Depok. Ada beberapa kegiatan bagus yang dapat Anda kerjakan di danau yang menghampar selebar 6 ha ini. Misalkan, flying fox, berkeliling-keliling danau memakai perahu bebek, atau memancing.

Yang mempunyai hoby memancing, Sebaiknya anda bawa peralatan memancing sendiri. Tidak ada tempat persewaan alat memancing pada tempat wisata ini. Di lokasi, ada tempat memancing umum atau cuma-cuma dan tempat berbayar, Anda tinggal pilih sendiri yang mana paling dicintai.

Di pinggir danau, ada taman hijau tempat Anda dan keluarga bisa jalan-jalan atau melangsungkan alas untuk rekreasi. Di situ ada beberapa warung yang umumnya tawarkan minuman dan makanan hingga Anda tak perlu jauh membeli. Pada umumnya, Situ Pengasinan ialah tempat rekreasi di Depok yang paling murah hingga siapa pun dapat bertandang ke arah tempat ini tanpa perlu keluarkan dana besar.

Wisata Lainnya:  5 Rekomendasi Wisata Museum yang Dapat Dikunjungi Secara Virtual dari Rumah

D’Kandang Amazing Farm

Ingin mengajak anak-anak ke arah tempat rekreasi pembelajaran supaya mereka dapat berlibur sekalian belajar? Bertandanglah ke D’Kandang Amazing Farm yang berada di Pasir Putih, Sawangan, Kota Depok.

Walau namanya D’Kandang Amazing Farm, tempat ini bukan peternakan biasa. Di tempat rekreasi di Depok ini, ada beragam kegiatan bagus yang dapat dilaksanakan oleh anak-anak. Buah kesayangan Anda bisa berhubungan langsung dengan hewan ternak seperti sapi, kambing, atau kuda. Mereka dapat coba lakukan aktivitas berkebun.

Tidak stop sampai di sana saja, masih banyak aktivitas berguna yang lain dapat dilaksanakan di D’Kandang Amazing Farm. Misalkan, beberapa pengunjung bisa belajar mengenai langkah memeras susu, langkah membuat pupuk, atau langkah menuai sayur secara benar. Tentu saja, Anda bisa juga berpose atau ambil photo aktivitas anak-anak untuk jadi kenangan.

Yang tidak kalah menarik, anak-anak bisa coba aktivitas yang lain lebih aktif dan berguna untuk perubahan motorik. Mereka bisa berkeliling-keliling tempat selebar 8 ha ini dengan tunggangi kuda. Opsi yang lain, mereka bisa berlomba-lomba untuk tangkap ikan di kolam atau lakukan outbound. Bagus sekali dan berguna, kan?

Arung Jeram Sungai Ciliwung

Nah, kalau Anda menyenangi olahraga melawan, janganlah sampai melewati peluang lakukan arung jeram di Sungai Ciliwung. Tak perlu berkendaraan jauh dari Jakarta untuk lakukan arung jeram, saat ini Anda dapat melakukan di Depok.

Baru diawali ditangani di awal 2017 oleh pemerintahan Kota Depok, penawaran menarik ini sebagai tempat rekreasi baru di Depok. Gagasannya bakal ada empat pelabuhan yang dibikin. Untuk sekarang ini, pengunjung umumnya bergabung di Pos Awasi Ciliwung Ratujaya atau di bawah jembatan Grand Depok City. Dari ke-2 titik berikut, arung jeram Sungai Ciliwung diawali.

Menariknya, ada peningkatan Sungai Ciliwung Depok jadi tempat rekreasi membuat pemerintahan dan masyarakat di tempat makin terus-menerus jaga kebersihan sungai ini . Maka, tidak seperti saluran Sungai Ciliwung setelah tiba Jakarta, Sungai Ciliwung di Bogor dan Depok masih lumayan bersih dan aman untuk aktivitas arung jeram. Berani coba?

Wisata Lainnya:  6 Fakta yang Bikin Jatim Park 3 Menjadi Destinasi Wisata

Agrowisata Belimbing Dewa

Sesuai namanya, Agrowisata Belimbing Dewa sebagai kebun belimbing. Awalnya, tiap kecamatan di Depok mempunyai pohon belimbing dan ini sebagai asal-usul kota ini dipanggil sebagai “Kota Belimbing”. Tetapi, karena ada pembangunan, tempat kebun sudah sering dipakai untuk membangun bangunan. Tetapi, di daerah Pasir Putih, masih ada beberapa pohon belimbing hingga pemerintahan lokal memutuskannya sebagai Agrowisata Belimbing Dewa.

Di tempat rekreasi di Depok itu, Anda bisa menyaksikan beberapa ratus pohon belimbing dengan buahnya yang besar, fresh, dan mempunyai ‘rasa dewa’ atau begitu enak. Beberapa pelancong bisa jalan-jalan antara pohon belimbing dan belajar mengenai sangkut-paut buah ini. Tentu saja, Anda dapat menuai langsung buah itu dari pohonnya. Beragam olahan makanan dari belimbing dapat Anda beli ke tempat rekreasi di Depok ini, misalkan manisan, krupuk, sirup, dodol, dan wingko.

Cagar Alam Kota Depok

Cagar Alam Kota Depok atau juga dikenal bernama Taman Rimba Raya (Tahura) Pancoran Mas sebagai cagar alam dengan riwayat panjang. Bagaimana tidak, cagar alam ini sudah ada semenjak era ke-17, lebih tua dari Kebun Raya Bogor.

Pada waktu itu, Kota Depok sebagai teritori rimba yang rimbun, saat sebelum selanjutnya beralih menjadi tempat tempat tinggal. Untuk menahan lenyapnya daerah rimba, pemerintahan penjajahan Belanda waktu itu memutuskan tempat selebar 30 ha di pinggir Daerah Pitara sebagai rimba lindung.

Cagar Alam Kota Depok pada periode itu mempunyai pohon-pohonan yang membubung tinggi dan jadi komunitas untuk bermacam tipe burung. Hewan-hewan sangat jarang pada periode itu masih tetap tinggal di rimba ini, misalkan harimau jawa, kijang, monyet, bangau putih, dan yang lain. Disamping itu, sekitaran 40.000 tipe tanaman herbal tumbuh di tempat ini.

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *