Tiket Masuk Hutan Kota GBK

Tiket Masuk Hutan Kota GBK, Tempat Piknik Gratis di Jakarta

Posted on

Hutan Kota Gelora Bung Karno atau Hutan Kota GBK telah dibuka kembali untuk umum. Ruang terbuka ini menjadi tempat piknik gratis bagi masyarakat di Jakarta. Tiket masuk Hutan Kota GBK adalah informasi penting bagi Anda.

Kawasan ini telah berkembang menjadi tempat rekreasi yang berhasil menarik banyak pengunjung. Sebelum datang ke sana, Anda dapat menyimak lebih dahulu informasi tentang tiket masuk, jam buka, daya tarik, fasilitas, dan lokasinya.

Jam Buka dan Tiket Masuk Hutan Kota GBK 

Anda dapat mengunjungi Hutan Kota GBK pada hari Selasa sampai Minggu. Sesi 1 dibuka pukul 06.00-10.00 WIB, sedangkan Sesi 2 dibuka pukul 15.00-18.00 WIB. Jadi, kawasan ini tertutup untuk kunjungan pada pukul 10.00-15.00 WIB. 

Hutan Kota GBK adalah ruang terbuka hijau (RTH) sehingga pengunjung tidak perlu membayar tiket masuk Hutan Kota GBK. Namun, Anda tetap harus membayar tarif parkir di lahan GBK jika datang menggunakan kendaraan. 

Wisata Lainnya:  Tiket Masuk De Ranch, Pengalaman Liburan Ala Koboi

Tiket Masuk Hutan Kota GBK

Dirangkum dari beberapa sumber, inilah rincian tiket masuk dan tarif parkir kendaraan di kawasan GBK.

Jenis Tiket Tarif
Tiket masuk hutan kota GBK Rp0,00 (gratis)
Parkir kendaraan roda dua Rp2.000,00/jam
Parkir kendaraan roda empat Rp5.000,00/jam

Daya Tarik Hutan Kota GBK

Hutan Kota GBK menjadi semacam oase di kawasan Ibukota Jakarta yang terkenal dengan tingkat mobilitas masyarakatnya dan polusinya yang tinggi. Apa saja daya tarik area terbuka ini sehingga menjadi tempat rekreasi pilihan masyarakat?

1. Taman di Pusat Kota

Awalnya, area Hutan Kota GBK adalah lapangan golf yang kemudian diubah menjadi area komersial dan RTH. Dalam pengembangannya, di sana berdiri Hotel Plataran dan Hutan Kota GBK. 

Penataan kawasan ini bertujuan untuk menyediakan destinasi wisata kelas menengah ke atas dan ruang rekreasi bagi masyarakat umum. Meskipun disebut hutan kota, kawasan ini berupa hamparan lapangan rumput yang luas mirip taman. 

2. Oase di Tengah Hamparan Gedung Pencakar Langit

Hutan Kota GBK adalah hasil kerjasama pengelola GBK dengan pengembang Hotel Plataran. Jadi, Anda bisa melihat bangunan hotel dan restoran di area ini. Bahkan, ada fasilitas yang hanya terbuka bagi pengunjung hotel maupun restoran.

Wisata Lainnya:  Harga Tiket Masuk Kidzania Jakarta Terbaru 2023

Namun demikian, area Hutan Kota GBK terbuka untuk umum sebagai tempat rekreasi dan wisata outdoor. Berada di antara gedung pencakar langit di Jakarta, taman kota ini seperti oase yang menawarkan udara segar. 

3. Piknik Gaya Urban

Seperti taman kota lainnya, Hutan Kota GBK adalah tempat piknik gratis bagi masyarakat kota. Dari area ini, pengunjung dapat menikmati pemandangan berlatar belakang deretan gedung-gedung tinggi. 

Layaknya berpiknik, Anda bisa membawa sendiri alas untuk duduk di pelatarannya dan bekal makanan. Pokoknya, pengunjung bisa beraktivitas dengan santai dan nyaman.

Untuk menyegarkan pikiran, pengunjung bisa berjalan-jalan mengelilingi taman atau sekadar duduk menikmati suasana. Di hutan kota ini, terdapat kolam ikan lengkap dengan air terjun buatan yang menenangkan. Asyik, kan?

4. Lokasi Olahraga

Kawasan Stadion GBK adalah tempat olahraga yang sudah populer sejak lama dan selalu ramai. Jika tidak nyaman dengan keramaian ini, Anda bisa berlari-lari kecil di jalur pedestrian sekaligus jogging track.

Anda juga dapat bersepeda jalur pedestrian ini. Namun, demi kenyamanan bersama, pengelola melarang pengunjung membawa hewan peliharaan.

Wisata Lainnya:  Hotel Wisata Palu: Menginap Nyaman di Tengah Kota Palu

Fasilitas di Hutan Kota GBK

Sebagai fasilitas publik, Hutan Kota GBK memiliki fasilitas berupa pos keamanan, toilet, dan ruang ganti. Anda tidak perlu khawatir jika lupa membawa bekal. Di sana terdapat kios-kios makanan dan minuman. 

Selain itu, ada sarana pendukung lain, seperti bangku-bangku yang tersebar di pelataran, kolam ikan, amphitheater, dan plasa utama. 

Lokasi Hutan Kota GBK

Hutan Kota GBK atau Hutan Kota Senayan adalah bagian dari Gelora Bung Karno Sports Complex. Akses termudah termudah menuju ke sana adalah melalui Pintu 5 GBK.

Sebagai informasi, Pintu 5 GBK berada di Jalan Jenderal Sudirman Kav. 54-55 Senayan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Anda bisa menggunakan bus Transjakarta atau MRT untuk menuju ke sana.

Akhir Kata

Hutan Kota GBK adalah tempat piknik gratis di tengah padatnya Kota Jakarta. Anda tidak perlu membayar tiket masuk Hutan Kota GBK untuk refreshing dan menghirup udara segar di area publik tersebut.

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *