Harga Tiket Masuk Goa Pindul

Harga Tiket Masuk Goa Pindul, Wisata Seru di Gunung Kidul  

Posted on

Harga tiket masuk Goa Pindul saat ini ada di kisaran Rp50.000 yang bisa Anda pertimbangkan jika ingin menjadwalkan kunjungan. Bagi sebagian pengunjung, HTM ke lokasi gua ini mungkin terbilang agak mahal dibanding lainnya. Namun jangan salah, karena lokasi yang bisa dibilang sebagai ikon pariwisata Kabupaten Gunung kidul ini mampu menawarkan liburan yang lebih berkesan. 

Sekilas tentang Goa Pindul 

Gua Pindul Jogjakarta adalah gua purba di lokasi Kabupaten Gunung Kidul yang kemudian menjadi tujuan wisata, utamanya bagi pengunjung yang ingin melakukan cave tubing. Keindahan alam yang ditawarkan gua yang satu ini memang bisa dikatakan mengagumkan. Terbukti dengan terus berdatangannya pengunjung ke goa Pindul ini.   

Satu hal yang membuat gua ini lebih menarik dibanding gua lainnya adalah adanya aliran sungai di sepanjang lorong dalam serta keindahan stalaktit dan stalagmitnya. Pengunjung akan dibawa menelusuri kedalaman gua yang akan semakin mengagumkan saat penelusuran sudah semakin jauh. Menjelajahi gua dan menikmati keindahannya bisa membuat pengunjung takjub dan penasaran untuk berkunjung kembali.   

Destinasi wisata alam yang berupa gua ini menjadi salah satu destinasi kebanggaan Gunung Kidul dan semakin banyak dikenal pengunjung. Untuk itu, pengelola pun melengkapi objek wisata ini dengan fasilitas umum seperti mushola dan toilet. Selain itu, fasilitas penunjang lainnya yang juga akan mempermudah pengunjung antara lain area parkir, penginapan hingga warung makan. 

Wisata Lainnya:  Tiket Masuk Obelix Hills, Tempat Nongkrong Hits di Jogja

Hal Menarik di Goa Pindul 

Selanjutnya, Anda yang sedang mempertimbangkan tujuan liburan ke goa Pindul ini mungkin masih sedikit penasaran dengan hal-hal menarik yang bisa dilakukan. Untuk menjawabnya, berikut kegiatan yang bisa Anda lakukan di tempat ini:  

1. Cave Tubing  

Pengunjung bisa melakukan petualangan dengan menghanyutkan diri di sungai bawah tanah menggunakan ban dalam untuk menikmati keindahan gua. Nah, ada 3 zona yang bisa Anda jelajahi saat tubing di goa Pindul ini, yaitu zona terang, zona remang dan zona gelap dengan total durasi sekitar 45 menit. Tenang saja, arus sungai bawah tanah ini sangat bersahabat bagi pemula sekalipun.  

2. River Tubing   

Cave tubing di atas bisa Anda lanjutkan dengan lanjut river tubing menelusuri Kali Oyo yang memiliki panjang sekitar 1.500 meter dengan kedalaman hingga 11 meter. Selama menghanyutkan diri di sungai tersebut, Anda bisa menyaksikan keindahan tebing-tebing di sepanjang aliran sungai. Sebagai peralatan keamanan, selain ban dalam Anda juga akan dilengkapi dengan rompi pelampung serta ditemani pemandu. 

3. Menyaksikan Kemegahan Stalagtit Dan Stalagmit   

Stalaktit dan stalagmit adalah bebatuan yang umumnya ditemukan di dalam gua. Namun berbeda dengan yang ada di goa Pindul ini, dimana stalaktit dan stalagmit-nya justru menyatu hingga membentuk sebuah pilar raksasa, bahkan terbesar di dunia. Anda akan dibuat berdecak kagum akan kemegahan yang tersembunyi di dalam gua ini.  

Wisata Lainnya:  5 Rekomendasi Objek Wisata Candi Sekitar Yogyakarta, Bikin Wisatawan Penasaran untuk Singgah

4. Bermain di Sungai BAwah Tanah   

Gua Pindul yang memiliki lebar 5 meter dan panjang sekitar 350 meter ini memiiliki cukup ruang yang bisa memancing minat pengunjung untuk bermain di dalamnya. Dengan jarak permukaan air sungai dengan atap gua mencapai 4 meter, sungai di dalam gua memiliki kedalaman air di kisaran 5-12 meter. Dengan arahan petugas dan peralatan keamanan, pengunjung bisa bermain di zona terang yang dilalui saat melakukan cave tubing.   

5. Berfoto di Sumur Terbalik 

Anda sebelumnya mungkin sempat dibuat penasaran Sumur Terbalik yang sempat viral di media sosial. Ya, penamaan oleh warga sekitar ini sepertinya memang berhasil memicu rasa penasaran banyak orang untuk berkunjung ke goa Pindul ini. Sumur terbalik adalah sebutan untuk sebuah ruangan di salah satu bagian gua Pindul yang kebetulan memiliki sebuah lubang cukup besar di bagian atasnya hingga sinar matahari masuk seolah pengunjung sedang berada dalam sebuah sumur di dalamnya.  

6. Wisata Kuliner   

Anda juga bisa melakukan wisata kuliner di sekitaran lokasi dengan menu khas masyarakat Gunung Kidul, utamanya di sekitar gua Pindul. Setelah lelah menelusuri dan bermain di gua, Anda bisa menghangatkan diri dengan minuman wedang jahe atau makanan nasi trancam. Jangan khawatir, harga menu-menu khas tersebut masih cukup terjangkau.   

Harga Tiket Masuk Goa Pindul 

Perlu Anda ketahui bahwa ada 2 tiket masuk yang masing-masing memiliki nominal berbeda. Untuk masuk ke dalam mulut gua Pindul, Anda memang harus membayar tiket yang lain lagi dari tiket untuk masuk ke kawasan wisatanya. Selain itu, untuk ikut kegiatan seperti tubing dan sebagainya, Anda juga perlu mengeluarkan biaya tambahan yang terbilang masih terjangkau.  

Wisata Lainnya:  Wisata Alam Seroja: Menikmati Keindahan Alam Indonesia
Jenis Tiket Harga
Masuk kawasan Rp10.000
Masuk Gua Pindul Rp40.000
River Tubing Oyo Rp60.000
Gua Cristal Rp30.000
Gua Gelatik Rp35.000
Gua Tanding Rp150.000
Susur Gua Sriti Rp35.000
Wisata Off Road Rp450.000
Outbound Rp50.000
Parkir motor Rp2.000
Parkir mobil Rp5.000
Parkir micro bus Rp10.000
Parkir bus Rp15.000

Pastikan kedatangan Anda sesuai dengan jadwal operasional pengelola gua, yaitu mulai pagi hingga sore hari pukul 07.00 – 16.30 WIB.

Lokasi Goa Pindul 

Destinasi wisata alam ini beralamatkan di Gelaran2, RT.03/RW.16, Seropan, Bejiharjo, Karangmojo, Gunung Kidul, DI Yogyakarta, Indonesia, 55891. Untuk bisa mencapai lokasi yang memiliki jarak sekitar 7 km dari pusat Kota Wonosari (ibukota Gunungkidul) Anda mungkin menghabiskan 2 jam perjalanan dari Yogyakarta. 

Akhir Kata 

Demikian informasi tentang harga tiket masuk Goa Pindul dan beberapa kegiatan menarik yang bisa Anda lakukan di lokasi tersebut. Wisata alam yang satu ini cocok bagi Anda yang hobi dengan petualangan atau liburan keluarga yang seru di sekitar Yogyakarta.

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *