Tiket Masuk Candi Prambanan Yogyakarta

Tiket Masuk Candi Prambanan Yogyakarta, Pesona Wisata Mancanegara

Posted on

Candi Prambanan dibangun pada abad ke-9. Menjulang dengan tinggi 47 meter dengan ornament yang menakjubkan, kecantikan candi Hindu ini tidak tertandingi. Candi Prambanan berada 17 km ke timur dari pusat Kota Jogja dan dapat dicapai dengan bis Trans Jogja.

Tiket Masuk Candi Prambanan Yogyakarta Legenda Roro Jonggrang

“Kata beberapa orang tua, ada patung seorang putri yang disumpah jadi batu di Candi Prambanan.” Tanpa disuruh ia mulai menceritakan mengenai legenda Candi Prambanan.

Jaman dulu ada seorang putri yang paling cantik namanya Roro Jonggrang. Kecantikan itu menarik seorang pangeran untuk menyuntingnya. Roro Jonggrang ajukan syarat untuk membuat seribu candi dalam tadi malam sebagai penolakan halus atas pinangan itu. Tetapi, Bandung Bondowoso masih tetap menerimanya.

Bandung Bondowoso selanjutnya minta bantuan makhluk lembut untuk membuat seribu candi dalam tadi malam. Saat 999 candi telah berdiri, Roro Jonggrang memerintah penduduk dusun menyalakan api unggun dan menumbuk padi dengan lesung. Beberapa jin menduga fajar sudah datang lalu lari tunggang langgang. Bandung Bondowoso yang murka atas tipu tipu daya Roro Jonggrang menyumpahnya jadi patung batu untuk lengkapi candi ke-1000.

“Sampai saat ini patung itu masih tetap ada, kelak njenengan dapat saksikan sendiri,” tutur pengemudi taksi itu.

Tanpa berasa, kami nyaris sampai. Candi Roro Jonggrang yang membubung dengan tinggi 47 meter itu telah terlihat dari jalan raya. Wow, dari jarak jauh juga keindahan candi ini telah memukau!

Jam Buka dan Tiket Masuk Candi Prambanan

Loket ticket reguler membuka tiap hari pk 08:00 sampai pk 17:15, tapi kita dapat masuk lebih cepat dengan ambil paket Pruputan (pk 06.30 – 08.00). Waktu terbaik untuk berkunjung Candi Prambanan ialah pagi-pagi sekali, saat udara masih segar.

Kendaraan dapat masuk tempat parkir saat sebelum jam 17.15.

hari Senin pengunjung tidak dibolehkan masuk ke halaman candi.

Harga tiket masuk Candi Prambanan ialah Rp50.000 untuk dewasa, dan Rp25.000 untuk anak 3-10 tahun. Ada diskon 50% untuk kelompok pelajar/mahasiswa, minimal 20 orang.

Aturan Terbaru di Candi Prambanan

Berikut sejumlah ketentuan terkini di Candi Prambanan yang kami kumpulkan dari beragam sumber.

  • Pengunjung harus memakai aplikasi PeduliLindungi.
  • Anak di bawah 12 tahun dibolehkan masuk Candi Prambanan dengan didampingi orangtua yang telah divaksin.
  • Sejak tengah 2020, pengunjung tidak dibolehkan naik ke candi . Maka, cuma dapat sampai pelataran/halaman candi (zona 1). Ketetapan ini kemungkinan mulai berlaku selanjutnya.
  • Pukul 15.00, pelataran Candi Prambanan (zona 1) akan dikosongkan dari pengunjung. Tetapi, kita dibolehkan di zona 2 sampai pk 18.00.
  • Setiap hari Senin, pengunjung pun tidak dapat masuk ke halaman Candi Prambanan . Maka, cuma dapat sampai taman saja (zona 2).
  • Dilarang bawa minuman dan makanan di luar.

Sejarah Candi Prambanan

Candi Prambanan ialah candi Hindu paling besar di Indonesia sekalian salah satunya candi yang paling indah di Asia Tenggara. Menurut prasasti Siwagrha, candi ini mulai dibuat pada masa pemerintah Rakai Pikatan (pertengahan abad kesembilan) dari Kerajaan Mataram Kuno.

Tetapi, oleh karena yang misteri, pusat kerajaan berpindah ke Jawa Timur diakhir era kesepuluh. Candi yang megah ini juga tidak terurus dan beberapa tertimbun material letusan Gunung Merapi. Pelan-pelan, daerah Prambanan jadi hutan lebat.

Beratus-ratus tahun selanjutnya baru reruntuhan candi ini diketemukan kembali. Pada waktu itu belum diketahui riwayat candi ini hingga terbentuklah legenda Roro Jonggrang yang dikisahkan turun-temurun.

Upaya pemugaran candi secara serius diawali semenjak 1930-an dan pemugaran candi khusus baru selesai tahun 1953.

Kompleks Candi Prambanan

Diprediksi ada 240 candi besar dan kecil di kompleks Candi Prambanan. Tetapi, cuma 18 candi yang sukses dipugar, bekasnya ialah timbunan batu yang berantakan.

Tiga dari 8 candi khusus disebutkan candi Trimurti (“tiga wujud “), disembahkan untuk 3 dewa Hindu paling tinggi: Dewa Brahma Sang Pembuat, Wisnu Sang Pemelihara, dan Siwa Sang Pemusnah.

Candi Siwa yang ada di tengah ialah bangunan paling besar di kompleks Candi Prambanan dan mempunyai 5 ruang: timur, selatan, barat, utara, dan sebuah ruang khusus di tengah candi. Ruang timur tersambung dengan ruang khusus yang berisi arca Siwa Mahadewa dengan tinggi 3 meter. Ruang utara berisi arca Durga Mahisasuramardini, istri Siwa. Arca Durga berikut yang dikatakan sebagai Roro Jonggrang dalam legenda di tempat.

Tepat di muka candi Trimurti ada 3 candi yang lebih kecil untuk kendaraan atau wahana dewa-dewa ini; si lembu Nandi wahana Siwa, si Angsa wahana Brahma, dan si Garuda wahana Wisnu.

Relief Cerita Ramayana

Candi Prambanan dihias relief yang bercerita cerita Ramayana dan Krishnayana. Cerita Ramayana diawali dari kelahiran Rama, penculikan Sinta (istri Rama) oleh Rahwana, usaha penyelamatan Sinta oleh Hanoman (panglima kera), pertemuan kembali Rama dan Sinta, sampai penyerahan tahta Rama ke anaknya.

Relief cerita Ramayana ini dipahat pada dinding samping dalam pagar sejauh lorong galeri yang melingkari candi khusus. Relief ini dibaca dengan mengelilingi candi sama arah jarum jam, diawali dari segi timur candi Siwa (42 adegan) dan diteruskan ke candi Brahma (30 adegan).

Tidak jauh dari Candi Prambanan, cerita cinta Rama dan Sinta yang terpahat kekal ini dipentaskan berbentuk sendratari tiap Selasa malam, Kamis malam, dan Sabtu malam. Sendratari Ramayana Prambanan memegang rekor dunia Guinness World Records sebagai panggung tari Ramayana yang terbanyak melibatkan penari sekalian sebagai sendratari yang paling lama dan teratur mementaskan tari Ramayana semenjak 1961 sampai 2012. London dan New York mempunyai The Phantom of the Drama, Jogja punya Sendratari Ramayana. Pada musim kemarau, pertunjukan dilaksanakan di luar ruang dengan Candi Prambanan yang disoroti lampu sebagai latar belakangnya.

Spot Foto Prambanan

Photografer YogYes memberitahuku beberapa spot untuk ambil photo terbaik di Candi Prambanan, diantaranya spot Bu Ani, spot puing-puing candi perwara, dan spot Syiwa Mandala.

Saat sebelum masuk pelataran candi dari jalan khusus, beloklah ke selatan. Di sini kita dapat mengambil photo seluruh candi khusus yang dibingkai pohon mahoni. Spot ini disebutkan spot Bu Ani.

Spot yang lain terkenal di kelompok photografer ialah reruntuhan candi perwara sebagai foreground yang dramatis untuk candi-candi khusus.

Jam 15.00, pengunjung Candi Prambanan akan diminta keluar zona 1 oleh petugas keamanan. Tetapi, kita bisa mendokumentasikan pemandangan senja di Candi Prambanan dari lapangan Siwa Mandala dekat pintu keluar pekarangan candi khusus. Jika malam itu ada pertunjukan Sendratari Ramayana, lampu-lampu akan menerangi bangunan candi-candi khusus. Hasilnya ialah beberapa foto yang hebat indahnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.