9 Rekomendasi Tempat Wisata di Tegal

9 Rekomendasi Tempat Wisata di Tegal dari Wisata Alam Hingga Edukasi

Posted on

Tegal sebagai salah satunya wilayah di Propinsi Jawa tengah. Wilayah ini terdiri atas dua pemerintah yaitu Kota Tegal dan Kabupaten Tegal. Wilayah ini populer dalam bahasa “ngapak” dan rumah makan yang populer dengan sebutan “warung Tegal atau warteg”.

Selainnya ke-2 ciri khas itu, rupanya banyak daya tarik lain dari wilayah yang ini. Ada tempat rekreasi yang dapat didatangi, dimulai dari rekreasi alam, rekreasi pembelajaran, sampai rekreasi kulineran. Ingin ketahui apa destinasi rekreasi di Tegal? Berikut kami berikan daftarnya.

9 Rekomendasi Tempat Wisata di Tegal

destinasi rekreasi Tegal yang bertemakan rekreasi alam sangat bermacam, dimulai dari pantai, pegunungan, dan danau semuanya ada. Berikut daftar rekreasi alam yang berada di Tegal.

  1. Pantai Alam indah (PAI)

Pantai ini menjadi rekreasi Tegal unggulan dan terkenal. Pada musim berlibur atau akhir pekan, tempat ini makin ramai didatangi. Umumnya warga Tegal tiba saat pagi untuk nikmati udara sejuk, atau sore hari untuk menyaksikan matahari tenggelam.

Disekitaran pantai banyak pepohonan teduh yang dapat menjadi tempat berlindung sambil piknik bersama dengan keluarga, teman dekat, atau pasangan. Disamping itu, ada sarana bermain lain seperti waterboom, kereta kuda, dan beragam permainan anak. Lokasi wisata ini berada di Jalan Sangir, Kelurahan Mintaragen, Kecamatan Tegal Timur, Kota Tegal.

  1. Pantai Purwahamba indah Tegal (Pur In)

Pur In ringkasan dari Purwahamba indah. Lokasi rekreasi ini berada di Desa Purwahamba, Kecamatan Suradadi, Kabupaten Tegal. Pada tempat ini dapat rasakan pemandangan pantai yang indah. Bila tiba pada sore hari, Anda dapat menyaksikan matahari tenggelam yang paling cantik. Bila bosan dengan panorama laut, Anda bisa juga coba rekreasi air seperti sepeda air atau bermain di waterboom. Ada pula kebun binatang mini dan tempat bermain anak, dan tempat makan.

  1. Objek Wisata Guci Tegal

Tegal sediakan tempat rekreasi alam di wilayah pegunungan. Guci menjadi satu diantara tempat wisata yang terkenal dan ramai didatangi pelancong, ditambah saat musim berlibur datang. Daya tarik khusus dari tempat wisata ini yakni pemandian air panas yang dipercayai dapat menyembuhkan penyakit kulit. Pada tempat ini ada juga banyak penjual souvenir dan makanan khas.

Terletak berada di Jl. Objek Wisata Guci, Sigedong, Bumijawa, Kabupaten Tegal cukup mudah untuk ditemukan. Bila pergi dari Slawi (pusat Kabuaten Tegal), jarak tempuhnya cuma sekitaran 30 menit. Tetapi bila pergi dari Kota Tegal karena itu jarak tempuhnya mencapai 40 menit. Sejauh jalan ke arah lokasi, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan asri dan udara sejuk. Karena lokasinya berada di wilayah pegunungan, yakinkan keadaan kendaraan anda sempurna hingga perjalanan tidak terhalang.

  1. Curug Putri Tegal

Rekreasi alam seterusnya yang dapat anda kunjungi saat ada di Tegal yakni Curug Putri Tegal. Lokasinya ada perbatasan di antara Tegal dengan Brebes persisnya di Desa Dukuh Benda, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal. Curug atau air terjun pada tempat ini mempunyai ketinggian sekitaran 25 meter. Pemandangan indah dengan pepohonan rindah dan udara dingin ciri khas pegunungan membuat beberapa wisatawan terasa nyaman saat bertandang di tempat ini.

  1. Waduk Cacaban

Tempat rekreasi di Tegal seterusnya yakni Waduk Cacaban. Lokasi rekreasi ini berada di Cacaban, Kecamatan Kedungbanteng, Kabupaten Tegal. Waduk ini dibuat pada 1952 pada masa Presiden Soekarno. Pada tempat ini anda dapat coba naik kapal rekreasi yang mengelilingi danau. Atau cukup duduk santai di tepi danau sambil nikmati air danau yang tenang.

Warga sekitaran umumnya tiba ke arah tempat ini pagi hari karena selainnya untuk maksud wisata umumnya tempat ini dipakai untuk olahraga joging pada pagi hari. Di sekitar Waduk Cacaban banyak juga penjual makanan khususnya olahan ikan air tawar yang siap menggoyang lidah anda.

Wisata Edukasi di Tegal

Selainnya wisata alam, pilihan wisata di Tegal yang lain yakni rekreasi edukasi. Tahun-tahun ini pembangunan desa wisata dengan memadankan rekreasi alam dan pembelajaran tengah terus-menerus dilaksanakan pemerintahan di tempat. Beberapa tempat rekreasi edukasi yang dapat anda kunjungi saat berada di Tegal seperti berikut:

  1. Wisata Kesehatan Jamu

Rekreasi pembelajaran di Tegal yang dapat anda datangi yakni WKJ atau Wisata Kesehatan Jamu yang berada di Jalan Kalibakung, Kecamatan Balapulang, Kabupaten Tegal. Pada tempat ini anda dapat belajar berbagai tanaman jamu yang dapat menambahkan wawasan anda.

  1. Situs Manusia Purba Semedo

Di Tegal ada juga situs manusia purba yang dapat didatangi. Lokasinya berada di Jl. Desa Semedo, Kecamatan Kedung Banteng, Kabupaten Tegal. Bila berkunjung ke situr pubakala ini, anda dapat menyaksikan berbagai fosil hewan purba yang hidup jutaan tahun kemarin.

  1. Rumah Wayang

Tempat rekreasi Tegal ini mengangkat ide rekreasi pembelajaran sekalian rekreasi budaya. Rumah wayang ini digagas oleh Ki Enthus Susmono seorang dalang sekalian Bupati Tegal pada waktu itu. Di Rumah Wayang ini anda dapat melijat beragam koleksi wayang, lukisan, musik tradisional, dan beragam pernak pernik kebudayaan khas Jawa yang lain. Lokasi rekreasi ini berada di Dusun Bengle, Kabupaten Tegal.

  1. Taman Teknologi Pertanian

Lokasi rekreasi pembelajaran seterusnya yakni Taman Tekonologi Pertanian yang berada di Dukuh Duren Sawit, Desa Kesuben, Kecamatan Lebaksiu, Kabupaten Tegal. Tempat rekreasi ini disahkan pada 16 April 2017 oleh Ki Enthus Susmono sebagai Bupati Tegal pada masa itu. Pada tempat ini anda dapat melihat beragam tehnologi di bagian pertanian dan dapat belajar becocok tanam.

Tersebut beberapa destinasi rekreasi Tegal yang dapat Anda datangi. Sebetulnya ada banyak destinasi rekreasi yang lain baik rekreasi alam atau pembelajaran. Saat tiba ke arah tempat ini, janganlah lupa untuk singgah beberapa wisata itu. Di Tegal banyak juga penginapan yang dapat Anda menempati. Janganlah lupa untuk patuhi prosedur kesehatan saat bertandangi ke arah tempat wisata itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.