Harga Tiket Masuk Situ Bagendit

Harga Tiket Masuk Situ Bagendit, Wisata Danau Di Garut

Posted on

Teruntuk kamu yang ingin mengetahui informasi detail mengenai tiket masuk situ bagendit, maka kamu dapat menyimak informasi kali ini. Perlu kamu ketahui bahwa Garut ini dikenal dengan kota yang memiliki banyak sekali tempat wisata yang menarik.

Selain pemandangannya yang sangat indah, ternyata udaranya juga sangat sejuk. Sehingga membuat para pengunjung betah berlama lama di kota garut tersebut.

Bagi kamu yang merupakan penduduk garut pastinya sudah pernah mendengar tempat wisata situ bagendit.

Sekilas Mengenai Situ Bagendit

Situ bagendit merupakan salah satu objek wisata yang saat ini menjadi primadona untuk wisatawan lokal maupun wisatawan dari luar daerah. Jika di dalam bahasa Indonesia situ magnet ini berarti danau Bagendit. Nah, situ tersebut terbilang sangat luas dan menjadi sumber air untuk memenuhi kehidupan masyarakat yang ada di sekitar tempat tersebut.

Yang menjadi daya tarik utama dari kawasan wisata situ bagending ini yaitu danaunya. Nantinya kamu dapat menikmati danau yang indah beserta dengan latar belakang pegunungan yang tidak kalah indah dari danaunya.

Selain itu, di tempat tersebut juga memiliki banyak sekali aktivitas wisata yang dapat kamu nikmati. Aktivitas yang ada di situ bagendit ini mulai dari berlayar ke tengah situ, menggunakan rakit bambu, main sepeda air, kano, memancing dan berbagai aktivitas yang lainnya.

Perlu kamu ketahui, bahwa setiap tahun pemerintah Kabupaten Garut ini menggelar festival Bagendit. Di mana festival tersebut diisi dengan kesenian daerah dan berbagai lomba wisata air.

Dibuatnya festival tersebut guna menarik wisatawan supaya tetap berkunjung ke Situ Bagendit tersebut. Mungkin kamu sudah tahu bahwa Situ Bagendit ini dulunya memiliki sebuah legenda. Di mana nama Situ Bagendit ini diambil dari nama wanita tua yang bernama nyai Bagendit.

Dikisahkan, nyai Bagendit ini merupakan seorang janda yang memiliki harta berlimpah peninggalan suaminya, dia hidup seorang diri karena tidak memiliki anak.

Akan tetapi, nyai Bagendit ini selalu diliputi dengan kekhawatiran bahwa hartanya akan habis dan membuat ia jatuh miskin. Maka dari itu ia menjadi wanita yang sangat pelit meskipun paling kaya di desa tersebut.

Sehingga jika ada warga desa yang ingin meminjam uang, nyanyi Bagendit ini selalu memberikan pinjaman namun dengan bunga yang tinggi. Namun suatu hari dimana nyai Bagendit sedang menghitung uang dan juga emas yang dia miliki.

Datanglah seorang kakek-kakek yang berjalan dengan menggunakan tongkat, kakek tersebut meminta sedikit air minum kepada Nyai Bagendit. Akan tetapi ku menyaingi tidak memberikan air minum malah memarahi kakek tersebut dengan perkataan yang kasar.

Sehingga sang kakek kecewa dan merasa sedih atas perlakuan nyai Bagendit terhadapnya. Kemudian kakek tersebut mendirikan tongkatnya di depan rumahnya iba gendit dan berkata bawah nyai Bagendit akan menerima pelajaran atas sikapnya yang sudah keterlaluan ke kakek itu.

Setelah kakek tersebut mencabut tongkatnya, maka muncul air yang lama-kelamaan membanjiri seluruh desa. Warga desa sibuk menyelamatkan diri sedangkan Nyai bangendit malah sibuk menyelamatkan hartanya.

Setelah itu Nyai Bagendit mencoba untuk meminta tolong tetapi tidak ada yang menolong dia. Sehingga membuat Nyai Bagendit tenggelam bersama dengan harta kekayaannya.

Semakin lama air tersebut semakin meluap dan membentuk seperti danau yang kemudian danau tersebut dinamakan dengan danau Bagendit atau Situ Bagendit.

Jika kamu tertarik untuk masuk ke Situ Bagendit ini, maka kamu harus tahu terlebih dahulu mengenai harga tiket masuknya.

Harga Tiket Masuk Situ Bagendit

Bagi kamu yang ingin menikmati keindahan Situ Bagendit, berikut ini merupakan rincian harga tiket masuk ke kawasan situ bagendit.

Harga Tiket Masuk Situ Bagendit Biaya
Dewasa Rp 10.000
Anak Anak Rp 5.000

Sedangkan untuk jam bukanya, situ bagendit ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 – 17.00 WIB.

Nantinya para wisatawan dapat menikmati kawasan Situ Bagendit ini sesuai dengan jam buka yang sudah ditetapkan.

Lokasi Kawasan Wisata Situ Bagendit

Jarak danau Bagendit ini dari kota Garut sekitar 12,4 km dengan menempuh waktu perjalanan sekitar 28 menit.

Setelah melakukan renovasi, Situ Bagendit terbagi ke dalam tiga bagian. Nah, untuk pintu masuk yang utama terletak di jalan KH Hasan Arif Banyuresmi.

Sedangkan untuk lokasi kedua dan ketika berada di tengah-tengah pemukiman warga.

Untuk situ bagede ini dapat diakses melalui kawasan sukaratu sedangkan, Situ Bagendit tiga dapat diakses melalui kawasan serut.

Ketiga bagian dari objek wisata Situ Bagendit ini memiliki daya tarik masing-masing, baik itu Situ Bagendit utama, kedua dan juga ketiga memiliki spot-spot foto yang instagramable.

Sehingga nantinya kamu dapat mengabadikan momen kamu dengan berfoto maupun selfie di situ bagendit tersebut.

Perlu kamu ketahui kawasan wisata seluas 2,8 hektar tersebut terbagi ke dalam 6 zona.

Zona pertama yaitu untuk wisata publik, kedua untuk kuliner, ketiga untuk green school, keempat untuk komersial, kelima untuk water sport, dan ke enam untuk masjid dan konversasi.

Akhir Kata

Demikian informasi mengenai tiket masuk Situ Bagendit yang wajib kamu ketahui ketika ingin berkunjung ke danau yang ada di Garut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *