Tiket Masuk Borobudur

Tiket Masuk Borobudur, Candi Buddha Terbesar di Dunia

Posted on

Siapa sih yang tak kenal dengan Candi Borobudur? Salah satu tempat liburan yang begitu populer bahkan hingga mancanegara.

Ini jadi salah satu destinasi wisata yang wajib kalian kunjungi terutama ketika sedang berlibur ke daerah Magelang dan sekitarnya.

Nah berikut akan kami bagikan informasi mengenai harga tiket masuk Borobudur, jam operasional hingga rute perjalanannya untuk kalian.

Informasi Seputar Candi Borobudur

Candi borobudur merupakan bangunan candi berorak Buddha yang dibangun pada msa pemerintahan Dinasti Syailendra di sekitar abad ke 7. Diperkirakan pembangunan candi tersebut dulunya bertujuan sebagai tempat wisata borobudur untuk beribadah serta ziarah bagi para penganut agama Buddha pada waktu itu.

Setelah beratus-ratus tahun tertimbun di dalam tanah, candi Borobudur pun baru ditemukan kembali pada tahun 1814 oleh Sir Thomas Stamford Raffles.

Sejak saat itu dilakukanlah penggalian yang kemudian baru selesai di tahun 1835. Pada tahun 1973, Pemerintah Indonesia melakukan proses pemugaran untuk mengembalikan kondisi candi Borobudur seperti sedia kala.

Wisata Lainnya:  Tempat Wisata Kotamobagu: Menikmati Keindahan Alam Sulawesi Utara

Harga Tiket Masuk Candi Borobudur

Untuk tiket masuk ke candi Borobudur biasanya dibedakan menjadi beberapa kategori. Mulai dari anak-anak, dewasa, rombongan hingga wisatawan mancanegara.

Jenis Tiket Harga
Wisatawan Lokal Dewasa Rp50.000,00
Wisatawan Lokal Anak-anak Rp25.000,00
Tour Guide Rp100.000,00
Wisatawan Lokal Rombongan (minimal 20 orang) Rp25.000,00
Tiket Terusan Borobudur Prambanan Dewasa Rp75.000,00
Tiket Terusan Borobudur Prambanan Anak-anak Rp35.000,00
Tiket Terusan Borobudur Ratu Boko Dewasa Rp75.000,00
Tiket Terusan Borobudur Ratu Boko Anak-anak Rp35.000,00
Parkir Mobil Rp10.000,00
Parkir Motor Rp5.000,00

Jam Buka Candi Borobudur

Ketika ingin berkunjung ke candi Borobudur, pastikan kalian datang di jam-jam operasionalnya. Biasanya kawasan tersebut akan mulai dibuka pada jam 08.00 hingga 15.00 WIB.

Namun biasanya mulai dari jam 11.30 hingga 12.30 kawasan candi akan ditutup sementara untuk waktu istirahat. Jadi kalian disarankan datang di waktu pagi agar punya lebih banyak waktu.

Arsitektur Menarik Candi Borobudur

Sebagai candi buddha terbesar yang ada di dunia, Borobudur memiliki arsitektur yang begitu unik. Ia memiliki 72 stupa, 504 arca Buddha dan juga 2672 panel relief yang ada di setiap sisinya.

Wisata Lainnya:  Wisata Aceh Langsa – Menikmati Keindahan Alam di Kota Langsa

Bentuk arsitektur tersebut sangat unik dan mengnadung nilai-nilai filosofis yang berkaitan dengan kehidupan spiritual seorang manusia.

Dimana bangunan candi Borobudur sendiri juga dibagi menjadi 3 tingkatan yaitu Kamadhatu, Rupadhatu dan Arupadhatu.

1. Tingkat Kamadhatu

Merupakan area paling bawah dari candi Borobudur yang melambangkan kehidupan manusia yang masih terikat dengan dunia.

Relief yang ada di tingkat ini menggambarkan nafsu buruk yang dimiliki oleh manusia dengan suka melakukan berbagai perbuatan jahat.

2. Tingkat Rupadhatu

Ketika naik 4 tingkat keatas, kita akan memasuki area Rupadhatu yang melambangkan alam peralihan. Dimana menggambarkan manusia yang sudah mulai terbebas dair nafsu duniawi namun masih tetap hidup dan tinggal di dunia.

3. Tingkat Arupadhatu

Tingkat paling tinggi yang ada di Candi Borobudur dengan zona berbentuk lingkaran dan menjadi lambang dari rumah Tuhan. Di kawasan ini juga terdapat banyak patung Buddha.

Alamat dan Rute Menuju Candi Borobudur

Candi Borobudur terletak di Jalan Badrawati, Kawasan Candi Borobudur, Borobudur, Kecamatan Borobudur.

Lokasinya tidak terlalu jauh dari berbatasan jogja hanya sekitar 23 km saja dengan perjalanan sekitar 35 menitan.

Wisata Lainnya:  Temukan Wisata di Cilegon yang Menarik untuk Dikunjungi

Kalian bisa datang menggunakan kendaraan pribadi atau menggunakan transportasi lainnya sesuai dengan keinginan kalian.

Syarat dan Ketentuan Berkunjung ke Candi Borobudur

  • Pengunjung harus sudah melakukan vaksinasi (minimal dosis pertama).
  • Pengunjung usia di bawah 12 tahun kini diperbolehkan masuk dengan syarat didampingi orang tua yang sudah melakukan vaksinasi (minimal dosis pertama).
  • Sudah menginstal aplikasi Peduli Lindungi di smartphone atau HP.
  • Wajib mematuhi protokol kesehatan yang berlaku.
  • Setiap Selasa-Minggu, pengunjung dapat mengunjungi Zona 1 Candi Borobudur (pelataran/halaman candi) dan tidak diperbolehkan untuk menaiki bangunan candi.
  • Setiap hari Senin, zona 1 (halaman / plataran candi) tutup untuk kunjungan. Wisatawan dapat mengunjungi zona 2 (taman-taman sekitar candi).

Kesimpulan

Demikian informasi mengenai harga tiket masuk candi borobudur beserta jam operasional dan rute perjalanannya. Semoga dengan informasi diatas bisa membantu perjalanan liburan kalian jadi makin lancar.

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *