Wisata Kuliner di Solo yang Wajib Dikunjungi

Posted on

Jika Anda sedang berkunjung ke Solo, jangan lewatkan untuk mencoba wisata kuliner di sini. Solo memiliki beragam makanan yang lezat dan mudah ditemukan di mana-mana. Berikut ini adalah beberapa wisata kuliner di Solo yang wajib Anda kunjungi.

1. Nasi Liwet

Nasi liwet adalah makanan khas Solo yang terbuat dari nasi yang dimasak dengan santan dan rempah-rempah. Biasanya disajikan dengan lauk seperti ayam goreng, tahu, tempe, dan sayur labu siam. Salah satu tempat yang terkenal dengan nasi liwetnya adalah Warung Nasi Liwet Wongso Lemu.

2. Sate Buntel

Sate buntel adalah makanan khas Solo yang terbuat dari daging sapi atau kambing yang dibungkus dengan lemak sapi. Biasanya disajikan dengan bumbu kacang dan lontong. Salah satu tempat yang terkenal dengan sate buntelnya adalah Sate Buntel Mbak Lies.

3. Gudeg

Gudeg adalah makanan khas Yogyakarta dan Solo yang terbuat dari nangka yang dimasak dengan santan dan rempah-rempah. Biasanya disajikan dengan lauk seperti ayam suwir, telur, dan krecek. Salah satu tempat yang terkenal dengan gudegnya adalah Gudeg Yu Djum.

4. Es Dawet

Es dawet adalah minuman khas Solo yang terbuat dari santan, gula merah, dan tepung ketan. Biasanya disajikan dengan es serut dan sirup. Salah satu tempat yang terkenal dengan es dawetnya adalah Es Dawet Telasih.

5. Soto Gading

Soto gading adalah makanan khas Solo yang terbuat dari kaldu ayam yang disajikan dengan mie, tauge, suwiran ayam, dan bawang goreng. Salah satu tempat yang terkenal dengan soto gadinya adalah Soto Gading Pak Umi.

Wisata Lainnya:  Wisata Puntang: Menikmati Keindahan Alam yang Menawan

6. Bakso Klenger

Bakso klenger adalah makanan khas Solo yang terbuat dari daging sapi yang dicampur dengan telur dan mie. Biasanya disajikan dengan kuah kaldu dan taburan bawang goreng. Salah satu tempat yang terkenal dengan bakso klengernya adalah Bakso Klenger Pak Karmin.

7. Nasi Timlo

Nasi timlo adalah makanan khas Solo yang terbuat dari nasi yang dimasak dengan kaldu ayam dan rempah-rempah. Biasanya disajikan dengan suwiran ayam, tauge, telur, dan krupuk. Salah satu tempat yang terkenal dengan nasi timlonya adalah Warung Nasi Timlo Sastro.

8. Jenang Solo

Jenang solo adalah makanan khas Solo yang terbuat dari ketan yang dimasak dengan santan dan gula merah. Biasanya disajikan dengan taburan kelapa parut. Salah satu tempat yang terkenal dengan jenang solonya adalah Jenang Solo Bu Dermi.

9. Kue Leker

Kue leker adalah makanan khas Solo yang terbuat dari adonan tepung yang digoreng dan diisi dengan parutan kelapa. Biasanya disajikan dengan taburan gula halus. Salah satu tempat yang terkenal dengan kue lekernya adalah Kue Leker Mbah Satinem.

10. Wedang Ronde

Wedang ronde adalah minuman khas Solo yang terbuat dari bola ketan yang diisi dengan kacang hijau dan disajikan dengan kuah jahe dan gula merah. Salah satu tempat yang terkenal dengan wedang rondenya adalah Wedang Ronde Mbah Gito.

11. Sate Kere

Sate kere adalah makanan khas Solo yang terbuat dari daging sapi atau kambing yang dibakar dan disajikan dengan bumbu kacang dan ketupat. Biasanya dijual di warung-warung pinggir jalan. Salah satu tempat yang terkenal dengan sate kerenya adalah Sate Kere Mbah Sardi.

12. Selat Solo

Selat solo adalah makanan khas Solo yang terbuat dari mie yang disajikan dengan potongan daging sapi, wortel, kentang, dan buncis dalam kuah kental. Salah satu tempat yang terkenal dengan selat solonya adalah Selat Solo Pak Marto.

13. Soto Triwindu

Soto triwindu adalah makanan khas Solo yang terbuat dari kaldu ayam yang disajikan dengan mie, tauge, suwiran ayam, dan bawang goreng. Biasanya disajikan dengan tambahan kacang tanah dan emping. Salah satu tempat yang terkenal dengan soto triwindunya adalah Soto Triwindu Pak Jelat.

14. Es Kacang Merah

Es kacang merah adalah minuman khas Solo yang terbuat dari kacang merah yang direbus dan disajikan dengan es serut, susu kental manis, dan sirup. Salah satu tempat yang terkenal dengan es kacang merahnya adalah Es Kacang Merah Bu Ageng.

Wisata Lainnya:  Paket Wisata Bromo Murah dari Jakarta

15. Gado-gado Madiun

Gado-gado madiun adalah makanan khas Solo yang terbuat dari sayuran segar yang disajikan dengan bumbu kacang dan kerupuk. Salah satu tempat yang terkenal dengan gado-gado madiunnya adalah Gado-gado Madiun Pak Supar.

16. Rawon Setan

Rawon setan adalah makanan khas Solo yang terbuat dari daging sapi yang dimasak dengan bumbu rempah-rempah dan disajikan dengan nasi, tauge, dan telur asin. Salah satu tempat yang terkenal dengan rawon setannya adalah Rawon Setan Mbah Wito.

17. Sate Kambing Pak Kempleng

Sate kambing pak kempleng adalah makanan khas Solo yang terbuat dari daging kambing yang dibakar dan disajikan dengan bumbu kacang dan lontong. Salah satu tempat yang terkenal dengan sate kambingnya adalah Sate Kambing Pak Kempleng.

18. Ayam Goreng Suharti

Ayam goreng suharti adalah makanan khas Solo yang terbuat dari ayam yang digoreng dengan bumbu rempah-rempah. Biasanya disajikan dengan nasi, sayur lodeh, dan sambal. Salah satu tempat yang terkenal dengan ayam goreng suhartinya adalah Ayam Goreng Suharti.

19. Sate Kere Solo

Sate kere solo adalah makanan khas Solo yang terbuat dari daging sapi atau kambing yang dibakar dan disajikan dengan bumbu kacang dan ketupat. Salah satu tempat yang terkenal dengan sate kere solonya adalah Sate Kere Solo.

20. Sate Buntel H. Slamet

Sate buntel H. Slamet adalah makanan khas Solo yang terbuat dari daging sapi atau kambing yang dibungkus dengan lemak sapi. Biasanya disajikan dengan bumbu kacang dan lontong. Salah satu tempat yang terkenal dengan sate buntelnya adalah Sate Buntel H. Slamet.

21. Tengkleng Hohah

Tengkleng hohah adalah makanan khas Solo yang terbuat dari tulang kambing yang dimasak dengan bumbu rempah-rempah. Biasanya disajikan dengan nasi, tauge, dan emping. Salah satu tempat yang terkenal dengan tengkleng hohahnya adalah Tengkleng Hohah Mbah Karto.

22. Es Cendol Dawet

Es cendol dawet adalah minuman khas Solo yang terbuat dari tepung ketan hijau dan disajikan dengan santan, gula merah, dan es serut. Salah satu tempat yang terkenal dengan es cendol dawetnya adalah Es Cendol Dawet Pak Marto.

23. Sate Ayam Pak Sulaiman

Sate ayam pak sulaiman adalah makanan khas Solo yang terbuat dari daging ayam yang dibakar dan disajikan dengan bumbu kacang dan lontong. Salah satu tempat yang terkenal dengan sate ayamnya adalah Sate Ayam Pak Sulaiman.

Wisata Lainnya:  Wisata di Muara Bungo: Keindahan Alam yang Menakjubkan

24. Soto Ayam Pak Jumiran

Soto ayam pak jumiran adalah makanan khas Solo yang terbuat dari kaldu ayam yang disajikan dengan mie, tauge, suwiran ayam, dan bawang goreng. Biasanya disajikan dengan tambahan kacang tanah dan emping. Salah satu tempat yang terkenal dengan soto ayamnya adalah Soto Ayam Pak Jumiran.

25. Sate Karang

Sate karang adalah makanan khas Solo yang terbuat dari daging sapi atau kambing yang dibakar dan disajikan dengan bumbu kacang dan lontong. Salah satu tempat yang terkenal dengan sate karangnya adalah Sate Karang Pak Kecik.

26. Sate Kambing Pak Manto

Sate kambing pak manto adalah makanan khas Solo yang terbuat dari daging kambing yang dibakar dan disajikan dengan bumbu kacang dan lontong. Salah satu tempat yang terkenal dengan sate kambingnya adalah Sate Kambing Pak Manto.

27. Sate Buntel Pak Sadi

Sate buntel pak sadi adalah makanan khas Solo yang terbuat dari daging sapi atau kambing yang dibungkus dengan lemak sapi. Biasanya disajikan dengan bumbu kacang dan lontong. Salah satu tempat yang terkenal dengan sate buntelnya adalah Sate Buntel Pak Sadi.

28. Es Dawet Ayu

Es dawet ayu adalah minuman khas Solo yang terbuat dari santan, gula merah, dan tepung ketan. Biasanya disajikan dengan es serut dan sirup. Salah satu tempat yang terkenal dengan es dawetnya adalah Es Dawet Ayu Pak Sastro.

29. Nasi Gandul

Nasi gandul adalah makanan khas Solo yang terbuat dari nasi yang dimasak dengan kaldu ayam dan rempah-rempah. Biasanya disajikan dengan suwiran ayam, telur, dan krupuk. Salah satu tempat yang terkenal dengan nasi gandulnya adalah Nasi Gandul Bu Tarno.

30. Sate Ayam Pak Dhuwi

Sate ayam pak dhuwi adalah makanan khas Solo yang terbuat dari daging ayam yang dibakar dan disajikan dengan bumbu kacang dan lontong. Salah satu tempat yang terkenal dengan sate ayamnya adalah Sate Ayam Pak Dhuwi.

Kesimpulan

Wisata kuliner di Solo sangatlah beragam dan menarik untuk dicoba. Dari nasi liwet hingga sate ayam, semua makanan khas Solo memiliki rasa yang lezat dan unik. Jangan lewatkan kesempatan untuk mencoba wisata kuliner di Solo yang wajib dikunjungi ini.

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *