Wisata Belitung Selain Pantai: Menikmati Keindahan Alam Lainnya

Posted on

Belitung dikenal sebagai salah satu destinasi wisata pantai terbaik di Indonesia. Namun, jangan salah, Belitung juga memiliki keindahan alam lainnya yang tidak kalah menarik. Jika Anda bosan dengan pantai, cobalah untuk mengeksplorasi wisata Belitung selain pantai berikut ini.

1. Pulau Lengkuas

Pulau Lengkuas adalah salah satu pulau yang terletak di sebelah timur Pulau Belitung. Pulau ini terkenal dengan mercusuar tua yang dibangun pada tahun 1882 oleh pemerintah Belanda. Selain itu, wisatawan juga dapat menikmati keindahan alam Pulau Lengkuas, seperti tebing karang yang menjulang tinggi dan air laut yang jernih.

2. Museum Kata Andrea Hirata

Andrea Hirata adalah seorang penulis terkenal Indonesia yang lahir di Belitung. Museum Kata Andrea Hirata didirikan untuk memperkenalkan karya-karya Andrea Hirata dan mengenang masa kecilnya di Belitung. Selain itu, museum ini juga memiliki taman yang indah dan kafe yang menyajikan makanan dan minuman lokal.

3. Danau Kaolin

Danau Kaolin adalah danau buatan yang terletak di daerah Air Raya, Belitung. Danau ini memiliki air yang berwarna putih karena adanya endapan kaolin yang berasal dari tambang kaolin di sekitar danau. Selain menikmati keindahan danau, wisatawan juga dapat melakukan berbagai aktivitas seperti memancing dan berenang.

4. Bukit Batu Baginde

Bukit Batu Baginde adalah bukit yang terletak di daerah Padang Kandis, Belitung. Dari puncak bukit, wisatawan dapat menikmati pemandangan indah kota Tanjung Pandan dan sekitarnya. Selain itu, Bukit Batu Baginde juga memiliki batu-batu besar yang unik dan menarik untuk dijelajahi.

5. Pulau Burung

Pulau Burung adalah pulau kecil yang terletak di sebelah timur Pulau Belitung. Pulau ini terkenal dengan batu-batu besar yang menyerupai burung. Selain itu, Pulau Burung juga merupakan tempat yang indah untuk snorkeling dan diving karena air lautnya yang jernih dan terumbu karang yang indah.

Wisata Lainnya:  Paket Wisata Malang Bromo: Pengalaman Wisata Seru di Jawa Timur

6. Air Terjun Batu Mentas

Air Terjun Batu Mentas adalah air terjun yang terletak di daerah Membalong, Belitung. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 25 meter dan dikelilingi oleh tebing-tebing karang yang indah. Wisatawan dapat menikmati keindahan alam sekitar air terjun dan berenang di kolam yang terbentuk di bawah air terjun.

7. Goa Kelayang

Goa Kelayang adalah goa yang terletak di daerah Sijuk, Belitung. Goa ini memiliki formasi batu yang unik dan menarik untuk dijelajahi. Selain itu, di dalam goa terdapat air terjun kecil yang menambah keindahan goa tersebut.

8. Pulau Leebong

Pulau Leebong adalah pulau kecil yang terletak di sebelah utara Pulau Belitung. Pulau ini terkenal dengan keindahan alam bawah lautnya yang masih sangat alami. Wisatawan dapat melakukan snorkeling dan diving untuk menikmati keindahan terumbu karang dan ikan-ikan laut yang beraneka ragam.

9. Air Terjun Tanjung Tinggi

Air Terjun Tanjung Tinggi adalah air terjun yang terletak di daerah Sijuk, Belitung. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 15 meter dan dikelilingi oleh tebing-tebing karang yang indah. Selain menikmati keindahan air terjun, wisatawan juga dapat menikmati pemandangan pantai yang indah di sekitar air terjun.

10. Museum Tanjung Pandan

Museum Tanjung Pandan adalah museum yang terletak di kota Tanjung Pandan, Belitung. Museum ini memiliki koleksi yang beragam, mulai dari benda-benda peninggalan zaman prasejarah hingga barang-barang peninggalan zaman kolonial Belanda. Selain itu, museum ini juga menyajikan informasi tentang sejarah dan kebudayaan Belitung.

11. Pulau Pasir

Pulau Pasir adalah pulau kecil yang hanya muncul saat air laut surut. Pulau ini terletak di sebelah utara Pulau Belitung. Wisatawan dapat menikmati keindahan pantai dan laut di sekitar Pulau Pasir serta menikmati makanan dan minuman yang dijual oleh para pedagang di pulau tersebut.

12. Pulau Babi

Pulau Babi adalah pulau kecil yang terletak di sebelah timur Pulau Belitung. Pulau ini terkenal dengan keindahan alam bawah lautnya yang masih sangat alami. Wisatawan dapat melakukan snorkeling dan diving untuk menikmati keindahan terumbu karang dan ikan-ikan laut yang beraneka ragam.

13. Pantai Tukik

Pantai Tukik adalah pantai yang terletak di daerah Manggar, Belitung. Pantai ini terkenal dengan keberadaan penyu hijau yang bertelur di pantai tersebut. Wisatawan dapat melihat penyu hijau bertelur dan menikmati keindahan pantai yang masih sangat alami.

Wisata Lainnya:  Kota Wisata Cileungsi: Menikmati Wisata Alam di Tengah Kota

14. Bukit Peramun

Bukit Peramun adalah bukit yang terletak di daerah Gantung, Belitung. Dari puncak bukit, wisatawan dapat menikmati pemandangan indah kota Tanjung Pandan dan sekitarnya. Selain itu, Bukit Peramun juga memiliki formasi batu yang unik dan menarik untuk dijelajahi.

15. Air Terjun Terasering

Air Terjun Terasering adalah air terjun yang terletak di daerah Membalong, Belitung. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 15 meter dan dikelilingi oleh tebing-tebing karang yang indah. Selain menikmati keindahan air terjun, wisatawan juga dapat menikmati pemandangan alam sekitar yang masih sangat alami.

16. Pulau Kepayang

Pulau Kepayang adalah pulau kecil yang terletak di sebelah utara Pulau Belitung. Pulau ini terkenal dengan keindahan alam bawah lautnya yang masih sangat alami. Wisatawan dapat melakukan snorkeling dan diving untuk menikmati keindahan terumbu karang dan ikan-ikan laut yang beraneka ragam.

17. Pantai Tanjung Kelayang

Pantai Tanjung Kelayang adalah pantai yang terletak di daerah Sijuk, Belitung. Pantai ini terkenal dengan keindahan pantai dan bebatuan granit yang menarik. Selain menikmati keindahan pantai, wisatawan juga dapat melakukan berbagai aktivitas seperti bermain jetski dan menaiki perahu nelayan tradisional.

18. Kampung Ahok

Kampung Ahok adalah kampung yang terletak di kota Tanjung Pandan, Belitung. Kampung ini terkenal karena merupakan kampung halaman mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama atau yang lebih dikenal dengan sebutan Ahok. Wisatawan dapat mengunjungi kampung ini untuk melihat kehidupan sehari-hari masyarakat Belitung.

19. Danau Biru

Danau Biru adalah danau buatan yang terletak di daerah Air Raya, Belitung. Danau ini memiliki air yang berwarna biru karena adanya endapan batu kapur yang berasal dari tambang kapur di sekitar danau. Selain menikmati keindahan danau, wisatawan juga dapat melakukan berbagai aktivitas seperti memancing dan berenang.

20. Pulau Batu Berlayar

Pulau Batu Berlayar adalah pulau kecil yang terletak di sebelah utara Pulau Belitung. Pulau ini terkenal dengan batu-batu besar yang menyerupai perahu layar. Selain menikmati keindahan batu-batu tersebut, wisatawan juga dapat melakukan snorkeling dan diving untuk menikmati keindahan terumbu karang dan ikan-ikan laut yang beraneka ragam.

21. Bukit Samak

Bukit Samak adalah bukit yang terletak di daerah Gantung, Belitung. Dari puncak bukit, wisatawan dapat menikmati pemandangan indah kota Tanjung Pandan dan sekitarnya. Selain itu, Bukit Samak juga merupakan tempat yang indah untuk menikmati matahari terbit atau matahari terbenam.

Wisata Lainnya:  Desa Wisata Turgo: Menikmati Keindahan Alam dan Budaya Jawa Tengah

22. Air Terjun Indah

Air Terjun Indah adalah air terjun yang terletak di daerah Membalong, Belitung. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 10 meter dan dikelilingi oleh tebing-tebing karang yang indah. Selain menikmati keindahan air terjun, wisatawan juga dapat menikmati pemandangan alam sekitar yang masih sangat alami.

23. Pulau Mendanau

Pulau Mendanau adalah pulau kecil yang terletak di sebelah timur Pulau Belitung. Pulau ini terkenal dengan keindahan alam bawah lautnya yang masih sangat alami. Wisatawan dapat melakukan snorkeling dan diving untuk menikmati keindahan terumbu karang dan ikan-ikan laut yang beraneka ragam.

24. Pantai Tanjung Binga

Pantai Tanjung Binga adalah pantai yang terletak di daerah Sijuk, Belitung. Pantai ini terkenal dengan keindahan pantai dan bebatuan granit yang menarik. Selain menikmati keindahan pantai, wisatawan juga dapat mencicipi makanan laut yang segar di warung-warung makan yang ada di sekitar pantai.

25. Goa Nangka

Goa Nangka adalah goa yang terletak di daerah Membalong, Belitung. Goa ini memiliki formasi batu yang unik dan menarik untuk dijelajahi. Selain itu, di dalam goa terdapat pohon nangka yang besar yang menambah keindahan goa tersebut.

26. Pulau Kelayang

Pulau Kelayang adalah pulau kecil yang terletak di sebelah utara Pulau Belitung. Pulau ini terkenal dengan keindahan pantai dan bebatuan granit yang menarik. Selain menikmati keindahan pantai, wisatawan juga dapat melakukan berbagai aktivitas seperti bermain jetski dan menaiki perahu nelayan tradisional.

27. Air Terjun Danau Kaolin

Air Terjun Danau Kaolin adalah air terjun yang terletak di daerah Air Raya, Belitung. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 10 meter dan dikelilingi oleh tebing-tebing karang yang indah. Selain menikmati keindahan air terjun, wisatawan juga dapat menikmati keindahan Danau Kaolin yang berwarna putih.

28. Pulau Batu Ampar

Pulau Batu Ampar adalah pulau kecil yang terletak di sebelah timur Pulau Belitung. Pulau ini terkenal dengan keindahan alam bawah lautnya yang masih sangat alami. Wisatawan dapat melakukan snorkeling dan diving untuk menikmati keindahan terumbu karang dan ikan-ikan laut yang beraneka ragam.

29. Pantai Tanjung Kelumpang

Pantai Tanjung Kelumpang adalah pantai yang

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *