Wisata Banjarnegara Terdekat: Nikmati Keindahan Alam Jawa Tengah

Posted on

Jawa Tengah, sebagai salah satu provinsi di Indonesia, memiliki banyak tempat wisata yang indah dan menarik untuk dikunjungi. Salah satu daerah di Jawa Tengah yang memiliki banyak tempat wisata adalah Banjarnegara. Banjarnegara terletak di lereng Gunung Slamet, sehingga memiliki keindahan alam yang luar biasa.

1. Pantai Widarapayung

Pantai Widarapayung terletak di Desa Widarapayung, Kecamatan Sigaluh, Banjarnegara. Pantai ini berjarak sekitar 35 km dari pusat kota Banjarnegara. Pantai Widarapayung memiliki pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih. Di sekitar pantai juga terdapat pepohonan yang rindang sehingga pantai ini sangat cocok untuk tempat piknik bersama keluarga.

2. Air Terjun Curug Lawe

Air Terjun Curug Lawe terletak di Desa Lawe, Kecamatan Pagentan, Banjarnegara. Air terjun ini berjarak sekitar 32 km dari pusat kota Banjarnegara. Air Terjun Curug Lawe memiliki ketinggian sekitar 80 meter dan dikelilingi oleh tebing-tebing yang menjulang tinggi. Suasana di sekitar air terjun ini sangat sejuk dan asri, sehingga cocok untuk tempat refreshing dan bersantai.

3. Goa Jepang

Goa Jepang terletak di Desa Karangtengah, Kecamatan Sigaluh, Banjarnegara. Goa ini berjarak sekitar 20 km dari pusat kota Banjarnegara. Goa Jepang dibangun pada masa penjajahan Jepang sebagai tempat perlindungan dan markas militer. Saat ini, Goa Jepang menjadi tempat wisata sejarah yang menarik untuk dikunjungi.

4. Air Terjun Guci

Air Terjun Guci terletak di Desa Guci, Kecamatan Bawang, Banjarnegara. Air terjun ini berjarak sekitar 20 km dari pusat kota Banjarnegara. Air Terjun Guci memiliki ketinggian sekitar 30 meter dan airnya yang jernih. Di sekitar air terjun juga terdapat kolam alami yang cocok untuk berenang.

Wisata Lainnya:  Exploring the Best Tempat Wisata Kota Palu

5. Candi Cetho

Candi Cetho terletak di Dusun Cetho, Desa Gumeng, Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar. Candi ini berjarak sekitar 70 km dari pusat kota Banjarnegara. Candi Cetho dibangun pada abad ke-15 dan merupakan salah satu dari kompleks percandian di Jawa Tengah yang masih terawat dengan baik. Di sekitar candi juga terdapat kebun teh yang indah.

6. Candi Sukuh

Candi Sukuh terletak di Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar. Candi ini berjarak sekitar 70 km dari pusat kota Banjarnegara. Candi Sukuh dibangun pada abad ke-15 dan memiliki arsitektur yang unik dan menarik. Di sekitar candi juga terdapat pemandian air panas yang bisa digunakan untuk berendam.

7. Kawah Wurung

Kawah Wurung terletak di Desa Wurung, Kecamatan Kalibening, Banjarnegara. Kawah ini berjarak sekitar 15 km dari pusat kota Banjarnegara. Kawah Wurung merupakan salah satu objek wisata alam yang menarik di Banjarnegara. Di sekitar kawah terdapat sumber air panas yang bisa digunakan untuk berendam dan merelaksasi tubuh.

8. Taman Nasional Gunung Slamet

Taman Nasional Gunung Slamet terletak di Kabupaten Brebes, Purbalingga, dan Tegal, serta sebagian Kabupaten Banyumas dan Banjarnegara. Taman nasional ini berjarak sekitar 40 km dari pusat kota Banjarnegara. Taman Nasional Gunung Slamet memiliki keanekaragaman fauna dan flora yang luar biasa, serta pemandangan alam yang indah.

9. Candi Selogriyo

Candi Selogriyo terletak di Dusun Selogriyo, Desa Candirejo, Kecamatan Windusari, Kabupaten Magelang. Candi ini berjarak sekitar 60 km dari pusat kota Banjarnegara. Candi Selogriyo dibangun pada abad ke-9 dan merupakan salah satu dari kompleks percandian di Jawa Tengah yang masih terawat dengan baik. Di sekitar candi juga terdapat pemandian air panas yang bisa digunakan untuk berendam.

10. Pantai Karangbolong

Pantai Karangbolong terletak di Desa Karangbolong, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Purworejo. Pantai ini berjarak sekitar 70 km dari pusat kota Banjarnegara. Pantai Karangbolong memiliki pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih. Di sekitar pantai juga terdapat tebing karang yang menjulang tinggi, sehingga pantai ini sangat cocok untuk tempat berselancar.

11. Candi Mendut

Candi Mendut terletak di Desa Mendut, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang. Candi ini berjarak sekitar 70 km dari pusat kota Banjarnegara. Candi Mendut dibangun pada abad ke-9 dan merupakan salah satu dari kompleks percandian di Jawa Tengah yang masih terawat dengan baik. Di sekitar candi juga terdapat pasar tradisional yang ramai dan menjual berbagai jenis souvenir.

Wisata Lainnya:  Tiket Masuk Borobudur, Candi Buddha Terbesar di Dunia

12. Goa Kiskendo

Goa Kiskendo terletak di Desa Kiskendo, Kecamatan Pejawaran, Banjarnegara. Goa ini berjarak sekitar 25 km dari pusat kota Banjarnegara. Goa Kiskendo memiliki stalaktit dan stalagmit yang indah dan menarik untuk dilihat. Di sekitar goa juga terdapat air terjun kecil yang cocok untuk tempat berenang dan bersantai.

13. Pantai Karangbolong

Pantai Karangbolong terletak di Desa Karangbolong, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Purworejo. Pantai ini berjarak sekitar 70 km dari pusat kota Banjarnegara. Pantai Karangbolong memiliki pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih. Di sekitar pantai juga terdapat tebing karang yang menjulang tinggi, sehingga pantai ini sangat cocok untuk tempat berselancar.

14. Candi Plaosan

Candi Plaosan terletak di Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman. Candi ini berjarak sekitar 90 km dari pusat kota Banjarnegara. Candi Plaosan dibangun pada abad ke-9 dan merupakan salah satu dari kompleks percandian di Jawa Tengah yang masih terawat dengan baik. Di sekitar candi juga terdapat pedesaan yang indah dan asri.

15. Bukit Sikunir

Bukit Sikunir terletak di Desa Sembungan, Kecamatan Garung, Wonosobo. Bukit ini berjarak sekitar 40 km dari pusat kota Banjarnegara. Bukit Sikunir memiliki ketinggian sekitar 2.200 mdpl dan pemandangan matahari terbit yang indah. Di sekitar bukit juga terdapat kebun teh yang bisa dikunjungi.

16. Pantai Nampu

Pantai Nampu terletak di Desa Nampu, Kecamatan Kalibening, Banjarnegara. Pantai ini berjarak sekitar 20 km dari pusat kota Banjarnegara. Pantai Nampu memiliki pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih. Di sekitar pantai juga terdapat tebing karang yang menarik untuk dijelajahi.

17. Candi Sambisari

Candi Sambisari terletak di Desa Purwomartani, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman. Candi ini berjarak sekitar 85 km dari pusat kota Banjarnegara. Candi Sambisari dibangun pada abad ke-9 dan terkubur dalam tanah selama bertahun-tahun. Saat ini, candi Sambisari menjadi tempat wisata sejarah yang menarik untuk dikunjungi.

18. Bukit Kembang

Bukit Kembang terletak di Desa Tlogo, Kecamatan Kajen, Banjarnegara. Bukit ini berjarak sekitar 30 km dari pusat kota Banjarnegara. Bukit Kembang memiliki pemandangan yang indah dan asri, serta cocok untuk tempat camping bersama keluarga atau teman-teman.

Wisata Lainnya:  Tempat Wisata di Badung Bali

19. Candi Borobudur

Candi Borobudur terletak di Desa Borobudur, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang. Candi ini berjarak sekitar 90 km dari pusat kota Banjarnegara. Candi Borobudur dibangun pada abad ke-8 dan merupakan salah satu dari kompleks percandian di Jawa Tengah yang paling terkenal. Di sekitar candi juga terdapat pedesaan yang indah dan asri.

20. Pantai Kartini

Pantai Kartini terletak di Desa Jepara, Kecamatan Jepara, Kabupaten Jepara. Pantai ini berjarak sekitar 100 km dari pusat kota Banjarnegara. Pantai Kartini memiliki pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih. Di sekitar pantai juga terdapat pelabuhan kapal tradisional yang bisa dikunjungi.

21. Bukit Cinta

Bukit Cinta terletak di Desa Ngargomulyo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman. Bukit ini berjarak sekitar 90 km dari pusat kota Banjarnegara. Bukit Cinta memiliki pemandangan matahari terbenam yang indah dan cocok untuk tempat bersantai dan menikmati pemandangan alam.

22. Pantai Srau

Pantai Srau terletak di Desa Kalen, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar. Pantai ini berjarak sekitar 80 km dari pusat kota Banjarnegara. Pantai Srau memiliki pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih. Di sekitar pantai juga terdapat tebing karang yang menarik untuk dijelajahi.

23. Candi Sewu

Candi Sewu terletak di Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman. Candi ini berjarak sekitar 90 km dari pusat kota Banjarnegara. Candi Sewu dibangun pada abad ke-8 dan merupakan salah satu dari kompleks percandian di Jawa Tengah yang paling terkenal. Di sekitar candi juga terdapat pedesaan yang indah dan asri.

24. Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis terletak di Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul. Pantai ini berjarak sekitar 100 km dari pusat kota Banjarnegara. Pantai Parangtritis memiliki pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih. Di sekitar

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *