Tiket Masuk Waduk Jatiluhur

Tiket Masuk Waduk Jatiluhur dan Ragam Wahana Yang Ada

Posted on

Tiket masuk Waduk Jatiluhur adalah berbeda-beda tergantung dari jenisnya. Pihak pengelola menyediakan tiket reguler dan tiket untuk setiap wahana yang ada. Oleh karena itu, apabila pengunjung ingin menikmati wahana yang ada di sana, maka perlu membayar lagi.

Lalu, wahana apa saja yang ada di Waduk Jatiluhur? Wisata Waduk memang tidak biasa, namun pastinya menawarkan pengalaman yang tak terlupakan. Bahkan,  kabarnya keindahan waduk ini seperti pemandangan alam di Skotlandia.

5 Aktivitas Seru Dan Tiket Masuk Waduk Jatiluhur, Kamu Wajib Tahu!

Waduk di provinsi Jawa Barat dengan luas area 8.000 hektare lebih ini merupakan yang terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara. Panorama alam sekitarnya yang tertangkap kamera memang sangat indah. Wisata waduk ini menawarkan banyak sekali aktivitas seru, antara lain:

1. Wisata Alam

Wisata alam adalah aktivitas yang dilakukan di alam bebas, dengan menitikberatkan menikmati alam sekitar. Tak jauh dari waduk, berdiri megah Gunung Tiga Menara dan Gunung Parang, ditingkahi Rimbunnya pepohonan meneduhkan pandangan mata.

Wisata Lainnya:  Tiket Masuk Lembah Hijau Lampung, Berwisata Di Taman Satwa

Ditingkahi aneka bunga di sekitar waduk, menambah syahdu suasana. Pada musim hujan, kawasan waduk akan terlihat berwarna hijau. Ketika cuaca cerah, semilir angin membuat nyaman duduk berlama-lama menikmati hari. Untuk efek memuaskan jiwa petualang, pengunjung bisa melakukan hal berikut:

  • Mendaki Gunung Cilembu. Dari ketinggian 729 meter di atas permukaan laut, pengunjung bisa menikmati indahnya panorama alam di sekitar waduk.
  • Menikmati matahari terbit, ketika sinarnya perlahan dipantulkan air danau yang jernih.
  • Fenomena matahari terbenam berlatar siluet dua gunung megah yang begitu memukau. Indahnya momen matahari berpulang kembali ke langit, layak diabadikan.

2. Berkeliling Waduk

Berkeliling waduk adalah aktivitas melihat sisi lain waduk, biasanya menggunakan alat transportasi. Pengunjung bisa menyewa perahu motor masyarakat setempat. Untuk pengalaman berkeliling yang lebih seru dan menantang, bisa mencoba jetski atau mendayung perahu kano seorang diri.

Tersedia juga kapal yang dapat mengangkut 30 penumpang dalam satu kali putaran. Selain itu, pengunjung bisa menggunakan cara tradisional menjelajah waduk, yaitu dengan mengendarai kereta monorel. Kereta dioperasikan dengan cara dikayuh, dan mengangkut dua orang penumpang maksimal.

  • Apabila kurang menyukai aktivitas di atas, bisa berkunjung ke Jembatan Orange, jembatan panjang penghubung Kecamatan Jatiluhur dan Kecamatan Sukasari. Pastikan untuk tetap berhati-hati, arus sungai di bawah jembatan cukup deras.
Wisata Lainnya:  Objek Wisata di Papua: Menikmati Keindahan Alam Tersembunyi

3. Memancing

Masyarakat di kawasan Waduk Jatiluhur memanfaatkan bendungan dengan budidaya ikan keramba menggunakan teknik jaring apung. Budi daya yang telah menjadi mata pencaharian ini kemudian dijadikan tempat khusus memancing yang mendapat sambutan positif dari pengunjung.

Apabila memancing terasa membosankan, dapat langsung memesan ikan bakar super lezat. Terlebih jika ditemani air kelapa segar yang diminum langsung dari buahnya sebagai pelepas dahaga.

4. Jatiluhur Waterboom Dan Tiket Masuk Waduk Jatiluhur

Jatiluhur Waterboom adalah wisata air yang memiliki aneka permainan keseruan dengan media utama air. Untuk mencoba wahana ini, pengunjung perlu membayar tiket masuk dahulu. Berlokasi tak jauh dari waduk, Waterboom menyediakan empat kolam renang dengan tingkatan kedalaman berbeda.

Tersedia kolam olympic, kolam dangkal, kolam anak, dan kolam dewasa. Sedangkan untuk wahana permainannya, ada ember air, bungee trampolin, papan seluncur, dan masih banyak lagi.

5. Outbound

Bagi penyuka aktivitas fisik menantang adrenalin, bisa mencoba fasilitas outbond Waduk Jatiluhur. Selain itu, tersedia juga camping area yang cukup luas. Pihak pengelola bahkan menyediakan peralatan berkemah yang dapat disewa seperti tenda, alat masak, tikar, juga kursi lipat.

6. Berbelanja

Berlibur tentu tak lengkap tanpa oleh-oleh, bukan? Kunjungi berbagai gerai hasil tangkapan ikan warga sekitar, baik untuk diolah kembali di rumah atau sebagai oleh-oleh dalam bentuk segar. Gerai-gerai ini berada tak jauh dari area panggung terbuka.

Wisata Lainnya:  Tangkuban Perahu: Pesona Alam yang Menawan

Harga Tiket Waduk Jatiluhur

Berikut adlah harga tiket yang ditetapkan oleh pengelola waduk bagi para wisatawan yang berkunjung.

Tiket Waduk Jatiluhur Biaya
Tiket masuk reguler
  • Hari Biasa
Rp5.000
  • Hari Libur / Akhir Pekan
Rp20.000
Tiket masuk Jatiluhur Waterboom Rp.40.000
Tiket kereta monorel  Rp.20.000

Lokasi Waduk Jatiluhur

Waduk Jatiluhur berada di Desa Margalaksana, Jatiluhur, Purwakarta, Jawa Barat. Lokasi wisata ini sudah terkenal sejak lama sehingga cukup terkenal. Bagi Anda yang ingin menikmati keindahan waduk ini untuk pertama kali, bisa dengan mudah mengikuti rute yang ada di Google Maps.

Akhir Kata

Tiket masuk Waduk Jatiluhur adalah tiket regular, dimana pengunjung perlu membayar lagi jika ingin menggunakan wahana lainnya. Oleh karena itu, persiapkan dana secukupnya agar dapat menikmati wahana-wahana menarik ketika berkunjung ke salah satu destinasi wisata andalan kabupaten Purwakarta ini.

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *