Tiket Masuk Pantai Klayar Pacitan

Tiket Masuk Pantai Klayar Pacitan, Wisata Pantai Bali Versi Alternatif 

Posted on

Harga tiket masuk Pantai Klayar Pacitan saat ini ada di kisaran Rp10.000 hingga Rp15.000.bisa dikatakan nominal ini terbilang masih terjangkau untuk wisata pantai yang satu ini. Terlebih, lokasi ini sendiri menawarkan pesona pantai eksotis dan sulit untuk dilupakan. 

Ulasan Sekilas tentang Pantai Klayar Pacitan 

Kota Pacitan mungkin lebih dikenal sebagai Kota Seribu Goa. Namun nyatanya, wilayah ini juga menjanjikan area pantai yang layak dijadikan tujuan wisata Anda bersama pasangan maupun keluarga. Salah satu pantai yang sudah sangat terkenal di Pacitan adalah Klayar. 

Pantai Klayar ini disebut-sebut memiliki keindahan yang bisa disandingkan dengan pantai-pantai eksotik lainnya di Bali. Pantai dengan hamparan pasir putih serta laut biru yang jernih disertai ombak serta semilir angin pantai akan langsung menyambut kedatangan Anda di area pantai Klayar ini. Nampak pula batuan karang yang membelah ombak dengan gagahnya.  

Keindahan pantai juga diperkaya oleh pepohonan pantai yang rindang dan bisa meneduhkan istirahat siang Anda bersama keluarga setelah lelah di perjalanan. Tak hanya menikmati momen santai di sisi pantai, masih ada fasilitas wisata lain yang juga membuat istirahat Anda semakin nyaman. Di sini sudah banyak tersedia seperti area parkir, kamar bilas dan toilet, warung makan, mushola, gazebo, penginapan bahkan area berkemah. 

Wisata Lainnya:  Apa yang Dimaksud Wisatawan Sadar Wisata?

Hal Menarik di Pantai Klayar Pacitan 

Dri penjelasan di atas, mungkin Adna sudah memiliki gambaran tentang apa saja yang bisa Anda nikmati dari kunjungan ke Pantai Klayar ini. Untuk lebih detailnya, silakan simak ulasan singkatnya di bawah ini: 

1. Berfoto di Batu Karang Sphinx 

Mungkin hal yang akan cukup menyita perhatian Anda adalah adanya batuan karang yang memiliki bentuk unik. Ya, di antara batuan tersebut, ada yang memiliki bentuk menyerupai patung Sphinx. Batu yang terbentuk secara alami ini sering dijadikan sebagai latar belakang foto oleh para pengunjung di pantai Klayar ini.  

2. Batu Karang Suling Paus  

Lain lagi dengan batuan karang berikutnya ini yang hanya bisa Anda saksikan sendiri keunikannya saat berkunjung di pantai Klayar. Alih-alih berbentuk menyerupai paus atau bahkan suling, batuan ini menyemburkan air ketika ada ombak menghantam, mirip yang dilakukan ikan paus. Tak hanya itu, batuan ini juga akan menghasilkan suara khas yang kemudian membuatnya disebut sebagai suling paus. 

3. Bermain Air di Pantai 

Pantai ini memiliki arus dan ombak yang bisa tiba-tiba berubah ganas, maka dari itu pengunjung disarankan untuk tidak menyelam atau snorkeling. Namun demikian, bukan berarti tidak ada yang bisa Anda lakukan di sini. Pengunjung masih bisa bermain air di pinggiran pantai yang dangkal, berjalan-jalan di area pantai, naik delman atau bahkan memanjat karang untuk berfoto-foto di sini. 

Wisata Lainnya:  Tiket Masuk Pantai Santolo Garut, Wisata Cantik Kota Dodol

4. Menikmati Sunset  

Pemandangan matahari terbenam di pantai Klayar bisa jadi sebuah pengalaman yang tak terlupakan. Dengan karakter pantai yang luas, Anda dapat dengan leluasa menikmati pemandangan langit dengan suasana sunset yang khas. Pemandangan tersebut berpadu dengan hamparan pantai yang seakan siap menyelimuti matahari di peraduannya. 

5. Menginap di Pantai dan Menikmati Sunrise

Perlu Anda ketahui bahwa Anda bisa berkunjung ke Pantai Klayar jam berapapun karena tidak ada jam operasional. Meski begitu, Anda juga bisa menginap di lokasi pantai apabila ingin menyaksikan sang fajar terbit dari horizon pantai Klayar ini. Ya, Anda bisa menginap di resort dan homestay yang ada di oinggir pantai untuk bisa langsung menuju pantai dan menyaksikan sunrise. 

Harga Tiket Masuk Pantai Klayar Pacitan 

Seperti yang sudah disebutkan di paragraf awal, HTM Pantai Klayar ini terbilang masih sangat terjangkau. Berikut ini rincian biaya yang bisa Anda simak: 

Harga Tiket Masuk Pantai Klayar
Dewasa Rp15.000
Anak-anak Rp10.000
Harga Menginap di Area Pantai Klayar
Penginapan tipe homestay Rp200.000 – Rp500.000 per malam
Penginapan tipe resort Rp800.000 – Rp2.000.000 per malam
Wisata Lainnya:  Tiket Masuk Lontar Sewu, Wisata Hits di Gresik

Meskipun lokasi pantai dibuka tiap hari 24 jam, sebiaknya jadwalkan kedatangan Anda sekitar pukul 06.00 pagi hingga 18.00 sore. Selain itu, apabila Anda ingin bermain air di pantai, selalu perhatikan kondisi ombak, hindari saat sedang tinggi. Untuk anak usia kurang dari 12 tahun sebaiknya selalu diawasi oleh orang dewasa. 

Lokasi Pantai Klayar Pacitan 

Pantai Klayar ini berlokasi di Kendal, Sendang, Donorojo, Pacitan, Jawa Timur, Indonesia, 63554 dengan jarak sekitar 35 kilometer dari pusat kotanya. Dari kota, Anda bisa mencapai lokasi pantai dengan waktu tempuh sekitar 1 jam. Anda bisa mengikuti rute angkutan ke Pasar Punung atau Pasar Donorejo atau memilih rute Jalan Nasional dan Jl. Pringkuku.

Akhir Kata 

Demikianlah penjelasan tentang harga tiket masuk Pantai Klayar Pacitan saat ini dan hal apa saja yang mungkin perlu Anda ketahui sebelum berkunjung. Destinasi wisata pantai Jawa TImur ini bisa jadi alternatif apabila Anda masih belum bisa berkunjung ke Bali.  

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *