Tiket Masuk Benteng Kuto Besak Palembang

Tiket Masuk Benteng Kuto Besak Palembang, Selangkah Ke arah Riwayat Masa Lalu

Posted on

Benteng Kuto Besak merupakan rekreasi Palembang yang menyuguhkan bermacam topik rekreasi pada sebuah teritori. Mulai dari rekreasi riwayat, rekreasi kulineran, sampai rekreasi malam yang instagramable.

Beberapa tempat terkenal di Palembang, seperti Jembatan Ampera, pemandangan Sungai Musi, dan Tugu Iwak Belido, Mushola Agung Palembang, sampai Pasar Ilir 16, lokasinya benar-benar dekat sama Benteng Kuto Besak, atau BKB Palembang.

Lokasi Benteng Kuto Besak yang sangat vital itu menjadikan sebagai salah-satu rekreasi favorite untuk warga Palembang pada terutamanya. Walau pada kenyataannya banyak pula yang tiba di luar Palembang.

Dan berikut informasi Benteng Kuto Besak yang telah kami persiapkan buat anda, sebagai rekomendasi awalnya untuk tentukan tempat rekreasi di Palembang saat akhir minggu, atau saat berlibur tiba.

Tiket Masuk Benteng Kuto Besak

Sebelum kita masuk ke ulasan daya tarik keelokan Benteng Kuto Besak Palembang, sebaiknya kita pahami lebih dulu riwayat singkat Benteng Kuto Besak.

Ide awalnya pembangunan Benteng Kuto Besak, sebenarnya telah ada semenjak zaman Sultan Mahmud Badarudin I. Tetapi pembangunan itu baru dapat terlaksana di tahun 1780 pada periode Sultan Mahmud Muhammad Bahaudin.

Sebelum berdirinya Benteng Kuto Besak, tempat itu pada awalnya sebagai tempat keraton sebagai pusat untuk Kesultanan Palembang, pada era ke XVIII.

Selanjutnya sesudah Benteng Kuto Besak berdiri, benteng itu mempunyai peranan selainnya sebagai pertahanan dari gempuran penjajah, di lain sisi sebagai rumah untuk Sultan dan keluarganya.

Benteng Kuto Besak sah dipakai pada tanggal 21 Februari 1792. Sekarang ini, Benteng Kuto Besak Palembang, atau disebutkan bernama BKB dihuni oleh Instruksi Wilayah Militer Sriwijaya.

Lokasi Dan Alamat Benteng Kuto Besak

Lokasi Benteng Kuto Besak terletak tidak jauh dari lokasi Jembatan Ampera Palembang, dan menghadap ke Sungai Musi Palembang.

Adapun alamat Benteng Kuto Besak ada di Jl. Sultan Mahmud Badarudin, 19 Ilir, Kecamatan Bukit Kecil, Kota Palembang, Propinsi Sumatera Selatan.

Jalan ke arah BKB Palembang cukup mudah dijangkau. Jarak dari Alun-Alun Kota Palembang cuma memiliki jarak 4 km, sama waktu menempuh 10-15 menit perjalanan lewat Jalan Veteran.

Selain itu, Benteng Kuto Besak benar-benar dekat sekali dengan Pasar 16 Ilir. Akses jalan ke arah Benteng Kuto Besak dapat dilewati oleh kendaraan beroda 2, atau beroda 4.

Harga Ticket Masuk Benteng Kuto Besak

  • Ticket masuk Benteng Kuto Besak, atau BKB Rp. 5.000 per orang.

Jam Buka Benteng Kuto Besak

  • Benteng Kuto Besak membuka tiap hari.
  • Benteng Kuto Besak membuka dari jam 08.00 – 21.00.
  • Kawasan depan Benteng Kuto Besak membuka sepanjang 24 jam.

Fasilitas Di Benteng Kuto Besak Palembang

Sarana rekreasi di Benteng Kuto Besak bila dalam tempat benteng ada museum, dan benda monumental yang lain. Tapi bila di luar BKB, ada banyak sarana yang dapat dicicipi pengunjung. Misalnya:

  • Tempat parkir yang luas,
  • Spot festival,
  • Tempat duduk yang nyaman,
  • Spot kulineran, Restoran terapung
  • Pasar 16 Ilir.

Daya Tarik Benteng Kuto Besak

Banyaknya macam rekreasi yang berada di teritori Benteng Kuto Besak, jadikan sebuah wisata rekreasi yang menyuguhkan kesan yang lain dari segi jam kunjungannya.

Dan berikut kegiatan rekreasi yang dapat dilaksanakan di Benteng Kuto Besak:

1. Benteng, Dan Benda-Benda Bersejarah

Daya tarik yang pertama sudah pasti kehadiran sebuah benteng monumental, sebuah benteng yang dibuat bukan oleh bangsa Belanda. Karena umumnya benteng yang berada di Indonesia dibuat oleh bangsa Belanda.

Benteng Kuto Besak mempunyai wujud segi panjang. Adapun panjang BKB ialah 274,32 mtr., dan mempunyai lebar 182,88 mtr..

Adapun tinggi Benteng Kuto Besak sekitaran 9,14 mtr., dan mempunyai ketebalan 2,13 mtr.. Di antara benteng itu ada lubang yang ditujukan sebagai ruangan incar senjata.

Dalam tempat Benteng Kuto Besak ada museum, dan beberapa benda monumental yang lain, seperti meriam, dan bangunan – bangunan yang lain yang bersejarah.

2. View Jembatan Ampera, Dan Sungai Musi

Ada baiknya lawatan wista ke Benteng Kuto Besak dengan menyempatkan diri sampai malam. Saat jam operasional BKB tutup, karena itu serunya rekreasi tidak stop, bahkan juga malah lebih ramai.

Situasi di luar Benteng Kuto Besak saat sore ke arah malam makin ramai. Panorama disekitaran teritori itu benar-benar indah, bersatu dengan kerlap-kerlip lampu malam yang hendak menganakemaskan mata pengunjung.

Kawasan itu sebagai spot terbaik untuk nikmati daya tarik keelokan Jembatan Ampera, dan Sungai Musi di Palembang. Sekalian sebagai latar photo yang kece.

3. Tugu Iwak Belido

Ada spot selfie favorit pengunjung yang namanya Tugu Iwak Belido. Sebuah tugu, atau patung ikan raksasa, berbentuk ikan ciri khas Sungai Musi yang mulai sangat jarang.

Ikan Belido populer sebagai ikan yang begitu enak, sekalian sebagai bahan baku untuk membikin kulineran ciri khas Palembang, yakni Pempek.

4. Resto Terapung

Tutuplah kegiatan rekreasi anda dengan keluarga tersayang dengan coba masakan dalam suatu restoran terapung di Sungai Musi. Masalah rasa, tidak boleh ditanyakan kembali. Karena masakan Palembang sangat populer mempunyai cita-rasa yang sangat tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.