Tiket Masuk 8 Tempat Wisata dekat Malioboro

8 Rekomendasi Tempat Wisata dekat Malioboro yang wajib dikunjungi

Posted on

Malioboro yang menjadi ikon kota Jogja ini tidak pernah sepi dari pengunjung. Nyaris tiap hari Malioboro selalu ramai oleh pelancong mulai dari yang belanja, rekreasi kulineran, atau sekedar hanya jalan dan duduk rileks nikmati situasi disekitaran Malioboro.

8 Rekomendasi Tempat Wisata dekat Malioboro

Nah ternyata banyak juga lho tempat wisata yang letaknya gak jauh dari Malioboro. Yuk lihat rekomendasinya

Titik Nol Kilometer

Hanya berjalan beberapa meter ke selatan dari Malioboro, kita telah tiba di Titik 0 Km yang disebut pusat Kota Jogja. Karena pusat Kota Jogja ada disana, karena itu warga mengatakan dengan Titik 0 Km.

Saat yang pas untuk berkunjung Titik 0 ini ialah di waktu malam hari, karena di waktu malam hari kalian bisa nikmati situasi yang asyik dan dapat berpose dengan background jalan raya yang umumnya ramai . Maka Titik 0 Km ini menjadi satu diantara opsi tempat rekreasi dekat Malioboro.

Museum
Benteng Vredeburg

Benteng yang dibangun tahun 1760 oleh Sri Sultan Hamengkubuwono I ini menjadi satu diantara daya magnet pelancong karena Museum Benteng Vredeburg ini terhitung salah satunya tempat rekreasi dekat Maliboro.

Arah awalnya pembangunan benteng ini untuk jaga keamanan Keraton, tetapi rupanya ada Benteng ini untuk prngawasan Belanda pada aktivitas dalam Keraton. Benteng yang semula namanya Rustenburg ini selanjutnya dibuah namanya jadi Benteng Vredeburg yang memiliki arti benteng perdamaian, sebagai bentuk simbolik perdamaian di antara faksi Belanda dengan faksi Keraton.

Keraton
Yogyakarta

Keraton yang dibangun oleh Sri Sultan Hamengkubuwono I dan usai di tahun 1790 ini masih jadi rumah Sultan dan keluarganya. Tetapi Keraton jadi tempat rekreasi di mana beberapa pelancong bisa banyak belajar mengenai beberapa hal yang terkait dengan riwayat, sampai bisa menyaksikan beragam property yang ada di Keraton. Nach, Keraton Yogyakarta ini menjadi satu diantara tempat rekreasi dekat Malioboro sebagai opsi beberapa pelancong.

Masih di sekitar Keraton Yogyakarta, Museum Kereta Kencana ini jadi opsi pelancong sebagai tempat rekreasi dekat Malioboro yang kerap didatangi. Di sini kalian dapat menyaksikan koleksi Kereta Kuda yang dipakai dari jaman dahulu.

Kereta

Kencana yang telah beberapa ratus tahun umurnya masih disimpan secara baik dan dirawat di Museum Kereta Kencana ini. Ada lebih kurang 23 Kereta Kencana yang diletakkan di museum ini, bila ada sesuatu hal yang inginkamu tanya, kalian biasa menanyakan pada abdi dalam yang bekerja disitu, atau juga bisa menggunakan jasa pemandu rekreasi lokal yang pasti akan membuat lawatan ke Museum ini makin komplet. Kalian bisa juga lho berpose dengan semua Kereta Kencana yang ada di sini.

Tugu Jogja

Landmark Kota Jogja ini benar-benar populer dan beberapa orang ngomong belum ke Jogja jika belum ke Tugu Jogja. Tugu Jogja berada pas ditengah-tengah tengah perempatan Jl Jendral Soedirman, Jl Diponegoro, Jl Pangeran Mangkubumi, dan Jl A.M Sangaji.

Tugu

yang dibangun kurang lebih setahun sesudah Keraton berdiri ini bermakna yang dalam sekalian ada rekaman riwayat kota Jogja. Umumnya Tugu Jogja ramai didatangi pelancong saat malam hari, karena disekitaran Tugu Jogja ada beberapa angkringan sampai kafe yang membuat ramai didatangi.

Berpose di tengah-tengah Tugu Jogja jadi hal favorite yang sudah dilakukan warga, oleh karena itu Tugu Jogja ini terhitung tempat rekreasi dekat Malioboro sebagai opsi pelancong.

Situs Warungboto

Situs Warungboto atau yang disebut Pesanggrahan Rejawinangun ini sebagai tempat permandian atau orang Jogja mengatakan Pesanggarahan. Situs Warungboto ini serupa dengan Taman Sari dari sisi bangunan dan perannya.

Rupanya

Situs Warungboto ini telah diputuskan jadi bangunan cagar budaya di Jogja semenjak tahun 2010. Walau cuma sebuah situs, tetapi tempat ini lebih banyak menghipnotis pelancong hingga banyak pelancong yang mendatanginya. Berpose di Situs Warungboto ini juga kece lho!

Alun-alun Kidul

Alun-alun Kidul atau Alun-alun Selatan ini adalah tempat rekreasi dekat malioboro yang ramai didatangi saat malam hari. Lokasi yang nyaman sekali buat kongkow dan nikmati situasi malam Jogja sekalian didampingi makan jagung bakar dan wedang ronde.

Lokasinya ada pas ada di belakang Keraton, di Alun-alun Kidul ini ada sepeda/odong-odong yang bisa dicarter untuk berkeliling-keliling, ongkosnya sekitaran 30.000 untuk 1x perputaran, tetapi harga itu bisa berbeda. Dan yang unik danselalu ramai untuk dilaksanakan di Alun-alun kidul ialah melalui 2 pohon beringin dengan mata tertutup kain hitam, pasti permintaan kalian akan terkabulkan.

Taman
Sari

Merupakan salah satu bangunan punya kesultanan Yogyakarta yang digunakan sebagai tempat rekreasi, Taman sari tidak pernah sepi oleh pengunjung.

Bangunan monumental ini bisa memberi banyak info mengenai peristiwa di kesultanan periode kemarin. Selainnya belajar sejarahnya, pelancong dapat nikmati keelokan Taman Sari sendiri, karena benar-benar pas dijadikat spot untuk berpose atau selfie.

Oleh karena itu Taman sari. Ticket masuk yang relatif murah makin mengundang pelancong untuk tiba ke Taman Sari ini. Selainnya sebagai tujuan rekreasi, pada saat-saat tertentu masih tetap dipakai untuk ritus khusus oleh keluarga raja. Karena kekhasan bangunannya, Taman Sari menjadi satu diantara opsi tempat rekreasi dekat Malioboro yang ramai didatangi pelancong.

Museum
Sonobudoyo

Museum yang letaknya berseberangan dengan Alun-alun Utara dan Keraton Yogyakarta ini jadi tujuan pelancong karena terhitung tempat rekreasi yang dekat sama Malioboro. Tanah dan bangunan Museum Sonobudoyo ini diberi oleh Sri Sultan Hamengku Buwono VIII sebagai hadiah, dan memulai dibuat pendopo kecil dengan candra sengkala Buta Ngrasa Esthining Lata yang artinya ialah tahun 1865 Jawa atau tahun 1934 Masehi.

Museum Sonobudoyo ini memiliki koleksi paling banyak antara museum lain di Jogja. Lebih kurang ada 43.260 koleksi dalam museum ini, koleksinya berbentuk benda artefak seperti keris, batik, arca, senjata tradisionil, dan lain-lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published.