Tiket Masuk 6 Museum di Yogyakarta

6 Rekomendasi Museum di Yogyakarta yang Wajib Kamu Kunjungi

Posted on

Dikenal sebagai kota yang mempunyai sejuta daya tarik, Yogyakarta punyai banyak daya tarik rekreasi yang tidak pernah habis dikupas. Satu diantaranya ialah rekreasi museum yang beragam macam.

6 Rekomendasi Museum di Yogyakarta

Tidak cuma tampilkan beberapa barang warisan monumental dari jaman dulu, museum terbaik di Kota Siswa ikut jadi arsip penting kebudayaan warga di tempat dan Indonesia keseluruhannya. Tertarik menelusuri museum di kota Yogyakarta? Berikut referensi rekreasi museum di Yogyakarta yang wajib kamu kunjungi:

  1. Museum Keraton Yogyakarta

Terletak di tengah kota Yogyakarta, dekat sama Alun-alun Utara Yogyakarta, Museum Keraton Yogyakarta adalah rekreasi museum di Yogyakarta yang harus kamu datangi. Sesuai namanya, museum ini ada di kompleks Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Museum ini terdiri jadi 4 sub sisi museum, yaitu Museum Sri Hamengku Buwono IX, Museum Kristal, Museum Batik, dan Museum pameran Lukisan dan Photo.

Di

Museum Sri Hamengku Buwono IX, kamu dapat menyaksikan beberapa koleksi warisan Sri Sultan Hamengkubuwono IX yang terbagi dalam beberapa foto, piagam, medali, pertanda jasa, surat keputusan presiden, koleksi mobil-mobilan, sampai beragam warisan monumental yang lain. Dalam pada itu di Museum Batik, kamu dapat menyaksikan simpanan koleksi kain batik, patung, lukisan, kedok batik, dan perlengkapan membatik yang disebut hibah dari keturunan Sri Sultan dan penguasa Batik di Yogyakarta.

  1. Museum Sonobudoyo

Terletak di Jalan Trikora 6, benarnya di Alun-alun Utara Yogyakarta, Museum Sonobudoyo sebagai salah satunya museum di Yogyakarta yang harus didatangi karena simpan koleksi keris bermacam-macam dari beragam wilayah.

Lebih

kurang sekitar 1.200 koleksi keris bisa kamu saksikan saat bertandang ke Museum Sonobudoyo. Tidak itu saja, museum ini simpan beragam koleksi berkenaan budaya dan riwayat Jawa paling komplet sesudah Museum Nasional Republik Indonesia di Jakarta. Selainnya keris, museum di Yogyakarta satu ini ikut memperlihatkan keramik pada jaman Neolitik, patung perunggu dari era kedelapan, wayang kulit, dan kedok Jawa. Berkunjung museum di Yogyakarta satu ini, kamu bisa juga melihat pagelaran Wayang tiap hari Selasa sampai Minggu tiap malamnya.

    start="3">
  1. Museum Affandi

Kamu seorang pecinta seni atau tertarik pelajari seni? Bertandanglah ke Museum Affandi yang berada di wilayah Caturtunggal, Depok, Sleman. Museum Affandi sendiri sebagai museum yang dibuat untuk menghargai seorang Pakar Gambar Indonesia, Affandi.

Museum di Yogyakarta yang awalnya ialah tempat tinggal individu ini mempunyai lebih dari 300 lukisan hasil kreasi pelukis Affandi. Selainnya 300 kreasi lukisan Affandi, museum ini simpan koleksi lukisan pelukis yang lain seperti Basuki Abdullah, Popo Iskandar, Sudjojono, Hendra Gunawan, Barli, dan Muchtar Apin. Kamu bisa juga menyaksikan patung kreasi Amrus Natalsya, dan cukil kayu poles kreasi keluarga Tjokot di sini.

  1. Museum Merapi

Museum

Merapi atau Museum Gunung Merapi (MGM) ialah museum monumental yang berperan sebagai fasilitas pengajaran, penyebaran info faktor kegunungapian dan kebencanaan geologi untuk khalayak luas.

Tidak cuma memberi wacana ilmiah, museum di Yogyakarta ini mendidik warga dari sisi sosial-budaya terkait dengan gunung api itu. Museum ini disahkan di tahun 2009 dan berada di Desa Banteng, Dusun Harjobinangun.

  1. Museum Ullen Sentalu

Berlokasi di daerah Pakem, Kaliurang, Museum Ullen Sentalu sebagai salah satunya tujuan rekreasi riwayat yang jangan kamu terlewat saat berkunjung Yogyakarta. Museum di Yogyakarta satu ini tampilkan budaya dan kehidupan bangsawan Dinasti Mataram yang terbagi dalam Kasunan Surakarta, Kesultanan Yogyakarta, Praja Mangkunegaraan, dan Kadipaten Pakualaman. Museum ini mempunyai koleksi berbagai macam batik baik yang berpenampilan Yogyakarta atau Surakarta.

Berkunjung

museum di Yogyakarta satu ini, kamu dapat menyaksikan beragam koleksi warisan monumental seperti lukisan, alat music tradisionil, kelompok photo, arsip, dan lain-lain. Nama museum ini sebagai singaktan dari bahasa Jawa,”ULating bLENcong SEjatiNe TAtaraning LUmaku” yang ini berarti “Hidup lampu blencong sebagai panduan manusia dalam mengambil langkah dan melalui kehidupan”. Lampu blencong ialah sebuah lampu minyak yang dipakai dalam atraksi wayang kulit dan dipercayai sebagai sinar yang selalu bergerak arahkan perjalanan hidup.

  1. Museum Benteng Vredeburg

Destinasi wisata museum di Yogyakarta seterusnya yang pantas kamu kunjungia dalah Museum banteng Vredeburg. Museum ini awalnya sebuah banteng pada periode penjajahan Belanda. Sesudah periode kemerdekaan, bangunan ini berpindahfungsi jadi museum yang mendokumentasikan riwayat Indonesia melalui koleksi diorama-nya. Tidak cuma diorama, Benteng Vredeburg tampilkan koleksi photo, seragam dan beragam warisan pahlawan dan penjajah.

Leave a Reply

Your email address will not be published.