Wisata Gedung Sate: Sejarah, Fasilitas, dan Aktivitas Menarik

Posted on

Wisata Gedung Sate adalah salah satu tempat wisata di Kota Bandung yang patut dikunjungi. Gedung Sate sendiri merupakan gedung yang berfungsi sebagai kantor gubernur Jawa Barat. Selain itu, gedung ini juga menjadi tempat wisata yang menarik bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Di sini, Anda bisa menikmati keindahan arsitektur bangunan, sejarah, dan aktivitas menarik.

Sejarah Gedung Sate

Gedung Sate merupakan salah satu bangunan bersejarah di Bandung. Gedung ini mulai dibangun pada tahun 1920 oleh arsitek Belanda, J. Gerber. Bangunan ini diresmikan pada tahun 1926 oleh Gubernur Jenderal Herman Willem Daendels. Gedung Sate awalnya digunakan sebagai kantor Departemen Pekerjaan Umum dan Perhubungan pada masa penjajahan Belanda. Setelah Indonesia merdeka, gedung ini menjadi tempat kedudukan gubernur Jawa Barat.

Wisata Lainnya:  Desa Wisata Sari Bunihayu - Sebuah Destinasi Wisata yang Menarik di Indonesia

Di gedung ini terdapat berbagai kisah sejarah yang menarik. Salah satunya adalah peristiwa penculikan dua orang perwira TNI, Mayor General Soeprapto dan Letnan Kolonel Untung pada tahun 1965. Peristiwa ini terjadi di gedung Sate saat kedua perwira itu sedang menghadiri rapat dengan gubernur Jawa Barat saat itu, Ahmad H. Djajadiningrat.

Fasilitas di Wisata Gedung Sate

Wisata Gedung Sate menawarkan berbagai fasilitas yang bisa Anda nikmati selama berkunjung. Berikut beberapa fasilitas yang bisa Anda temukan:

1. Museum Pos Indonesia

Di dalam Gedung Sate terdapat Museum Pos Indonesia yang menyajikan berbagai koleksi perangko dan prangko Indonesia. Museum ini juga menyajikan sejarah perkembangan pos di Indonesia.

2. Taman Lalu Lintas

Taman Lalu Lintas adalah taman edukasi yang menyajikan berbagai jenis kendaraan dan sinyal lalu lintas. Wisatawan bisa belajar mengenai tata cara lalu lintas di Indonesia dan mempraktikan langsung.

3. Ruang Terbuka Hijau

Gedung Sate juga memiliki area hijau yang luas. Di sini, Anda bisa bersantai dan menikmati udara segar di tengah kota Bandung.

Wisata Lainnya:  Wisata di Soreang: Menikmati Keindahan Alam dan Budaya

Aktivitas Menarik di Wisata Gedung Sate

Selain fasilitas yang tersedia, di Wisata Gedung Sate juga terdapat beberapa aktivitas yang bisa Anda lakukan. Berikut beberapa aktivitas yang bisa Anda coba:

1. City Tour

Anda bisa melakukan city tour menggunakan bus kota yang tersedia di gedung sate. Bus kota ini akan membawa Anda mengelilingi kota Bandung dan mengunjungi beberapa tempat wisata lainnya.

2. Berfoto di Gedung Sate

Gedung Sate memiliki arsitektur yang indah dan unik. Anda bisa berfoto di depan gedung sate dan mengabadikan momen Anda di tempat ini.

3. Kuliner di Sekitar Gedung Sate

Di sekitar Gedung Sate terdapat berbagai tempat kuliner yang patut Anda coba. Mulai dari makanan khas Bandung hingga makanan internasional tersedia di sini.

Jadwal Buka Gedung Sate

Gedung Sate buka setiap hari dari Senin hingga Minggu. Namun, untuk wisatawan yang ingin berkunjung ke Museum Pos Indonesia, jadwal buka adalah Selasa hingga Minggu pada pukul 09.00-16.00 WIB.

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk ke Wisata Gedung Sate adalah Rp 10.000 per orang. Sedangkan untuk Museum Pos Indonesia, harga tiket masuknya adalah Rp 5.000 per orang.

Wisata Lainnya:  Wisata Bukit Sentul Lawang: Pemandangan Indah di Tengah Kota

Alamat Wisata Gedung Sate

Wisata Gedung Sate berada di Jalan Diponegoro No. 22, Bandung. Lokasi ini sangat mudah dijangkau dengan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi.

Kesimpulan

Wisata Gedung Sate adalah tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi di kota Bandung. Di sini, wisatawan bisa menikmati keindahan arsitektur gedung, sejarah, dan aktivitas menarik. Terdapat berbagai fasilitas dan aktivitas yang bisa Anda nikmati selama berkunjung. Jangan lupa untuk mencoba kuliner di sekitar Gedung Sate dan mengunjungi Museum Pos Indonesia yang menyajikan berbagai koleksi perangko dan prangko Indonesia.

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *