Desa Wisata Setanggor: Sebuah Destinasi Wisata yang Menarik di Indonesia

Posted on

Desa Wisata Setanggor merupakan salah satu destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi di Indonesia. Terletak di Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah, desa wisata ini menawarkan berbagai macam keindahan alam dan kebudayaan yang dapat dinikmati oleh para wisatawan.

Keindahan Alam

Desa Wisata Setanggor terkenal dengan keindahan alamnya yang masih asri dan belum banyak tersentuh oleh peradaban modern. Dikelilingi oleh pegunungan yang hijau serta sawah yang terhampar luas, desa wisata ini menawarkan pemandangan yang sangat memukau bagi para pengunjungnya.

Salah satu tempat yang wajib dikunjungi di Desa Wisata Setanggor adalah Air Terjun Jumog. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 20 meter dan airnya yang jernih membuat pengunjung dapat berenang atau bermain air dengan aman. Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati pemandangan yang indah dari atas air terjun.

Selain Air Terjun Jumog, Desa Wisata Setanggor juga memiliki beberapa tempat wisata alam lainnya seperti Pantai Parangkusumo, Goa Jatijajar, dan Gunung Api Purba Nglanggeran. Semua tempat wisata tersebut menawarkan keindahan alam yang berbeda-beda dan sangat memukau.

Wisata Lainnya:  Desa Wisata Adalah Destinasi Wisata yang Menarik untuk Dikunjungi

Kebudayaan yang Kaya dan Menarik

Tidak hanya keindahan alamnya yang menarik, Desa Wisata Setanggor juga memiliki kebudayaan yang kaya dan menarik untuk dijelajahi. Desa wisata ini merupakan tempat tinggal suku Jawa yang masih mempertahankan kebudayaannya dengan baik.

Salah satu kebudayaan yang masih dilestarikan di Desa Wisata Setanggor adalah tari Bedhaya Ketawang. Tarian ini merupakan tarian sakral yang biasanya ditampilkan pada acara-acara besar seperti pesta pernikahan atau upacara keagamaan. Tarian ini sangat indah dan memukau, sehingga banyak wisatawan yang datang khusus untuk menyaksikannya.

Selain tarian Bedhaya Ketawang, Desa Wisata Setanggor juga memiliki kerajinan tangan yang khas seperti anyaman bambu, batik, dan tenun. Wisatawan dapat melihat langsung proses pembuatan kerajinan tangan tersebut dan membelinya sebagai oleh-oleh.

Akomodasi yang Nyaman

Desa Wisata Setanggor menyediakan berbagai macam akomodasi yang nyaman bagi para wisatawan yang ingin menginap. Terdapat beberapa penginapan seperti homestay, villa, dan hotel yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan dan budget wisatawan.

Wisatawan juga dapat menikmati berbagai macam kuliner khas Jawa di Desa Wisata Setanggor. Terdapat beberapa warung makan yang menyajikan makanan tradisional Jawa seperti nasi liwet, gudeg, dan sate kambing. Semua makanan tersebut sangat lezat dan cocok untuk dicoba oleh para wisatawan.

Wisata Lainnya:  Tempat Wisata Semarang Romantis

Kesimpulan

Desa Wisata Setanggor merupakan destinasi wisata yang sangat menarik dan layak untuk dikunjungi. Keindahan alamnya yang masih asri, kebudayaan yang kaya, dan akomodasi yang nyaman membuat Desa Wisata Setanggor menjadi salah satu tempat wisata terbaik di Indonesia. Jadi, tunggu apa lagi? Segera rencanakan liburan Anda ke Desa Wisata Setanggor dan nikmati keindahan alam serta kebudayaan yang dimilikinya.

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *