Wisata di Singosari Lawang: Menikmati Keindahan Alam Jawa Timur

Posted on

Lawang, sebuah kota di Jawa Timur yang terkenal dengan wisata alamnya yang indah. Salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi di Lawang adalah Singosari. Singosari adalah sebuah desa kecil yang terletak di Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang. Desa ini terkenal dengan wisata alamnya yang menarik dan juga sebagai tempat bersejarah.

Sejarah Singosari

Singosari dulunya adalah sebuah kerajaan yang berdiri pada abad ke-13. Kerajaan Singosari didirikan oleh Ken Arok dan berakhir pada tahun 1292 karena diserang oleh pasukan Mongol. Meskipun kerajaan Singosari telah berakhir, namun peninggalan-peninggalannya masih bisa ditemukan di sana. Salah satu peninggalan kerajaan Singosari yang terkenal adalah candi Singosari.

Menikmati Keindahan Alam Singosari

Wisata alam di Singosari memang sangat menarik. Ada banyak tempat yang bisa dikunjungi untuk menikmati keindahan alamnya. Salah satu tempat yang wajib dikunjungi adalah Coban Rondo. Coban Rondo adalah sebuah air terjun yang terletak di Desa Pandesari, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 60 meter dan memiliki keindahan alam yang menakjubkan.

Wisata Lainnya:  Desa Wisata Gerabah Kasongan Yogyakarta: Membangkitkan Semangat Kreativitas Anak Bangsa

Selain Coban Rondo, ada juga Coban Pelangi yang terletak di Desa Sumberbrantas, Kecamatan Singosari. Coban Pelangi adalah sebuah air terjun yang memiliki keindahan alam yang mempesona. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 20 meter dan memiliki kolam yang jernih di bawahnya.

Tidak hanya air terjun, di Singosari juga terdapat banyak tempat wisata lain yang menarik. Salah satunya adalah Taman Wisata Gunung Banyak. Taman Wisata Gunung Banyak adalah sebuah taman yang terletak di Desa Tirtomulyo, Kecamatan Singosari. Di taman ini, pengunjung bisa menikmati keindahan alam dan juga melakukan berbagai aktivitas seperti hiking, camping, dan lain-lain.

Menjelajahi Peninggalan Sejarah

Selain wisata alam, di Singosari juga terdapat banyak peninggalan sejarah yang menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah candi Singosari. Candi Singosari adalah sebuah candi yang terletak di Desa Candirenggo, Kecamatan Singosari. Candi ini dibangun pada masa pemerintahan raja Kertanegara pada abad ke-13. Candi ini memiliki arsitektur yang khas dan sangat menarik untuk dipelajari.

Wisata Lainnya:  Menikmati Keindahan Tempat Wisata di Loano Purworejo

Selain candi Singosari, ada juga makam raja-raja Singosari yang terletak di sekitar desa Singosari. Makam-makam ini juga memiliki nilai sejarah yang sangat penting dan menarik untuk dipelajari.

Mengunjungi Desa Wisata Singosari

Tidak hanya wisata alam dan sejarah, di Singosari juga terdapat desa wisata yang menarik. Desa wisata ini adalah Desa Ngadisari. Desa Ngadisari terletak di Kecamatan Singosari dan memiliki keunikan tersendiri. Di desa ini, pengunjung bisa belajar cara membuat kerajinan tangan seperti anyaman bambu, pembuatan batik, dan lain-lain. Selain itu, di desa ini juga terdapat banyak warung makan yang menyajikan masakan khas Jawa Timur.

Kesimpulan

Singosari memang memiliki banyak destinasi wisata yang menarik. Mulai dari wisata alam, sejarah, hingga desa wisata. Jadi, jika kamu sedang berada di Jawa Timur, jangan lewatkan untuk mengunjungi Singosari dan menikmati keindahan alam dan sejarahnya.

Post Lainnya:
Wisata Lainnya:  Wisata Geologi: Menjelajahi Keindahan Alam dengan Cara yang Unik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *