Wisata di Madiun yang Lagi Hits

Posted on

Madiun adalah salah satu kota di Jawa Timur yang memiliki banyak destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Berikut ini adalah beberapa wisata di Madiun yang lagi hits dan wajib dikunjungi saat berkunjung ke kota ini.

1. Air Terjun Grojogan Sewu

Air Terjun Grojogan Sewu adalah salah satu wisata alam yang paling populer di Madiun. Terletak di Desa Tawangharjo, Grojogan Sewu memiliki ketinggian sekitar 80 meter dan memiliki air yang jernih dan segar. Untuk mencapai air terjun ini, pengunjung harus melewati jalan setapak dan menuruni anak tangga yang cukup curam.

Di sekitar air terjun ini, terdapat beberapa warung makan dan tempat parkir. Pengunjung juga dapat melakukan aktivitas seperti berenang, memancing, dan camping di area sekitar air terjun.

2. Gunung Lawu

Gunung Lawu adalah gunung yang terletak di perbatasan antara Jawa Tengah dan Jawa Timur. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 3.265 meter dan menjadi salah satu destinasi pendakian yang populer di Indonesia. Terdapat tiga jalur pendakian yang dapat dipilih oleh pengunjung yaitu Cemoro Sewu, Cemoro Kandang, dan Tawangmangu.

Pendakian ke Gunung Lawu membutuhkan waktu sekitar 7-8 jam tergantung dari jalur yang dipilih. Namun, pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan yang spektakuler di puncak Gunung Lawu.

3. Taman Rekreasi Sriti

Taman Rekreasi Sriti adalah taman rekreasi yang terletak di pusat kota Madiun. Taman ini memiliki berbagai fasilitas seperti arena bermain anak, kolam renang, lapangan tenis, dan lapangan bulu tangkis. Selain itu, terdapat juga beberapa tempat makan dan kios yang menjual berbagai macam makanan dan minuman.

Taman Rekreasi Sriti merupakan tempat yang cocok untuk menghabiskan waktu bersama keluarga atau teman-teman. Pengunjung dapat menikmati suasana yang nyaman dan segar di tengah kota Madiun.

4. Goa Selomangleng

Goa Selomangleng adalah gua yang terletak di Desa Selomangleng, Kecamatan Dagangan, Madiun. Gua ini memiliki panjang sekitar 800 meter dan memiliki keindahan alam yang menakjubkan. Di dalam gua ini terdapat beberapa stalaktit dan stalakmit yang sangat indah.

Wisata Lainnya:  Paket Wisata Surabaya: Menikmati Keindahan Kota Metropolitan dengan Beragam Destinasi Wisata

Untuk menuju ke Goa Selomangleng, pengunjung harus menempuh perjalanan sekitar 1 jam dari pusat kota Madiun. Namun, perjalanan yang melelahkan akan terbayar dengan keindahan alam yang spektakuler di dalam gua ini.

5. Pantai Klayar

Pantai Klayar adalah salah satu pantai yang terletak di Kabupaten Pacitan, sekitar 2 jam perjalanan dari kota Madiun. Pantai ini terkenal dengan batu karang besar yang berada di tengah-tengah pantai. Batu karang ini memiliki bentuk yang unik dan menjadi spot foto yang sangat populer di Pantai Klayar.

Di sekitar Pantai Klayar, terdapat beberapa warung makan dan tempat parkir. Pengunjung juga dapat melakukan aktivitas seperti berenang, memancing, dan camping di area sekitar pantai.

6. Candi Kidal

Candi Kidal adalah salah satu candi Hindu yang terletak di Desa Tumpangrejo, Kecamatan Tumpang, Madiun. Candi ini dibangun pada masa kerajaan Singhasari pada abad ke-13 dan memiliki arsitektur yang sangat indah. Candi Kidal terdiri dari tiga bagian yaitu base, body, dan roof.

Untuk menuju ke Candi Kidal, pengunjung dapat menempuh perjalanan sekitar 2 jam dari pusat kota Madiun. Namun, perjalanan yang melelahkan akan terbayar dengan keindahan arsitektur candi yang sangat indah.

7. Museum Madiun

Museum Madiun adalah museum yang terletak di Jalan Pahlawan No. 1, Madiun. Museum ini menyimpan berbagai macam koleksi sejarah dan budaya Madiun seperti lukisan, patung, benda-benda kuno, dan lain-lain. Pengunjung dapat melihat berbagai macam koleksi dan belajar tentang sejarah dan budaya Madiun di museum ini.

Untuk masuk ke Museum Madiun, pengunjung hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp. 5.000,- per orang. Museum ini buka setiap hari kecuali Senin dan hari libur nasional.

8. Gua Padepokan

Gua Padepokan adalah gua yang terletak di Desa Tumenggungan, Kecamatan Dolopo, Madiun. Gua ini memiliki panjang sekitar 300 meter dan memiliki keindahan alam yang menakjubkan. Di dalam gua ini terdapat beberapa stalaktit dan stalakmit yang sangat indah.

Untuk menuju ke Gua Padepokan, pengunjung harus menempuh perjalanan sekitar 1 jam dari pusat kota Madiun. Namun, perjalanan yang melelahkan akan terbayar dengan keindahan alam yang spektakuler di dalam gua ini.

9. Taman Wisata Alam Telaga Sarangan

Taman Wisata Alam Telaga Sarangan adalah taman wisata alam yang terletak di Kabupaten Magetan, sekitar 1 jam perjalanan dari kota Madiun. Taman wisata ini terkenal dengan keindahan alamnya yang menakjubkan seperti telaga, air terjun, dan pemandangan gunung.

Wisata Lainnya:  Harga Tiket Masuk Kawah Ijen Banyuwangi, Nikmati Pesona Api Biru

Di sekitar Taman Wisata Alam Telaga Sarangan, terdapat beberapa warung makan dan tempat parkir. Pengunjung juga dapat melakukan aktivitas seperti berenang, memancing, dan camping di area sekitar taman wisata.

10. Candi Sukuh

Candi Sukuh adalah salah satu candi Hindu yang terletak di Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Karanganyar, sekitar 2 jam perjalanan dari kota Madiun. Candi ini dibangun pada masa kerajaan Majapahit pada abad ke-15 dan memiliki arsitektur yang sangat unik. Candi Sukuh terdiri dari beberapa bangunan seperti gapura, pendopo, dan candi utama.

Untuk menuju ke Candi Sukuh, pengunjung harus menempuh perjalanan sekitar 2 jam dari pusat kota Madiun. Namun, perjalanan yang melelahkan akan terbayar dengan keindahan arsitektur candi yang sangat unik.

11. Bukit Kapur

Bukit Kapur adalah bukit yang terletak di Desa Cemoro Kandang, Madiun. Bukit ini terkenal dengan batu kapur yang berada di sekitarnya dan menjadi spot foto yang sangat populer di Madiun. Pengunjung dapat menikmati pemandangan yang indah dari atas Bukit Kapur.

Untuk menuju ke Bukit Kapur, pengunjung dapat menempuh perjalanan sekitar 30 menit dari pusat kota Madiun. Namun, perjalanan yang melelahkan akan terbayar dengan pemandangan yang indah dari atas Bukit Kapur.

12. Alun-Alun Madiun

Alun-Alun Madiun adalah alun-alun yang terletak di pusat kota Madiun. Alun-alun ini merupakan tempat yang cocok untuk menghabiskan waktu bersama keluarga atau teman-teman. Di sekitar alun-alun ini terdapat beberapa tempat makan dan kios yang menjual berbagai macam makanan dan minuman.

Alun-Alun Madiun juga memiliki berbagai macam fasilitas seperti taman bermain anak, panggung kesenian, dan lain-lain. Selain itu, di malam hari pengunjung dapat menikmati keindahan lampu-lampu yang berada di sekitar alun-alun.

13. Goa Gong

Goa Gong adalah gua yang terletak di Desa Ngepoh, Kecamatan Ponorogo, sekitar 2 jam perjalanan dari kota Madiun. Gua ini terkenal dengan keindahan stalaktit dan stalakmit yang sangat indah. Di dalam gua ini terdapat sebuah ruangan yang memiliki akustik yang sangat baik sehingga menjadi tempat yang cocok untuk konser musik.

Untuk menuju ke Goa Gong, pengunjung harus menempuh perjalanan sekitar 2 jam dari pusat kota Madiun. Namun, perjalanan yang melelahkan akan terbayar dengan keindahan alam yang spektakuler di dalam gua ini.

Wisata Lainnya:  Objek Wisata Ngalau Indah: Surga Tersembunyi di Sumatera Barat

14. Pantai Boom

Pantai Boom adalah salah satu pantai yang terletak di Kabupaten Tulungagung, sekitar 2 jam perjalanan dari kota Madiun. Pantai ini terkenal dengan ombaknya yang besar sehingga menjadi tempat yang cocok untuk berselancar. Di sekitar Pantai Boom, terdapat beberapa warung makan dan tempat parkir.

Pengunjung juga dapat melakukan aktivitas seperti berenang, memancing, dan camping di area sekitar pantai. Namun, pengunjung harus berhati-hati dengan ombak yang besar di pantai ini.

15. Candi Ceto

Candi Ceto adalah salah satu candi Hindu yang terletak di Desa Gumeng, Kecamatan Jenawi, Karanganyar, sekitar 2 jam perjalanan dari kota Madiun. Candi ini dibangun pada masa kerajaan Majapahit pada abad ke-15 dan memiliki arsitektur yang sangat indah. Candi Ceto terdiri dari beberapa bangunan seperti gapura, pendopo, dan candi utama.

Untuk menuju ke Candi Ceto, pengunjung harus menempuh perjalanan sekitar 2 jam dari pusat kota Madiun. Namun, perjalanan yang melelahkan akan terbayar dengan keindahan arsitektur candi yang sangat indah.

16. Taman Wisata Alam Gunung Kelud

Taman Wisata Alam Gunung Kelud adalah taman wisata alam yang terletak di Kabupaten Kediri, sekitar 2 jam perjalanan dari kota Madiun. Taman wisata ini terkenal dengan keindahan alamnya yang menakjubkan seperti telaga, air terjun, dan pemandangan gunung.

Di sekitar Taman Wisata Alam Gunung Kelud, terdapat beberapa warung makan dan tempat parkir. Pengunjung juga dapat melakukan aktivitas seperti berenang, memancing, dan camping di area sekitar taman wisata.

17. Candi Sukuh

Candi Sukuh adalah salah satu candi Hindu yang terletak di Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Karanganyar, sekitar 2 jam perjalanan dari kota Madiun. Candi ini dibangun pada masa kerajaan Majapahit pada abad ke-15 dan memiliki arsitektur yang sangat unik. Candi Sukuh terdiri dari beberapa bangunan seperti gapura, pendopo, dan candi utama.

Untuk menuju ke Candi Sukuh, pengunjung harus menempuh perjalanan sekitar 2 jam dari pusat kota Madiun. Namun, perjalanan yang melelahkan akan terbayar dengan keindahan arsitektur candi yang sangat unik.

18. Goa Jatijajar

Goa Jatijajar adalah gua yang terletak di Desa Jatijajar, Kecamatan Ngawen, Blora, sekitar

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *