Wisata di Linggau: Menikmati Keindahan Kota Kecil Namun Sejuk di Sumatera Selatan

Posted on

Linggau, sebuah kota kecil yang terletak di Provinsi Sumatera Selatan, mungkin tidak begitu terkenal seperti Bali atau Yogyakarta, namun jangan salah, kota ini menyimpan sejuta pesona alam dan budaya yang menarik untuk dijelajahi. Berikut adalah beberapa tempat wisata di Linggau yang patut dikunjungi:

1. Danau Ranau

Danau Ranau adalah salah satu tempat wisata di Linggau yang paling terkenal. Danau ini terletak di perbatasan antara Sumatera Selatan dan Bengkulu. Danau Ranau memiliki keindahan alam yang sangat menakjubkan, di mana pengunjung dapat menikmati keindahan danau yang jernih dan hijaunya pepohonan di sekitar danau.

Selain menikmati keindahan alam, di Danau Ranau juga terdapat beberapa kegiatan yang bisa dilakukan oleh pengunjung, seperti memancing, bersepeda, atau sekadar bersantai di tepi danau. Di dekat Danau Ranau juga terdapat beberapa penginapan dan villa yang dapat disewa untuk menginap.

2. Curup Tenang Waterfall

Curup Tenang Waterfall adalah salah satu wisata alam yang sangat cocok bagi penggemar petualangan dan keindahan alam. Air terjun ini terletak di Desa Curup Tenang, sekitar 30 kilometer dari kota Lubuklinggau.

Untuk mencapai Curup Tenang Waterfall, pengunjung harus menempuh perjalanan yang cukup menantang karena medannya yang berbatu dan terjal. Namun, setelah sampai di lokasi, semua lelah dan capek akan terbayar dengan keindahan air terjun yang spektakuler.

3. Bukit Siguntang

Bukit Siguntang adalah salah satu tempat wisata di Linggau yang memiliki nilai sejarah yang tinggi. Bukit ini terletak di kota Lubuklinggau dan merupakan salah satu situs cagar budaya yang dilindungi oleh pemerintah.

Bukit Siguntang memiliki keindahan alam yang menakjubkan, di mana pengunjung dapat menikmati pemandangan kota Lubuklinggau dari ketinggian. Selain itu, di Bukit Siguntang juga terdapat beberapa peninggalan sejarah, seperti batu bertulis dan makam keramat yang menjadi saksi bisu kejayaan Kerajaan Sriwijaya pada masa lalu.

4. Air Terjun Jeruju

Terletak di Desa Jeruju, sekitar 35 kilometer dari kota Lubuklinggau, Air Terjun Jeruju adalah salah satu wisata alam yang wajib dikunjungi saat berada di Linggau. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 30 meter dan air yang jernih dan sejuk.

Wisata Lainnya:  Wisata di Lampung Selatan: Menikmati Keindahan Alam Nan Eksotis

Di sekitar Air Terjun Jeruju juga terdapat beberapa fasilitas yang dapat dinikmati oleh pengunjung, seperti tempat parkir, warung makan, dan tempat penginapan. Pengunjung juga dapat melakukan kegiatan seperti berenang atau memancing di sekitar air terjun.

5. Museum Lubuklinggau

Museum Lubuklinggau adalah salah satu tempat wisata di Linggau yang sangat cocok bagi pengunjung yang ingin mengetahui lebih dalam tentang sejarah dan budaya kota ini. Museum ini terletak di jalan Jenderal Sudirman, kota Lubuklinggau.

Di dalam Museum Lubuklinggau, pengunjung dapat melihat berbagai macam koleksi sejarah dan budaya, seperti benda-benda peninggalan sejarah, lukisan, dan patung. Museum ini juga memiliki ruang edukasi yang dapat digunakan untuk kegiatan belajar mengajar atau seminar.

6. Pantai Pasir Putih

Pantai Pasir Putih adalah salah satu wisata pantai yang terletak di Desa Marga Jaya, sekitar 25 kilometer dari kota Lubuklinggau. Pantai ini memiliki pasir putih yang bersih dan air laut yang jernih dan biru.

Di sekitar Pantai Pasir Putih terdapat beberapa fasilitas yang dapat dinikmati oleh pengunjung, seperti tempat parkir, warung makan, dan tempat penginapan. Pengunjung juga dapat melakukan kegiatan seperti berenang, bermain pasir, atau menikmati sunset di tepi pantai.

7. Air Terjun Serelo

Terletak di Desa Serelo, sekitar 50 kilometer dari kota Lubuklinggau, Air Terjun Serelo adalah salah satu wisata alam yang sangat indah dan menakjubkan. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 25 meter dan dikelilingi oleh hutan tropis yang hijau dan rimbun.

Untuk mencapai Air Terjun Serelo, pengunjung harus menempuh perjalanan yang cukup menantang karena medannya yang berbatu dan terjal. Namun, setelah sampai di lokasi, semua lelah dan capek akan terbayar dengan keindahan air terjun yang spektakuler.

8. Taman Wisata Bunga Selasih

Taman Wisata Bunga Selasih adalah salah satu tempat wisata di Linggau yang sangat cocok bagi pengunjung yang ingin menikmati keindahan bunga dan taman yang indah. Taman ini terletak di kota Lubuklinggau dan memiliki berbagai macam jenis bunga yang cantik dan menarik.

Pengunjung dapat berjalan-jalan di tengah taman yang hijau dan rimbun, menikmati keindahan bunga yang bermekaran, atau sekadar duduk dan bersantai di bawah pohon-pohon yang rindang. Di Taman Wisata Bunga Selasih juga terdapat beberapa fasilitas seperti warung makan dan toilet.

Wisata Lainnya:  Wisata Sukabumi Jembatan Gantung - Petualangan Seru di Sukabumi

9. Air Terjun Tanjung Beringin

Terletak di Desa Tanjung Beringin, sekitar 40 kilometer dari kota Lubuklinggau, Air Terjun Tanjung Beringin adalah salah satu wisata alam yang sangat cantik dan menarik. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 20 meter dan dikelilingi oleh hutan tropis yang hijau dan rimbun.

Untuk mencapai Air Terjun Tanjung Beringin, pengunjung harus menempuh perjalanan yang cukup menantang karena medannya yang berbatu dan terjal. Namun, setelah sampai di lokasi, semua lelah dan capek akan terbayar dengan keindahan air terjun yang spektakuler.

10. Candi Muara Jambi

Candi Muara Jambi adalah salah satu tempat wisata di Linggau yang memiliki nilai sejarah yang tinggi. Candi ini terletak di Desa Muara Jambi, sekitar 100 kilometer dari kota Lubuklinggau.

Candi Muara Jambi merupakan situs cagar budaya yang dilindungi oleh pemerintah dan merupakan salah satu peninggalan sejarah dari Kerajaan Sriwijaya pada masa lalu. Di dalam kompleks candi ini terdapat beberapa bangunan candi yang masih tersisa seperti Candi Gumpung, Candi Tinggi, dan Candi Kedaton.

11. Danau Pulau Kemaro

Terletak di tepi Sungai Musi, kota Lubuklinggau, Danau Pulau Kemaro adalah salah satu tempat wisata yang sangat indah dan menarik. Danau ini memiliki keindahan alam yang sangat menakjubkan, di mana pengunjung dapat menikmati keindahan danau yang jernih dan hijaunya pepohonan di sekitar danau.

Di tengah Danau Pulau Kemaro terdapat sebuah pulau kecil yang disebut dengan Pulau Kemaro. Pulau ini memiliki nilai sejarah yang tinggi dan dihuni oleh masyarakat Tionghoa yang mempercayai bahwa pulau ini merupakan tempat persemayaman putri raja dari Kerajaan Sriwijaya.

12. Hutan Lindung Belalau

Hutan Lindung Belalau adalah salah satu tempat wisata di Linggau yang sangat cocok bagi pengunjung yang ingin menikmati keindahan alam dan berpetualang di hutan tropis yang hijau dan rimbun. Hutan ini terletak di Desa Belalau, sekitar 50 kilometer dari kota Lubuklinggau.

Di dalam Hutan Lindung Belalau terdapat berbagai macam flora dan fauna yang dilindungi oleh pemerintah, seperti harimau sumatera, gajah sumatera, dan beberapa jenis burung endemik. Pengunjung dapat melakukan kegiatan trekking di sekitar hutan atau sekadar berjalan-jalan menikmati keindahan alam.

13. Air Terjun Kedung Bunder

Terletak di Desa Kedung Bunder, sekitar 30 kilometer dari kota Lubuklinggau, Air Terjun Kedung Bunder adalah salah satu wisata alam yang sangat cantik dan menarik. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 25 meter dan dikelilingi oleh hutan tropis yang hijau dan rimbun.

Wisata Lainnya:  Hotel Wisata Makassar: Penginapan Terbaik di Kota Makassar

Untuk mencapai Air Terjun Kedung Bunder, pengunjung harus menempuh perjalanan yang cukup menantang karena medannya yang berbatu dan terjal. Namun, setelah sampai di lokasi, semua lelah dan capek akan terbayar dengan keindahan air terjun yang spektakuler.

14. Kampung Adat Serelo

Kampung Adat Serelo adalah salah satu tempat wisata di Linggau yang memiliki nilai sejarah dan budaya yang tinggi. Kampung ini terletak di Desa Serelo, sekitar 50 kilometer dari kota Lubuklinggau.

Kampung Adat Serelo merupakan salah satu kampung adat yang masih menjaga tradisi dan budaya masyarakat Lampung. Di kampung ini pengunjung dapat melihat berbagai macam kegiatan tradisional seperti tari-tarian, musik tradisional, dan pembuatan kain songket.

15. Pantai Tanjung Raya

Pantai Tanjung Raya adalah salah satu wisata pantai yang terletak di Desa Tanjung Raya, sekitar 30 kilometer dari kota Lubuklinggau. Pantai ini memiliki pasir putih yang bersih dan air laut yang jernih dan biru.

Di sekitar Pantai Tanjung Raya terdapat beberapa fasilitas yang dapat dinikmati oleh pengunjung, seperti tempat parkir, warung makan, dan tempat penginapan. Pengunjung juga dapat melakukan kegiatan seperti berenang, bermain pasir, atau menikmati sunset di tepi pantai.

16. Bukit Cinta

Bukit Cinta adalah salah satu tempat wisata di Linggau yang memiliki keindahan alam yang sangat menakjubkan. Bukit ini terletak di kota Lubuklinggau dan memiliki pemandangan yang sangat indah dan spektakuler.

Di Bukit Cinta, pengunjung dapat menikmati pemandangan kota Lubuklinggau dari ketinggian yang sangat mengagumkan. Selain itu, di Bukit Cinta juga terdapat beberapa fasilitas seperti warung makan dan toilet.

17. Museum Negeri Sriwijaya

Museum Negeri Sriwijaya adalah salah satu tempat wisata di Linggau yang sangat cocok bagi pengunjung yang ingin mengetahui lebih dalam tentang sejarah dan budaya Kerajaan Sriwijaya. Museum ini terletak di kota Palembang, sekitar 200 kilometer dari kota Lubuklinggau.

Di dalam Museum Negeri Sriwijaya, pengunjung dapat melihat berbagai macam koleksi sejarah dan budaya, seperti benda-benda peninggalan sejarah, lukisan, dan patung. Museum ini juga memiliki ruang edukasi yang dapat digunakan untuk kegiatan belajar mengajar atau seminar.

18. Air

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *