Wisata dengan Trans Jogja: Nikmati Perjalanan Menyenangkan di Yogyakarta

Posted on

Jogja, begitu julukan Yogyakarta yang menjadi salah satu destinasi wisata terpopuler di Indonesia. Banyak orang datang ke Jogja untuk menikmati keindahan alam, tempat wisata sejarah, kuliner lezat, hingga budaya yang kental. Salah satu cara yang bisa kamu gunakan untuk menjelajahi Jogja adalah dengan menggunakan Trans Jogja. Inilah wisata dengan Trans Jogja yang bisa kamu coba.

Apa itu Trans Jogja?

Trans Jogja merupakan layanan transportasi umum berbasis bus rapid transit (BRT) yang beroperasi di Yogyakarta. Bus-bus Trans Jogja berwarna merah marun dengan rute yang melintasi sebagian besar wilayah perkotaan Yogyakarta. Dalam Trans Jogja, kamu bisa menikmati perjalanan yang nyaman dan aman, dengan tarif yang terjangkau.

Keuntungan Wisata dengan Trans Jogja

Ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika memilih wisata dengan Trans Jogja. Berikut adalah beberapa di antaranya:

1. Hemat Biaya

Trans Jogja merupakan salah satu transportasi umum dengan tarif yang cukup murah. Dengan membayar tarif yang hanya beberapa ribu rupiah, kamu sudah bisa menikmati perjalanan yang cukup panjang. Jika kamu berwisata dengan Trans Jogja, kamu bisa menghemat biaya transportasi dan mengalokasikan budgetmu untuk keperluan lainnya.

2. Mudah Digunakan

Trans Jogja memiliki rute yang melintasi hampir seluruh wilayah perkotaan Yogyakarta. Dalam Trans Jogja, kamu bisa naik dan turun di berbagai halte yang tersebar di sepanjang rute. Hal ini membuat kamu bisa dengan mudah menjelajahi berbagai tempat wisata di Jogja dengan Trans Jogja.

Wisata Lainnya:  Tempat Wisata di Bandung Plus Penginapan Murah

3. Nyaman dan Aman

Bus-bus Trans Jogja dilengkapi dengan fitur-fitur yang membuat perjalananmu menjadi lebih nyaman. Mulai dari AC, tempat duduk yang empuk, hingga layar LCD yang menampilkan informasi tentang rute dan halte. Selain itu, Trans Jogja juga memiliki sistem keamanan yang cukup baik, sehingga kamu bisa merasa aman saat berwisata dengan Trans Jogja.

Wisata dengan Trans Jogja: Destinasi yang Bisa Dijangkau

Berikut adalah beberapa destinasi wisata di Yogyakarta yang bisa kamu jangkau dengan menggunakan Trans Jogja:

1. Candi Prambanan

Candi Prambanan merupakan salah satu destinasi wisata sejarah terpopuler di Yogyakarta. Candi ini terletak sekitar 17 km dari pusat kota Yogyakarta. Kamu bisa naik bus Trans Jogja rute 1A atau 1B dari halte Jombor atau halte Giwangan untuk menuju ke Candi Prambanan.

2. Taman Sari

Taman Sari adalah sebuah kompleks bangunan yang terletak di pusat kota Yogyakarta. Tempat ini dulunya merupakan tempat bermain air bagi keluarga kerajaan. Kamu bisa naik bus Trans Jogja rute 1A atau 2A dari halte Jombor atau halte Giwangan untuk menuju ke Taman Sari.

3. Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis merupakan salah satu pantai terpopuler di Yogyakarta. Pantai ini terletak sekitar 28 km dari pusat kota Yogyakarta. Kamu bisa naik bus Trans Jogja rute 2A atau 2B dari halte Jombor atau halte Giwangan untuk menuju ke Pantai Parangtritis.

Wisata Lainnya:  Wisata Waterpark: Berenang Sambil Menikmati Liburan

4. Malioboro

Malioboro adalah pusat keramaian di Yogyakarta. Di sini kamu bisa menikmati berbagai kuliner, belanja oleh-oleh, hingga merasakan suasana malam Jogja yang khas. Kamu bisa naik bus Trans Jogja rute 1A atau 1B dari halte Jombor atau halte Giwangan untuk menuju ke Malioboro.

Cara Menggunakan Trans Jogja

Untuk menggunakan Trans Jogja, kamu harus membeli kartu e-money yang bisa diisi ulang. Kartu e-money ini bisa kamu beli di berbagai minimarket atau loket-loket yang tersedia di halte-halte Trans Jogja. Setelah membeli kartu e-money, kamu bisa melakukan top up dengan jumlah yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Untuk naik bus Trans Jogja, kamu harus menempelkan kartu e-money pada mesin yang tersedia di dalam bus. Setelah itu, kamu bisa duduk dan menikmati perjalananmu. Jangan lupa untuk turun di halte yang sesuai dengan tujuanmu.

Tips Berwisata dengan Trans Jogja

Untuk berwisata dengan Trans Jogja, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar perjalananmu menjadi lebih menyenangkan. Berikut adalah beberapa di antaranya:

1. Persiapkan Jumlah Uang yang Cukup

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, tarif Trans Jogja cukup terjangkau. Namun, kamu tetap harus mempersiapkan jumlah uang yang cukup saat berwisata dengan Trans Jogja. Hal ini berguna untuk menghindari kekurangan uang saat sedang berada di jalan.

Wisata Lainnya:  Explore The Beauty of Tempat Wisata Jimbaran for Your Next Vacation

2. Gunakan Aplikasi Transit

Untuk memudahkanmu dalam menggunakan Trans Jogja, kamu bisa mengunduh aplikasi transit yang tersedia di Play Store atau App Store. Aplikasi ini berguna untuk mengetahui rute dan jadwal bus Trans Jogja yang akan datang. Dengan menggunakan aplikasi ini, kamu bisa merencanakan perjalananmu dengan lebih mudah.

3. Hindari Jam Sibuk

Agar perjalananmu menjadi lebih nyaman, hindari naik bus Trans Jogja pada jam sibuk. Jam sibuk biasanya terjadi pada pagi hari saat orang berangkat kerja atau sekolah, dan pada sore hari saat orang pulang kerja atau sekolah. Jika memungkinkan, pilihlah waktu yang tepat untuk berwisata dengan Trans Jogja.

Kesimpulan

Memilih wisata dengan Trans Jogja bisa menjadi pilihan yang tepat untuk menjelajahi Yogyakarta. Dengan tarif yang terjangkau, rute yang melintasi hampir seluruh wilayah perkotaan Yogyakarta, serta fasilitas yang nyaman dan aman, kamu bisa menikmati perjalanan yang menyenangkan tanpa harus khawatir mengeluarkan budget yang besar. Yuk, jangan ragu untuk mencoba wisata dengan Trans Jogja saat kamu berkunjung ke Jogja!

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *