Wisata Dekat Stasiun Solo: Menikmati Keindahan Kota Solo dengan Mudah

Posted on

Stasiun Solo adalah salah satu stasiun kereta api terbesar di Jawa Tengah. Banyak wisatawan yang datang ke Solo melalui stasiun ini, baik untuk berwisata atau hanya sekadar transit menuju kota lain. Namun, tahukah Anda bahwa di sekitar stasiun Solo juga terdapat banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi? Berikut adalah beberapa destinasi wisata dekat stasiun Solo yang bisa Anda kunjungi.

1. Pasar Gede Solo

Pasar Gede Solo merupakan pasar tradisional yang terletak di pusat kota Solo. Pasar ini terkenal dengan kelezatan makanan khas Solo seperti nasi liwet, sate kere, dan wedang ronde. Selain itu, di pasar ini juga terdapat berbagai jenis kerajinan tangan seperti batik dan wayang kulit yang bisa dijadikan oleh-oleh.

2. Keraton Kasunanan Surakarta

Keraton Kasunanan Surakarta adalah istana resmi kerajaan Surakarta. Di dalam keraton ini terdapat berbagai bangunan bersejarah seperti Pagelaran, Puro Mangkunegaran, dan Museum Keraton Surakarta. Selain itu, di keraton ini juga terdapat pertunjukan seni tradisional seperti wayang orang dan gamelan.

3. Taman Sriwedari

Taman Sriwedari adalah taman hiburan yang terletak di pusat kota Solo. Di dalam taman ini terdapat berbagai wahana permainan seperti kereta mini, kora-kora, dan komedi putar. Selain itu, di taman ini juga sering diadakan pertunjukan seni seperti musik dan tari.

4. Museum Batik Danar Hadi

Museum Batik Danar Hadi adalah museum yang didedikasikan untuk mempromosikan batik Indonesia. Di dalam museum ini terdapat koleksi batik kuno dan modern dari seluruh Indonesia. Selain itu, di museum ini juga terdapat toko yang menjual batik kualitas tinggi.

5. Kampung Batik Kauman

Kampung Batik Kauman adalah kampung yang terletak di sekitar Keraton Kasunanan Surakarta. Di kampung ini terdapat banyak pengrajin batik yang masih melestarikan teknik tradisional dalam pembuatan batik. Selain itu, di kampung ini juga sering diadakan workshop batik bagi wisatawan yang ingin belajar membuat batik.

Wisata Lainnya:  Tempat Wisata Malam Semarang: Menikmati Keindahan Kota Semarang di Malam Hari

6. Pasar Triwindu

Pasar Triwindu adalah pasar antik yang terletak di pusat kota Solo. Di pasar ini terdapat berbagai barang antik seperti keramik, perabotan rumah tangga, dan alat musik tradisional. Pasar Triwindu juga sering dijadikan sebagai lokasi syuting film atau acara televisi.

7. Museum Radya Pustaka

Museum Radya Pustaka adalah museum tertua di Solo. Di dalam museum ini terdapat koleksi berbagai macam benda bersejarah seperti keris, wayang kulit, dan naskah kuno. Selain itu, di museum ini juga terdapat perpustakaan yang menyimpan berbagai buku-buku langka.

8. Grojogan Sewu

Grojogan Sewu adalah air terjun yang terletak di kaki gunung Lawu. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 80 meter dan terkenal dengan keindahan alamnya yang masih asli. Untuk mencapai Grojogan Sewu, Anda dapat menggunakan kendaraan umum atau menyewa mobil.

9. Candi Cetho

Candi Cetho adalah candi Hindu yang terletak di lereng gunung Lawu. Candi ini dibangun pada abad ke-15 dan terkenal dengan arsitekturnya yang indah dan pemandangan alam sekitarnya yang spektakuler. Untuk mencapai Candi Cetho, Anda dapat menggunakan kendaraan umum atau menyewa mobil.

10. Goa Jumog

Goa Jumog adalah goa yang terletak di kaki gunung Merbabu. Goa ini terkenal dengan stalaktit dan stalakmitnya yang indah serta keunikan arsitekturnya yang cocok untuk dijadikan tempat berfoto. Untuk mencapai Goa Jumog, Anda dapat menggunakan kendaraan umum atau menyewa mobil.

11. Taman Balekambang

Taman Balekambang adalah taman yang terletak di sebelah utara kota Solo. Di dalam taman ini terdapat berbagai macam fasilitas seperti kolam renang, taman bermain anak-anak, dan lapangan olahraga. Taman Balekambang juga sering dijadikan sebagai lokasi acara musik atau pertunjukan seni.

12. Umbul Ponggok

Umbul Ponggok adalah tempat wisata air yang terletak di sekitar Solo. Di dalam tempat wisata ini terdapat kolam renang dengan air yang jernih dan segar serta berbagai macam fasilitas seperti area bermain anak-anak, kafe, dan tempat parkir yang luas. Umbul Ponggok juga sering dijadikan sebagai tempat untuk berenang atau snorkeling.

13. Bukit Sekipan

Bukit Sekipan adalah bukit yang terletak di sekitar Solo. Dari puncak bukit ini, Anda bisa menyaksikan keindahan kota Solo dari ketinggian serta menikmati udara segar yang masih asri. Untuk mencapai Bukit Sekipan, Anda dapat menggunakan kendaraan umum atau menjadwalkan perjalanan dengan travel wisata.

Wisata Lainnya:  Desa Wisata Adalah Destinasi Wisata yang Menarik untuk Dikunjungi

14. Kebun Binatang Surakarta

Kebun Binatang Surakarta adalah kebun binatang yang terletak di sekitar Solo. Di dalam kebun binatang ini terdapat berbagai macam hewan seperti gajah, harimau, dan beruang. Selain itu, di kebun binatang ini juga terdapat taman bermain anak-anak dan fasilitas lainnya.

15. Candi Sukuh

Candi Sukuh adalah candi Hindu yang terletak di lereng gunung Lawu. Candi ini dibangun pada abad ke-15 dan terkenal dengan relief-reliefnya yang unik serta keindahan alam sekitarnya yang masih asli. Untuk mencapai Candi Sukuh, Anda dapat menggunakan kendaraan umum atau menyewa mobil.

16. Museum Keris

Museum Keris adalah museum yang didedikasikan untuk mempromosikan keris Indonesia. Di dalam museum ini terdapat koleksi keris kuno dan modern dari seluruh Indonesia. Selain itu, di museum ini juga terdapat toko yang menjual keris kualitas tinggi.

17. Danau Dendeng

Danau Dendeng adalah danau buatan yang terletak di sekitar Solo. Di dalam danau ini terdapat berbagai macam fasilitas seperti area bermain anak-anak, restoran, dan kafe. Danau Dendeng juga sering dijadikan sebagai lokasi untuk memancing atau berenang.

18. Museum Ranggawarsita

Museum Ranggawarsita adalah museum yang didedikasikan untuk mempromosikan seni dan budaya Jawa. Di dalam museum ini terdapat koleksi seni lukis, patung, dan kerajinan tangan dari seluruh Jawa. Selain itu, di museum ini juga sering diadakan pameran seni dan workshop bagi wisatawan yang ingin belajar seni Jawa.

19. Bukit Tunggul

Bukit Tunggul adalah bukit yang terletak di sekitar Solo. Dari puncak bukit ini, Anda bisa menyaksikan keindahan kota Solo dari ketinggian serta menikmati udara segar yang masih asri. Bukit Tunggul juga sering dijadikan sebagai lokasi untuk hiking atau berolahraga.

20. Taman Pintar

Taman Pintar adalah taman edukasi yang terletak di pusat kota Solo. Di dalam taman ini terdapat berbagai macam fasilitas seperti gedung sains, planetarium, dan perpustakaan. Taman Pintar juga sering dijadikan sebagai tempat untuk belajar dan bermain anak-anak.

21. Candi Plaosan

Candi Plaosan adalah candi Buddha yang terletak di sebelah timur kota Solo. Candi ini dibangun pada abad ke-9 dan terkenal dengan arsitekturnya yang indah serta keunikan relief-reliefnya. Untuk mencapai Candi Plaosan, Anda dapat menggunakan kendaraan umum atau menyewa mobil.

22. Museum Soeharto

Museum Soeharto adalah museum yang didedikasikan untuk mempromosikan sejarah Indonesia pada masa pemerintahan Soeharto. Di dalam museum ini terdapat berbagai macam benda sejarah seperti foto, dokumen, dan penghargaan dari seluruh dunia. Selain itu, di museum ini juga terdapat perpustakaan yang menyimpan berbagai buku-buku tentang sejarah Indonesia.

Wisata Lainnya:  Wisata Ranu Kumbolo: Pesona Alam yang Mengagumkan

23. Gereja St. Yohanes Bosco

Gereja St. Yohanes Bosco adalah gereja Katolik yang terletak di pusat kota Solo. Gereja ini terkenal dengan arsitekturnya yang indah serta keunikan interiornya yang menarik. Selain itu, di gereja ini juga sering diadakan misa dan acara keagamaan lainnya.

24. Taman Balekambang

Taman Balekambang adalah taman yang terletak di sebelah utara kota Solo. Di dalam taman ini terdapat berbagai macam fasilitas seperti kolam renang, taman bermain anak-anak, dan lapangan olahraga. Taman Balekambang juga sering dijadikan sebagai lokasi acara musik atau pertunjukan seni.

25. Candi Prambanan

Candi Prambanan adalah candi Hindu terbesar di Indonesia. Candi ini dibangun pada abad ke-9 dan terkenal dengan arsitekturnya yang indah serta keunikan relief-reliefnya. Selain itu, di Candi Prambanan juga sering diadakan pertunjukan seni seperti tari dan musik.

26. Museum Danar Hadi

Museum Danar Hadi adalah museum yang didedikasikan untuk mempromosikan batik Indonesia. Di dalam museum ini terdapat koleksi batik kuno dan modern dari seluruh Indonesia. Selain itu, di museum ini juga terdapat toko yang menjual batik kualitas tinggi.

27. Taman Balekambang

Taman Balekambang adalah taman yang terletak di sebelah utara kota Solo. Di dalam taman ini terdapat berbagai macam fasilitas seperti kolam renang, taman bermain anak-anak, dan lapangan olahraga. Taman Balekambang juga sering dijadikan sebagai lokasi acara musik atau pertunjukan seni.

28. Gunung Merbabu

Gunung Merbabu adalah gunung yang terletak di sekitar Solo. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 3.145 meter dan terkenal dengan pemandangan alamnya yang indah serta keunikan flora dan fauna di sekitarnya. Untuk mendaki Gunung Merbabu, Anda dapat bergabung dengan grup pendaki atau menyewa pemandu lokal.

29. Taman Satwa Taru Jurug

Taman Satwa Taru Jurug adalah taman hewan yang terletak di sekitar Solo. Di dalam taman ini terdapat berbagai macam hewan seperti singa, harimau, dan kuda nil. Selain itu, di taman ini juga terdapat berbagai macam fasilitas seperti taman bermain anak-anak dan restoran.

30. Grojogan Watu

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *