Wisata Daerah Blitar: Menikmati Pesona Alam dan Budaya Lokal

Posted on

Blitar, sebuah kota kecil di Jawa Timur yang terkenal dengan sejarah dan budayanya yang kaya. Kota ini juga memiliki pesona alam yang memikat, mulai dari gunung, pantai, hingga air terjun yang indah. Berikut adalah beberapa wisata daerah Blitar yang patut anda kunjungi:

1. Gunung Kelud

Gunung Kelud merupakan salah satu gunung tertinggi di Jawa Timur dengan ketinggian 1.731 mdpl. Gunung ini terkenal dengan kawahnya yang indah dan legendaris. Anda bisa menyaksikan keindahan kawah Gunung Kelud dari dekat dengan trekking atau hiking. Selain itu, di sekitar kawah terdapat air terjun dan pemandian air panas yang bisa anda nikmati.

2. Pantai Ngliyep

Pantai Ngliyep merupakan salah satu pantai terindah di Blitar dengan pasir putih dan ombak yang besar. Pantai ini sangat populer di kalangan wisatawan karena keindahan dan keramahannya. Anda bisa menikmati keindahan pantai Ngliyep dengan berenang, snorkeling, atau sekadar berjemur dan menikmati panorama alam yang memukau.

3. Air Terjun Sri Getuk

Air Terjun Sri Getuk terletak di Desa Kedungpring, Kecamatan Panggungrejo, Blitar. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 45 meter dan di sekitarnya terdapat kolam alami yang cukup luas. Anda bisa berenang atau sekadar menikmati keindahan air terjun dan alam sekitarnya.

4. Candi Penataran

Candi Penataran merupakan salah satu candi Hindu terbesar di Indonesia yang terletak di Desa Penataran, Kecamatan Nglegok, Blitar. Candi Penataran memiliki arsitektur yang indah dan rumit dengan banyak relief dan patung. Anda bisa menikmati keindahan Candi Penataran dan sejarahnya dengan mengunjungi tempat ini.

Wisata Lainnya:  Cara Menyusun Paket Wisata

5. Kampung Inggris

Kampung Inggris merupakan pusat kursus bahasa Inggris di Blitar. Di tempat ini, anda bisa belajar bahasa Inggris dengan nyaman dan menyenangkan. Selain itu, kampung Inggris juga memiliki berbagai fasilitas seperti hotel, restoran, dan tempat wisata yang menarik.

6. Bukit Kapur

Bukit Kapur merupakan sebuah bukit yang terletak di Desa Gombang, Kecamatan Sanankulon, Blitar. Bukit ini terkenal dengan formasi batu kapurnya yang unik dan menarik. Anda bisa menikmati keindahan alam Bukit Kapur dengan trekking atau hiking.

7. Taman Makam Pahlawan Nasional Bung Karno

Taman Makam Pahlawan Nasional Bung Karno merupakan tempat peristirahatan terakhir Bung Karno, presiden pertama Indonesia. Tempat ini terletak di Desa Sumbing, Kecamatan Sananwetan, Blitar. Di sini, anda bisa mengunjungi makam Bung Karno dan menelusuri sejarah perjuangan bangsa Indonesia.

8. Goa Tetes

Goa Tetes adalah sebuah gua yang terletak di Desa Sawo, Kecamatan Udanawu, Blitar. Gua ini terkenal dengan stalaktit dan stalakmitnya yang indah dan menakjubkan. Anda bisa menikmati keindahan alam Goa Tetes dengan berjalan-jalan di dalam gua.

9. Taman Wisata Pemandian Air Panas Cangar

Taman Wisata Pemandian Air Panas Cangar terletak di Kabupaten Malang, tetapi lokasinya tidak jauh dari Blitar. Di sini, anda bisa menikmati kehangatan air panas alami dan keindahan alam sekitarnya. Selain itu, taman wisata ini juga memiliki beberapa fasilitas seperti hotel dan restoran.

10. Desa Wisata Sumber Udel

Desa Wisata Sumber Udel merupakan desa wisata yang terletak di Kecamatan Nglegok, Blitar. Di sini, anda bisa menikmati keindahan alam dan budaya lokal yang khas. Desa ini terkenal dengan goa-goa alaminya yang menakjubkan dan keindahan alam sekitarnya yang masih asri.

11. Candi Singosari

Candi Singosari merupakan candi Buddha terbesar di Jawa Timur yang terletak di Desa Candirejo, Kecamatan Singosari, Malang. Meskipun lokasinya tidak berada di Blitar, candi Singosari tetap menjadi salah satu tempat wisata yang populer dikunjungi oleh orang-orang yang berada di Blitar. Candi Singosari memiliki arsitektur yang indah dan masih terawat dengan baik.

12. Makam Sunan Bonang

Makam Sunan Bonang terletak di Desa Bonang, Kecamatan Talun, Blitar. Sunan Bonang merupakan salah satu tokoh utama dalam sejarah Islam di Indonesia. Di tempat ini, anda bisa mengunjungi makam Sunan Bonang dan menelusuri sejarah perjuangan Islam di Indonesia.

13. Pantai Tambakrejo

Pantai Tambakrejo merupakan pantai yang terletak di Desa Tambakrejo, Kecamatan Wonotirto, Blitar. Pantai ini terkenal dengan keindahan alamnya yang masih asri dan belum terlalu ramai dikunjungi oleh wisatawan. Anda bisa menikmati keindahan Pantai Tambakrejo dengan berenang atau sekadar berjalan-jalan di tepi pantai.

Wisata Lainnya:  Wisata Bogor Rasa Jepang: Menikmati Keindahan Budaya Jepang di Bogor

14. Taman Langit

Taman Langit merupakan taman wisata yang terletak di Desa Kebonagung, Kecamatan Sananwetan, Blitar. Di tempat ini, anda bisa menikmati keindahan alam dan panorama kota Blitar dari ketinggian. Taman Langit juga memiliki beberapa wahana yang bisa anda coba, seperti flying fox dan ayunan raksasa.

15. Pantai Serang

Pantai Serang merupakan pantai yang terletak di Desa Serang, Kecamatan Panggungrejo, Blitar. Pantai ini terkenal dengan ombaknya yang besar dan keindahan alamnya yang masih asri. Anda bisa menikmati keindahan Pantai Serang dengan berselancar atau sekadar berjalan-jalan di tepi pantai.

16. Candi Kidal

Candi Kidal merupakan candi Hindu terbesar di Blitar yang terletak di Desa Rejokidal, Kecamatan Wlingi, Blitar. Candi ini memiliki arsitektur yang indah dan masih terawat dengan baik. Anda bisa menikmati keindahan Candi Kidal dan sejarahnya dengan mengunjungi tempat ini.

17. Taman Rekreasi Sumber Urip

Taman Rekreasi Sumber Urip terletak di Kecamatan Sanankulon, Blitar. Di tempat ini, anda bisa menikmati keindahan alam dan berbagai wahana rekreasi seperti kolam renang, perahu dayung, dan sepeda air. Selain itu, taman rekreasi ini juga memiliki beberapa fasilitas seperti hotel, restoran, dan arena bermain anak.

18. Pantai Tambakboyo

Pantai Tambakboyo merupakan pantai yang terletak di Desa Tambakboyo, Kecamatan Wonotirto, Blitar. Pantai ini terkenal dengan keindahan alamnya yang masih asri dan pantai pasir putihnya yang indah. Anda bisa menikmati keindahan Pantai Tambakboyo dengan berenang atau sekadar berjalan-jalan di tepi pantai.

19. Taman Wisata Kelapa Muda

Taman Wisata Kelapa Muda terletak di Desa Sumbergondo, Kecamatan Sanankulon, Blitar. Di tempat ini, anda bisa menikmati keindahan alam dan berbagai menu makanan dan minuman yang terbuat dari kelapa muda. Selain itu, taman wisata ini juga memiliki beberapa wahana rekreasi yang bisa anda coba.

20. Danau Ngebel

Danau Ngebel terletak di Desa Ngebel, Kecamatan Ngebel, Blitar. Danau ini memiliki keindahan alam yang memukau dengan air yang jernih dan udara yang sejuk. Anda bisa menikmati keindahan Danau Ngebel dengan berjalan-jalan di sekitar danau atau sekadar menikmati pemandangan yang indah.

21. Candi Sawentar

Candi Sawentar merupakan candi Buddha terbesar di Kabupaten Blitar yang terletak di Desa Sawentar, Kecamatan Kanigoro, Blitar. Candi ini memiliki arsitektur yang indah dan masih terawat dengan baik. Anda bisa menikmati keindahan Candi Sawentar dan sejarahnya dengan mengunjungi tempat ini.

Wisata Lainnya:  Wisata Malam: Menikmati Keindahan Kota di Malam Hari

22. Taman Wisata Kedungjajang

Taman Wisata Kedungjajang terletak di Kecamatan Sanankulon, Blitar. Di tempat ini, anda bisa menikmati keindahan alam dan berbagai wahana rekreasi seperti kolam renang, perahu dayung, dan sepeda air. Selain itu, taman wisata ini juga memiliki beberapa fasilitas seperti hotel, restoran, dan arena bermain anak.

23. Pantai Tambakrejo Kidul

Pantai Tambakrejo Kidul merupakan pantai yang terletak di Desa Tambakrejo, Kecamatan Wonotirto, Blitar. Pantai ini terkenal dengan keindahan alamnya yang masih asri dan pantai pasir putihnya yang indah. Anda bisa menikmati keindahan Pantai Tambakrejo Kidul dengan berenang atau sekadar berjalan-jalan di tepi pantai.

24. Air Terjun Coban Rondo

Air Terjun Coban Rondo terletak di Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, tetapi lokasinya tidak jauh dari Blitar. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 60 meter dan terletak di kaki Gunung Panderman. Anda bisa menikmati keindahan air terjun Coban Rondo dengan trekking atau hiking.

25. Taman Wisata Coban Talun

Taman Wisata Coban Talun terletak di Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, tetapi lokasinya tidak jauh dari Blitar. Di tempat ini, anda bisa menikmati keindahan alam dan berbagai wahana rekreasi seperti flying fox, ayunan raksasa, dan sepeda udara. Selain itu, taman wisata ini juga memiliki beberapa fasilitas seperti hotel dan restoran.

26. Candi Lor

Candi Lor merupakan candi Hindu terbesar kedua di Blitar yang terletak di Desa Jatiarjo, Kecamatan Panggungrejo, Blitar. Candi ini memiliki arsitektur yang indah dan masih terawat dengan baik. Anda bisa menikmati keindahan Candi Lor dan sejarahnya dengan mengunjungi tempat ini.

27. Taman Wisata Selecta

Taman Wisata Selecta terletak di Kecamatan Selecta, Kabupaten Malang, tetapi lokasinya tidak jauh dari Blitar. Di tempat ini, anda bisa menikmati keindahan alam dan berbagai wahana rekreasi seperti kolam renang, perahu dayung, dan taman bunga. Selain itu, taman wisata ini juga memiliki beberapa fasilitas seperti hotel dan restoran.

28. Air Terjun Coban Rais

Air Terjun Coban Rais terletak di Desa Pandansari, Kecamatan Wonorejo, Blitar. Air terjun

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *